Pinhome

  • Blog
  • Investasi
  • Intip Grafik Harga Emas Hari Ini Agar Investasi Tetap Untung

Investasi

Intip Grafik Harga Emas Hari Ini Agar Investasi Tetap Untung

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 12 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Nilai dari sebuah instrumen investasi selalu mengalami perubahan setiap harinya tidak terkecuali emas. Meskipun harganya cenderung lebih stabil jika dibandingkan dengan bentuk investasi lainnya, nilai emas tetaplah fluktuatif. Salah satu cara untuk mengetahui naik-turunnya nilai bisa dilihat dari grafik harga emas hari ini.

Pinhome – Kini, Pins bisa mengetahui harga emas tanpa perlu datang langsung ke toko. Sudah banyak tersedia website yang menyediakan informasi tentang harga emas hari ini seperti di laman resmi milik PT Pegadaian.

Melalui laman-laman tersebut, kamu tidak hanya bisa mengetahui harga untuk hari ini, namun juga pergerakan nilainya dalam kurun waktu tertentu. Pins bisa mengatur sendiri rentang waktu yang diinginkan dan laman tersebut akan menampilkan pergerakan harga emas. Selain itu, website tersebut juga menampilkan harga emas dalam bentuk grafik sehingga lebih mudah dipahami.

Baca Juga: Pahami Pergerakan Harga Emas Dari Tahun Ke Tahun

Memantau pergerakan nilai dari sebuah instrumen investasi perlu untuk dilakukan. Hal ini bisa menjadi acuan seseorang ketika ingin menanamkan modal serta mengetahui untung rugi dari investasi tersebut. Yuk, Pins, cari tahu grafik harga emas hari ini!

Grafik Harga Emas Hari Ini dan Perbandingannya Setahun Belakangan

(Logam Mulia)

Seperti yang diketahui, harga emas selalu mengalami perubahan setiap harinya. Per hari ini, 4 Juni 2021, harga emas berada pada angka Rp949.000. Jumlah tersebut merupakan nilai paling rendah selama seminggu belakangan. Sebagai perbandingan, pada tanggal 30 Mei 2021, harganya masih Rp965.000.

Berikut ini harga lengkap emas 4 Juni 2021 sesuai dengan beratnya.

Berat (gr)Harga Dasar (Rp)
0,5524.500
1949.000
21.838.000
32.732.000
54.520.000
108.985.000
2522.337.000
5044.595.000
10089.112.000
250222.515.000
500444.820.000
1000889.600.000
(Logam Mulia)

Meskipun harga emas pada tanggal ini mengalami penurunan, kenyataannya jumlah tersebut masih jauh lebih tinggi daripada nilainya di satu tahun lalu. Pada 4 Juni 2020, harga emas Antam 24 karat masih berada pada angka Rp887.000. Kemudian, harga tersebut naik dengan tajam di beberapa bulan setelahnya.

Setelah kenaikan tajam tersebut, harga emas menunjukkan penurunan yang stabil. Walaupun begitu, harganya masih terbilang tinggi sampai hari ini.

Investasi Emas Batangan Antam 24 Karat

(Okezone)

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini, Prediksi, Dan Untung Rugi Investasinya

Tidak jarang orang melakukan investasi emas dengan cara membeli perhiasan dan kemudian menyimpannya. Cara tersebut tidak salah, namun ada beberapa hal yang harus diketahui tentang investasi emas perhiasan ini.

Seperti yang Pins ketahui, perhiasan berbahan dasar emas sangat mudah ditemui di pasaran. Pembeli dapat dengan mudahnya datang ke toko emas dan memilih perhiasan sesuai seleranya. Hal ini menjadikan perhiasan tersebut sangat populer.

Namun, faktanya menyimpan emas yang sudah diolah menjadi perhiasan tidak akan memberi banyak keuntungan apabila dibandingkan dengan emas murni 24 karat. Emas yang sudah menjadi perhiasan telah dicampur dengan logam lain sehingga harganya tidak bisa diprediksi. Selain itu, harga jual perhiasan telah ditambah dengan biaya pembuatan yang juga tidak murah, sehingga pembeli perlu membayar uang lebih.

