BlogPemilik PropertiFinansialSiap Masuk 2023, Ini Cara Mengelola Keuangan yang Perlu Kamu Tahu!
0
0

Siap Masuk 2023, Ini Cara Mengelola Keuangan yang Perlu Kamu Tahu!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jul 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

#WaktunyaBeliRumah – 2023 sudah tinggal menghitung hari. Biasanya, menjelang pergantian tahun pengeluaran akan semakin membengkak. Hal ini terjadi bisa terjadi karena beberapa faktor seperti adanya rencana liburan, belanja akhir tahun, menyelenggarakan perayaan, dan lain sebagainya.

Menyambut tahun 2023, akan sangat bijak jika kita semua mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih hemat dan perhatian terhadap pengeluaran kita dengan cara mengelola. Namun, bagaimana caranya ya?

Dalam ulasan ini, Pinhome akan membagikan beberapa cara mengelola keuangan yang mudah dan tentunya bisa kamu lakukan sendiri. Dijamin akan membantu mengurangi pengeluaran kamu, deh!

Baca juga: Beli Rumah, Mending DP Besar atau Cicilan Besar?

Tips Jaga Keuangan di Tahun 2023

Menjaga dan mengelola keuangan sebenarnya sangatlah mudah. Namun, kamu harus konsisten dan disiplin untuk menjalaninya. Beberapa tips menjaga keuangan yang bisa diterapkan antara lain:

Membuat Anggaran Keuangan

cara mengelola keuangan
Source : eCompareMo

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan dan tanggungannya masing-masing. Jika tidak ada pengelolaan keuangan yang baik, bisa-bisa uang yang habis seketika dan kamu tidak tahu kemana dan untuk apa uang tersebut digunakan.

Salah satu langkah awal dalam cara mengelola keuangan yang baik adalah dengan membuat anggaran keuangan. Lewat anggaran ini, kamu bisa membagi penghasilan untuk keperluan atau tanggungan lainnya. 

Kamu juga bisa latihan untuk menahan diri dengan mencoba untuk tetap stay within the budget atau tidak belanja lebih dari anggaran yang kamu tentukan sendiri.

Mencari Alternatif Penghasilan Tambahan

cara mengelola keuangan
Source : FlexJobs

Tidak hanya menghemat, kamu juga bisa menambah pundi-pundi kekayaan dengan mencari alternatif penghasilan tambahan seperti freelance atau sejenisnya.

Disini, kamu bisa memanfaatkan minat, bakat, dan hobi kamu untuk memulai sebuah bisnis. Meskipun tidak yakin akan berhasil, akan lebih baik untuk mencoba daripada tidak sama sekali, kan?

Pins juga bisa memulai usaha kecil-kecilan dengan berjualan di marketplace atau e-commerce. Siapa tahu banyak masyarakat tertarik dan bisnis kamu bisa membesar!

Baca juga: Cara KPR Rumah, Miliki Rumah Pertamamu!

Tentukan Skala Prioritas

Salah satu cara mengelola keuangan lainnya adalah dengan menentukan skala prioritas, apalagi jika kondisi ekonomi sangat ketat. Kamu bisa mengalokasikan penghasilan kamu untuk hal-hal yang dianggap lebih penting, misalnya seperti kesehatan, cicilan KPR, belanja bulanan, dan lain sebagainya.

Dalam upaya untuk menghemat tentu diperlukan pengorbanan. Bisa jadi kamu harus berhenti sejenak untuk jajan atau mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bersifat sekunder. Namun dengan menentukan skala prioritas kamu dijamin akan lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan.

Hindari Hutang Sebisa Mungkin

Apakah Pins tahu, salah satu penyebab bengkaknya pengeluaran adalah di cicilan dan hutang? Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk sebisa mungkin menghindari hutang dikarenakan dapat membebani perekonomian. 

Beberapa contoh hutang  antara lain: cicilan KPR, kredit mobil, kredit gadget, tunggakan paylater, dan lain sebagainya.

Hutang ini juga bisa membuat histori perbankan kamu menjadi kurang baik. Jika terlalu banyak hutang atau tunggakan, banyak sekali fasilitas perbankan yang nantinya tidak bisa kamu akses. Salah satunya adalah pengajuan KPR.

Menabung

cara mengelola keuangan
Source : GOBankingRates

Meskipun terdengar klise, salah satu cara mengelola keuangan yang sudah sering diterapkan adalah menabung. Kamu bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk disimpan atau ditabung. Nantinya, dana yang sudah kamu tabung bisa bermanfaat untuk keperluan lainnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan tabungan sebagai dana darurat yang bisa kamu gunakan untuk keperluan mendesak seperti biaya rumah sakit, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Alokasikan Pendapatan

Agar kamu bisa mengelola keuangan dengan baik, salah satu caranya bisa dengan mengalokasikan pendapatan. Namun, pembagian ini tidak boleh sembarangan dikarenakan perhitungan ini sangat bergantung pada kebutuhan dan kondisi perekonomian kamu sendiri, lho!

Kamu bisa membagi penghasilan bulanan kamu dengan metode 40-30-20-10. Melalui metode ini, penghasilan akan dibagi mulai dari prioritas terbesar hingga terkecil. Pembagiannya bisa seperti berikut: 

  • 40 persen untuk kebutuhan utama seperti biaya bulanan, kebutuhan hidup, belanja, dan lain sebagainya
  • 30 persen bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan sarana seperti cicilan kendaraan, cicilan rumah, atau pelunasan hutang
  • 20 persen untuk ditabung
  • Sisa 10 persen bisa dimanfaatkan untuk dana darurat

Itulah beberapa tips cara mengelola keuangan di tahun 2023. Cara ini sangat efektif apalagi jika Pins sedang berencana untuk menabung membeli rumah impian. Pastikan kamu tetap konsisten dalam menjalaninya, ya!

Kamu bisa coba cek berbagai macam program KPR yang menarik di Pinhome. Selain itu, terdapat juga berbagai macam program menarik seperti GELEGAR yang pasti bisa membuat kamu lebih tertarik untuk membeli rumah!

Baca juga: 5 Fitur Aplikasi Pinhome yang Ajaib untuk Bantu Kamu Beli Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Enclave Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download