Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Jasa Gambar Rumah: Mensiasati Rumah Mungil Agar Berkesan Lapang

Hobi

Jasa Gambar Rumah: Mensiasati Rumah Mungil Agar Berkesan Lapang

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Memiliki lahan yang terbatas bukan berarti Anda tidak bisa mendesain rumah yang elegan. Anda masih bisa mensiasati keterbatasan tersebut dengan membuat desain rumah mungil yang artistik. Ada baiknya Anda menggunakan jasa gambar rumah agar desain rumah mungil Anda agar berkesan spesial. Sebab, membuat desain rumah mungil bukanlah pekerjaan mudah. Ada sejumlah tantangan serta tingkat kesulitan yang membutuhkan keahlian khusus untuk menyelesaikannya. Termasuk bagaimana mensiasati rumah mungil agar berkesan lapang dan membuat nyaman bagi para penghuninya.

gambar autocad

Sebelum Anda mewujudkan rumah mungil Anda, pikirkan terlebih dahulu konsep rumah seperti apa yang ingin Anda terapkan. Anda bisa berkonsultasi dengan jasa gambar rumah untuk mematangkan konsep tersebut. Agar rumah mungil Anda memberikan kesan lapang dan melegakan bagi para penghuninya, pertimbangkan hal – hal berikut ini:

Pertama, buatlah ukuran atap dan dinding yang tinggi. Ukuran yang tinggi akan membuat ruangan terasa lega. Mengenai berapa ukuran tinggi yang ideal bagi rumah Anda, jasa gambar rumah bisa membantu menyelesaikan hal tersebut.

Kedua, optimalkan pencahayaan. Cahaya yang terang akan membuat rumah Anda terasa lapang. Oleh karena itu sebaiknya ukuran jendela dibuat lebih besar, khususnya jendela di bagian depan rumah. Keberadaan jendela tersebut akan membuat pandangan penghuni rumah bisa bebas menatap area taman atau jalan di depan rumah sehingga ruangan terasa lebih luas. Selain itu, Anda bisa mensiasatinya dengan memasang kaca besar pada ruangan tertentu yang dirasa tepat. Untuk ukuran kaca dan jendela serta tempat pemasangannya, jasa desain rumah akan membantu Anda memilihkan tempat serta ukuran yang tepat.

Ketiga, minimalkan partisi. Banyaknya partisi dalam rumah akan membuat rumah mungil Anda semakin terasa sempit. Sebaiknya Anda mengurangi keberadaan partisi permanen dan menggantinya dengan partisi berupa lemari, buffet, rak, ataupun sofa. Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan fungsi ruangan. Misalkan dapur digabung dengan ruang makan, ruang makan digabung dengan ruang keluarga, atau ruang tamu digabung dengan ruang keluarga.

Keempat, pemilihan warna yang tepat. Pilihlah warna – warna yang terang untuk dinding, furnitur maupun gordein. Demikian pula jika Anda menggunakan wallpaper. Pilihlah wallpaper yang bermotif kecil.

Kelima, pemilihan furnitur yang tepat. Hindari penggunaan furnitur berukuran besar karena akan menyita banyak tempat sehingga membuat ruangan terasa makin sempit. Pilihlah furnitur yang berukuran kecil dan bentuknya simpel. Upayakan pula menggunakan furnitur yang multifungsi. Misalkan ranjang tidur plus rak penyimpanan di bagian bawahnya atau meja makan yang dilengkapi dengan laci, dll. Perhatikan pula tata letaknya. Penempatan yang tepat akan membantu menciptakan kesan ruangan terasa lebih luas.

Keenam, optimalkan fungsi bagian rumah yang masih kosong. Desainlah area tersebut sebagai tempat penyimpanan. Mintalah jasa desain rumah membuatkan desain tempat penyimpanan yang sesuai di area kosong seperti di bawah tangga atau di bawah wastafel.

Bagikan Artikel