Berbeda halnya dengan investasi emas batangan murni 24 karat. Karena sifatnya yang tanpa campuran, nilai dari instrumen investasi ini lebih tinggi, seperti bisa dilihat dalam grafik harga emas hari ini. Selain itu, nilai tersebut juga lebih stabil.

Emas Antam 24 karat banyak menjadi pilihan ketika melakukan investasi. Emas yang merupakan logam memiliki daya tahan yang lebih lama sehingga cocok untuk investasi jangka panjang. Terlebih lagi, harganya tinggi dan cenderung mengalami kenaikan sehingga jumlah investasi selalu bertambah.

Berbagai Cara Investasi Logam Mulia

(Bukalapak)

Pins mungkin beranggapan bahwa investasi emas hanya bisa dilakukan dengan membeli logam tersebut dan menyimpannya. Kenyataannya, dengan sistem yang ada saat ini, investasi emas bisa dilakukan dengan berbagai cara. Hasil dari penanaman modal tersebut juga kemudian bisa dikelola supaya mendapatkan keuntungan lebih.

Ada beberapa teknik investasi emas yang bisa Pins terapkan guna memperbesar nilai investasi. Contohnya yaitu sebagai berikut. 

  • Membeli Emas Saat Harganya Turun

Cara yang pertama dalam investasi emas ini sudah dilakukan sejak dulu. Investor berusaha membaca pergerakan harga, lalu membelinya ketika nilainya rendah. Setelah disimpan dalam waktu yang cukup, emas akan dijual saat nilainya meninggi. Teknik ini memang memakan waktu lama, namun sudah terbukti memberikan banyak keuntungan.

  • Coba Menabung Emas

Pins juga bisa mencoba untuk menjadikan emas sebagai tabungan. Bisa dibilang, cara ini digunakan untuk ‘menimbun’ emas. Pins bisa membeli emas sebanyak 1 gram per bulannya, lalu ketika jumlahnya sudah banyak bisa langsung dijual. Cara ini akan memperbanyak kekayaan karena emas tidak terpengaruh inflasi.

  • Menggunakan Nilai Tukar Emas untuk Modal Usaha

Investor juga bisa menggunakan emas yang dimilikinya untuk modal usaha. Kamu bisa menggadaikan emas milikmu dan kemudian hasilnya digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis. Hanya saja, kamu harus mengerti bahwa nilai dari emas yang kamu miliki akan sangat bergantung pada kesuksesan usaha yang telah dibangun.

  • Emas Juga Bisa Dipakai untuk Trading

Teknik investasi emas yang terakhir yaitu menggunakan instrumen investasi ini untuk trading. Emas yang kamu miliki akan digunakan sebagai modal usaha atau deposit trading seperti saham. Meskipun bisa mendapatkan keuntungan yang besar, Pins perlu mengetahui kalau teknik ini juga berisiko tinggi.

Hindari Kesalahan Ini Supaya Tidak Rugi

(Bareksa)

Saat mengeluarkan uang untuk investasi, Pins pasti menginginkan modal tersebut untuk bertambah. Tidak ada orang yang ingin merugi setelah menggelontorkan sejumlah uang untuk membeli instrumen investasi. Hal ini juga berlaku untuk investasi emas.

Ada beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan oleh seseorang ketika melakukan investasi emas sehingga mengalami kerugian. Contoh kesalahan yang umum terjadi yaitu:

  • Asal beli tanpa memeriksa tingkat kemurnian atau kadar emasnya. Kesalahan ini sering terjadi ketika seseorang membeli emas olahan. Sebaiknya, kamu benar-benar mengetahui kadar emas dari perhiasan yang dibeli, jangan mudah tertipu!
  • Tidak mempersiapkan tempat penyimpanan. Emas memiliki bentuk fisik sehingga memerlukan sebuah tempat tersendiri untuk penyimpanannya. Kalau Pins tidak memiliki tempat khusus untuk emas, bisa memilih investasi emas digital.
  • Tidak membandingkan dan memantau harga emas. Pins perlu mengecek grafik emas hari ini untuk terus mengetahui perkembangan harganya. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa tau waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas.

Investasi emas cocok dilakukan untuk kamu yang ingin melakukan investasi jangka panjang. Jangan lupa untuk selalu memantau harga emas serta hindari kesalahan-kesalahan di atas supaya kamu tidak rugi.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel