Pinhome

Tips Properti

Cara Menjaga Lampu Rumah Agar Tetap Awet

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah memiliki banyak properti yang melengkapi fungsi atau kegunaan dan juga kenyamanan dari rumah itu sendiri. Properti-properti yang ada haruslah dijaga dengan baik agar tidak melulu diganti sehingga bisa menekan biaya pengeluaran rumah tangga. Salah satu properti rumah yang perlu dijaga yaitu lampu rumah. Tak hanya di dalam ruangan, di luar ruangan seperti teras atau taman juga dibutuhkan penggunaan lampu. Lampu tersebut dapat membuat teras dan taman menjadi lebih indah dan menarik. Selain memberi kesan menarik pada teras atau taman rumah, cahaya lampu di malam hari akan menjadikan suasana di teras atau taman terkesan romantis.

Merawat atau menjaga lampu supaya bisa bertahan lama tidaklah begitu sulit. Hal terpenting adalah mengetahui tips-tips yang baik dan tepat bagaimana menjaga lampu yang dipasang di halaman rumah agar tetap awet digunakan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

lampu mati
lampu mati

Mengutamakan Fungsi

Cara pertama untuk menjaga lampu yaitu mempertimbangkan fungsi atau tujuan dari penggunaan lampu tersebut. Seperti misalnya lampu digunakan untuk menerangi jalan setapak, menerangi bagian halaman depan rumah, atau sekedar memberikan efek cahaya tertentu di taman. Jika sudah mengetahui tujuan penggunaan lampu maka hal itu bisa mempermudah dalam memilih lampu yang akan dipasang.

Ukuran dan Jumlah

Cara yang kedua adalah memperhatikan berapa banyak lampu yang dibutuhkan dan ukuran lampu yang akan digunakan. Taman dengan ukuran yang luas sebaiknya memakai lampu-lampu kecil yang jumlahnya banyak. Sementara itu taman yang kecil dapat dipasangkan satu buah lampu besar.

Material Tahan Cuaca

Cara ketiga merawat lampu agar selalu awet yakni memilih lampu yang mampu menahan berbagai jenis cuaca baik itu panas maupun hujan. Untuk mengetahui lampu yang tahan segala cuaca, periksalah tingkat IP (Inggres Protection) dari lampu tersebut. IP atau tingkat ketahanan lampu yang tinggi menunjukkan lampu termasuk lampu yang baik dan bertahan lama untuk dipasang di luar ruangan.

Hemat Energi

Cara keempat yaitu memilih lampu hemat energi sehingga tidak terlalu boros dalam penggunaannya. Selain itu, hal tersebut juga akan bisa memberi pengaruh positif pada lingkungan sekitar.

Sesuai Konsep

Cara terakhir menjaga lampu adalah mempertimbangkan dan memilih lampu sesuai dengan tema desain rumah. Rumah bergaya modern minimalis cocok memakai lampu yang simpel. Sedangkan lampu dengan gaya klasik dan antik cocok dipasangkan di rumah bergaya vintage.

Demikian beberapa tips atau cara menjaga lampu rumah supaya bisa digunakan dalam waktu yang lama. Dengan mengetahui tips tersebut diharapkan lampu yang terpasang dapat mempercantik rumah dan memberikan rasa nyaman serta kepuasan tersendiri bagi pemilik rumah. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat. Selamat mencoba.

Tags :

Bagikan Artikel