Pinhome

Cara Mengamankan Aset Berupa Rumah Sendiri

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 19 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Mempunyai sebuah rumah merupakan suatu kebahagiaan bagi seseorang. Tentunya ketika kita sudah memiliki sebuah rumah meskipun dengan cara membayar tunai maupun kredit, kita akan merasa lega dan juga bahagia.

Rumah merupakan sebuah aset berharga bagi semua orang. Memiliki rumah tentu bukanlah hal yang mudah karena kita harus mengumpulkan uang yang tidak sedikit ketika ingin memilikinya. Ketika kita sudah memiliki aset berharga seperti rumah, tugas kita adalah untuk menjaga dan merawat rumah yang telah kita miliki tersebut.

Dalam merawat rumah tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Setiap bulan kita harus benar-benar cermat dalam mengatur pengeluaran, jangan sampai rumah yang telah kita miliki dengan susah payah menjadi rusak bahkan terjual karena kita tidak pernah merawatnya. Berikut ini adalah beberapa cara mengamankan aset berupa rumah sendiri.

Harus Mempunyai Program Khusus

Program khusus yang dimaksud yaitu adanya beberapa toko bangunan yang mempunyai kerjasama dengan pihak bank. Biasanya kita akan mendapatkan diskon apabila kita mempunyai kartu kredit tertentu. Terkadang program ini juga memberikan program khusus seperti kredit renovasi dengan sistem kredit tanpa agunan.

Baca Juga : Membangun Rumah Dengan KPR

Menabung

Menabung dapat bermanfaat bagi kehidupan Pins. Sisihkan beberapa persen dari jumlah penghasilan Pins setiap bulannya yang akan digunakan khusus untuk merawat rumah. Tabungan ini dapat Pins gunakan untuk mengantisipasi apabila terjadi kerusakan atau sesuatu di rumah.

Manfaatkanlah fasilitas tabungan di bank sehingga Pins akan mendapatkan bunga. Manfaatkanlah fasilitas tersebut agar Pins mendapatkan bunga dari bank sehingga bisa digunakan untuk menambah uang perawatan rumah.

menganalisa Harga Bangunan Rumah
(Pixabay)

Mencari Pinjaman

Cara yang satu ini dapat Pins lakukan apabila dana tabungan yang dimiliki belum mencukupi untuk mengganti biaya kerusakan rumah. Perawatan bagian rumah yang paling penting adalah bagian atap.

Apabila atap rumah Pins mulai bocor segeralah lakukan perbaikan karena atap berfungsi untuk melindungi keluarga dari panas dan hujan. Apabila uang Pins tidak mencukupi, segeralah cari pinjaman baik melalui bank atau rekan terdekat.

Pinjaman dapat berasal dari berbagai sumber. Apabila Pins merupakan orang yang bankable, ajukanlah kredit renovasi rumah tanpa agunan. Lakukanlah beberapa perbandingan suku bunga sebelum menyetujui kesepakatan tersebut. Cara mengeceknya sekarang sangatlah mudah, Pins hanya perlu mengunjungi imoney indonesia untuk mengetahui informasi seluruh bank di Indonesia.

Itulah cara yang dapat Pins terapkan untuk mengamankan aset berupa rumah sendiri. Aset yang satu ini sangatlah berharga karena bukan hanya sebagai tempat tinggal Pins sekeluarga tetapi juga tidak akan mudah untuk memilikinya.

Siapkanlah dan cadangan setiap bulan untuk mengantisipasi apabila terjadi kebakaran atau hal-hal lainnya yang tidak diinginkan menimpa rumah Pins. Lakukanlah perawatan secara berkala serta pengecekan kerusakan di rumah Pins, apabila ada kerusakan segeralah lakukan perbaikan sebelum kerusakan bertambah parah.

Baca Juga : Cara Mempercepat Angsuran KPR

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil

Surat-menyurat tak cuma digunakan di perkantoran, tapi administrasi publik juga, seperti halnya den

Kecantikan
Kecantikan 13 Trend Model Rambut Mullet Wanita Edgy

Model rambut mullet wanita, kini mulai wara-wiri menjadi salah satu tren yang digemari, khusunya un

Edukasi
Edukasi Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja & Cara Membuatnya

Berkas administrasi yang diperlukan sebelum bisa mulai bekerja di sebuah perusahaan itu berbeda sat

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Sakit yang Benar

Sakit merupakan satu kondisi yang tak bisa dihindarkan. Hal ini tentu membuat tubuh malas dan tak n

Kecantikan
Kecantikan 15 Model Rambut Pria Undercut yang Menggoda Wanita

Tidak kalah dengan wanita, model rambut pria juga cukup beragam, Pins! Salah satu yang digemari par

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia