Pinhome

Uncategorized

Cara Mengamankan Aset Berupa Rumah Sendiri

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mempunyai sebuah rumah merupakan suatu kebahagiaan bagi seseorang. Tentunya ketika kita sudah memiliki sebuah rumah meskipun dengan cara membayar tunai ataupun kredit, kita akan merasa lega dan juga bahagia. Rumah merupakan sebuah aset berharga bagi semua orang. Memiliki rumah tentu bukanlah hal yang mudah karena kita harus mengumpulkan uang yang tidak sedikit ketika ingin memilikinya.

Ketika kita sudah memiliki aset berharga seperti rumah, tugas kita adalah untuk menjaga dan merawat rumah yang telah kita milliki tersebut. Dalam merawat rumah tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Setiap bulan kita harus benar-benar cermat dalam mengatur pengeluaran, jangan sampai rumah yang telah kita miliki dengan susah payah menjadi rusak bahkan terjual karena kita tidak pernah merawatnya. Berikut ini adalah beberapa cara mengamankan aset berupa rumah sendiri.

Harus Mempunyai Program Khusus

Program khusus yang dimaksud yaitu adanya beberapa toko bangunan yang mempunyai kerjasama dengan pihak bank. Biasanya kita akan mendapatkan diskon apabila kita mempunyai kartu kredit tertentu. Terkadang program ini juga memberikan program khusus seperti kredit renovasi dengan sistem kredit tanpa agunan.

Menabung

Menabung dapat bermanfaat bagi kehidupan Anda. Sisihkan beberapa persen dari jumlah penghasilan Anda setiap bulannya yang akan digunakan khusus untuk merawat rumah. Tabungan ini dapat Anda gunakan untuk mengantisipasi apabila terjadi kerusakan atau sesuatu di rumah. Manfaatkanlah fasilitas tabungan di bank sehingga Anda akan mendapatkan bunga. Manfaatkanlah fasilitas tersebut agar Anda mendapatkan bunga dari bank sehingga bisa digunakan untuk menambah uang perawatan rumah.

Mencari Pinjaman

Cara yang satu ini dapat Anda lakukan apabila dana tabungan yang dimiliki belum mencukupi untuk mengganti biaya kerusakan rumah. Perawatan bagian rumah yang paling penting adalah bagian atap, apabila atap rumah Anda mulai bocor segeralah lakukan perbaikan karena atap berfungsi untuk melindungi keluarga dari panas dan hujan. Apabila uang Anda tidak mencukupi, segeralah cari pinjaman baik melalui bank atau rekan terdekat.

Pinjaman dapat berasal dari berbagai sumber. Apabila Anda merupakan orang yang bankable, ajukanlah kredit renovasi rumah tanpa agunan. Lakukanlah beberapa perbandingan suku bunga sebelum menyetujui kesepakatan tersebut. Cara mengeceknya sekarang sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengunjungi imoney indonesia untuk mengetahui informasi seluruh bank di indonesia.

Itulah cara yang dapat Anda terapkan untuk mengamankan aset berupa rumah sendiri. Aset yang satu ini sangatlah berharga karena bukan hanya sebagai tempat tinggal anda sekeluarga tetapi juga tidak akan mudah untuk memilikinya. Siapkanlah dan cadangan setiap bulan untuk mengantisipasi apabila terjadi kebakaran atau hal-hal lainnya yang tidak diinginkan menimpa rumah Anda. Lakukanlah perawatan secara berkala serta pengecekan kerusakan di rumah Anda, apabila ada kerusakan segeralah lakukan perbaikan sebelum kerusakan bertambah parah.

Tags :

Bagikan Artikel