BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Jendela Jaman Belanda yang Nyentrik
0
0

8 Inspirasi Jendela Jaman Belanda yang Nyentrik

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 9, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Membuat Penghangat Ruangan Rumahtop-right-banner

Desain jendela pada masa kolonial Belanda masih bisa ditemui di beberapa bangunan tua yang tersebar di banyak kota di Indonesia. Jendela-jendela itu hadir dengan konsep desain yang klasik, berkelas, dan nyentrik. Kamu juga bisa membuat desain jendela jaman Belanda untuk rumah kesayanganmu, Pins!

Ada banyak sekali model jendela jaman Belanda atau jendela klasik bergaya Kerajaan Belanda yang bisa diaplikasikan di rumah. Jendela jaman dulu memiliki desain dan ukiran yang bernilai seni tinggi yang berbeda dengan model minimalis. 

Sebelum lanjut, kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga: 12 Model Jendela Kamar Tidur dari Kayu

Jendela Jaman Belanda

jendela jaman belanda
Source : Pixabay

Pada masa modern seperti saat ini, tak sedikit orang yang justru menggandrungi gaya arsitektur kuno. Tidak mengherankan memang, pasalnya gaya arsitektur masa lalu mengedepankan estetika, kemewahan, dan kesan klasik yang kuat. 

Hal yang sama juga bisa ditemukan pada jendela-jendela di bangunan tua peninggalan kolonial Belanda yang bisa ditemukan di Indonesia. Sebagai salah satu bekas jajahan Belanda, tak heran jika gaya arsitektur di Indonesia juga dipengaruhi oleh arsitektur Belanda. 

Arsitektur kolonial Belanda di Indonesia merupakan fenomena budaya yang unik. Secara umum, gayanya merupakan campuran budaya kolonial Belanda dan Indonesia. Hal ini tidak ada di tempat lain, bahkan di negara-negara bekas jajahan Belanda lainnya.

Artikel ini tidak akan membahas gaya arsitektur Belanda secara keseluruhan, melainkan hanya mengulas tentang desain jendela saja. Berikut beberapa inspirasi desain jendela jaman Belanda yang nyentrik dan menarik. 

1. Bay Window

jendela jaman belanda
Source : Pixabay

Beberapa bangunan peninggalan jaman Belanda sering menggunakan konsep desain bay window untuk bagian jendela. Ini adalah desain jendela yang konstruksinya menjorok ke arah luar rumah. Dari arah luar, kamu akan melihat seperti jendela cembung. 

Bentuknya yang tidak segaris dengan dinding utama bangunan, akan membentuk area cekung di bagian dalam jendela sehingga tampak menyerupai teluk. Jendela ini marak digunakan di Eropa, termasuk Belanda pada era 1870-an.

Baca juga: Tips Menentukan Ukuran Jendela Rumah

2. Jendela Atas

jendela jaman belanda
Source : Pinterest

Salah satu ciri bangunan Eropa, termasuk Belanda, adalah adanya jendela yang berada tepat di bagian atas pintu masuk. Jendela ini desainnya bisa beragam, yang disesuaikan dengan desain rumah, namun selalu ada. 

Beberapa bangunan membuat jendela ini hanya untuk pencahayaan saja sehingga tidak dapat dibuka. Sementara jika terdapat ruangan, misal model yang diusung adalah rumah 1 setengah lantai, maka kamu juga bisa membuat jendela dengan engsel yang bisa dibuka dan ditutup. 

3. Jendela Klasik

jendela jaman belanda
Source : Pinterest

Model jendela ini sangat banyak ditemukan pada rumah atau bangunan kuno peninggalan Belanda. Tak hanya itu, beberapa rumah yang dibangun di masa modern pasca kolonial juga masih menggunakan model jendela ini. 

Desainnya klasik namun simpel dengan material kayu atau baja kubikal yang sela-selanya dipasang kaca bening. Ciri khas desain jendela ini adalah bentuk bagian atasnya yang setengah lingkaran sehingga menambah estetika jendela.

4. Rumah dengan Banyak Jendela

jendela jaman belanda
Source : Pinterest

Jika diperhatikan dengan seksama, bangunan tua peninggalan Belanda selain ukurannya yang besar juga memiliki banyak jendela. Kamu pun bisa membuat rumah dengan banyak jendela seperti itu sehingga membuat kesan klasik pada rumahmu. 

Desain jendelanya sebenarnya sama saja seperti desain jendela pada umumnya. Yang membedakan adalah pada letak dan jumlahnya yang cukup banyak, mulai dari sisi kanan dan kiri pintu, sisi kanan dan kiri depan rumah, jendela di setiap kamar, serta jendela di bagian atas pintu utama. 

Baca juga: Inspirasi Model Teralis Jendela Minimalis Hingga Klasik

5. Jendela Kaca Dinding

jendela jaman belanda
Source : Pinterest

Model jendela ini cocok untuk rumah kamu yang mengusung konsep Scandinavian. Seperti diketahui, rumah bergaya Scandinavian ini memungkinkan agar rumah tersinari cahaya matahari secara cukup. Maka jendela kaca pun diperbanyak termasuk dinding kaca. 

Kamu pun bisa mengaplikasikan jendela jaman Belanda dengan konsep ini, terutama jika rumah kamu memiliki 2 lantai. Buat dinding depan pada lantai kedua dari bahan kaca layaknya jendela. 

6. Jendela Sederhana

Source : Pinterest

Desain jendela berikut ini cukup sederhana layaknya jendela pada umumnya. Namun yang membuatnya istimewa dan tampak seperti jendela masa lalu adalah penggunaan warna bingkai yang putih bersih dengan gaya desain yang tegas. Kamu bisa membuatnya agak tinggi yaitu sekitar 1,75 meter dengan bukaan ke depan. 

Baca juga: 7 Model Jendela Kayu Tanpa Kaca

7. Jendela Lebar

Source : Pinterest

Biasanya jendela hanya terdiri dari 1-2 daun saja. Namun beberapa bangunan kuno dari masa Belanda cenderung lebih lebar dengan diisi oleh 3 daun. Dalam hal ini, kamu bisa berkreasi seperti dua daun di samping menggunakan bukaan ke depan, sedangkan daun jendela tengah menggunakan bukaan ke atas. 

8. Jendela Bertingkat

jendela jaman belanda
Source : Pinterest

Apa jadinya jika jendela di rumah kamu bertingkat? Pemandangan desain jendela ini juga bisa kamu temui pada rumah atau bangunan kuno jaman Belanda. Terutama jika rumah kamu tinggi, maka kamu bisa membuat jendela dengan 3 daun dan dua tingkat, sehingga terdapat 6 daun jendela

Itulah beberapa desain dan inspirasi jendela jaman Belanda yang bisa kamu terapkan di rumah. Tentu saja pemilihan desain harus disesuaikan dengan kebutuhan dan desain rumah itu sendiri. 

Baca juga:

Sumber Featured Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kertamukti Sakti Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download