Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Tips Menabung buat Milenial agar Bisa Beli Rumah Selagi Masih Muda

Finansial

Tips Menabung buat Milenial agar Bisa Beli Rumah Selagi Masih Muda

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pins, pernah gak pas lagi scrolling Instagram, terus iri liat teman-teman pada lagi chill di rumah sendiri? Niat menabung buat beli rumah, tapi kok masih segitu-segitu aja? Mungkin caranya yang masih belum pas!

Pinhome — Kenyataan yang harus dihadapi oleh milenial yang ingin membeli rumah adalah harga properti yang melambung tinggi. Bahkan situasi ini sudah terjadi sejak 10 tahun yang lalu, apalagi kalau kita mengincar daerah-daerah strategis di dekat pusat keramaian. Jika ingin lebih murah, kita bisa cari di daerah perbatasan; tapi itu pun harus disertai pertimbangan-pertimbangan yang lain, seperti transport, fasilitas, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, Pins, kita harus lebih pintar mencari cara agar dapat menabung dengan cepat. Semakin lama kita mengendapkan uang kita di tabungan, semakin melambung pula harga properti yang kita inginkan. Supaya Pins bisa menabung untuk beli rumah dengan lebih cepat, ikuti tips-tips dari Pinhome berikut ini!

1. Tentukan target sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan

Pins, kalau kita gak tahu targetnya apa, gimana kita bisa menyusun rencana? Ya, kan? Makanya, sebelum menabung, pastikan Pins tahu tipe rumah, jenis bangunan, lokasi, sampai ke lingkungan dan aksesnya. Prioritaskan kebutuhan utama dulu, baru keinginan. Misalnya, pasangan suami istri tanpa anak yang baru menikah, tentu belum membutuhkan rumah dengan 4 kamar tidur, kan?

Setelah tahu spesifikasi rumah, jangan lupa cek harga pasar. Setelah mendapat kisaran harga rumah yang pas, baru kita menyusun anggaran uang yang harus disisihkan per bulan dan target waktu yang dibutuhkan. Ingat, sesuaikan dengan kemampuan keuangan ya, Pins! Jangan sampai pendapatan kita terlalu difokuskan untuk menabung. Membeli rumah ini komitmen yang panjang, hingga puluhan tahun, lho! Rasanya sayang kalau proses ini tidak dapat kita nikmati dengan bahagia.

2. Cari tahu lebih dalam mengenai KPR

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah metode pembiayaan rumah yang paling fleksibel. Makanya gak heran kalau KPR jadi pilihan utama para pencari rumah. KPR juga ada banyak jenisnya, mulai dari KPR konvensional, KPR Syariah, hingga KPR dengan manfaat ekstra seperti KPR Duo.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Jenis-jenis KPR dan Bunganya

Pelajari seluruh informasi mengenai KPR sebanyak-banyaknya. Bandingkan antara bank satu dengan bank yang lain. Ada beberapa bank yang memiliki insentif khusus yang bisa dimanfaatkan, misalnya DP 0% hingga cicilan dengan bunga tetap ala KPR Syariah. Apapun pilihanmu, lagi-lagi sesuaikan dengan kondisi keuangan, ya!

3. Pantau skor kredit dan tuntaskan seluruh kewajiban

Syarat utama KPR adalah skor kredit yang bersih. Sebagai milenial, mungkin kita akrab dengan kartu kredit, pinjaman online, dan sebagainya. Jika kita memiliki tanggungan-tanggungan tersebut, jangan lupa diselesaikan terlebih dahulu sebelum mengajukan KPR ke bank, ya! Soalnya kalau skor kredit Pins buruk, maka bank tidak akan menyetujui pengajuan KPR kita.

Baca juga: Beli Rumah dengan KPR? Pahami Dulu Proses dan Prosedur Akad Kredit dari Awal hingga Akhir

4. Cari kesempatan di tempat lain

Jika jeli, Pins bisa mencari cara untuk menyiasati tabungan agar lebih ringan. Misalnya dengan menabung hingga jumlah tertentu, lalu menginvestasikan uang tersebut di tempat yang terjamin. Salah satu yang dapat Pins coba adalah investasi emas. Dalam setahun, Pins bisa mendapat keuntungan 10-20%, lho! Bisa dipakai untuk meng-cover biaya pengajuan KPR, kan?

Baca juga: Penting! Ini Biaya-biaya yang Bisa Muncul Selama Masa Angsuran KPR

5. Kurang disiplin dan terlalu santai

Bisa dikatakan, membeli rumah merupakan milestone kita menjadi dewasa. Dengan memutuskan untuk mencicil properti, kita dianggap mampu memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Oleh sebab itu, kita harus ubah mindset menjadi lebih baik. Kencangkan ikat pinggang, rencanakan baik-baik keuanganmu, dan kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Nongkrong bersama teman, makan enak, beli baju dan sepatu, semuanya boleh; tapi harus dibatasi agar bisa beli rumah selagi masih muda!


Sebenarnya menabung untuk membeli rumah tidak terlalu sulit, kan? Hanya butuh ketelatenan, disiplin, dan komitmen ekstra yang pasti bisa kita lakukan dengan niat teguh. Yakin deh, Pins, kalau mengikuti cara di atas, kita sudah bisa membeli rumah dalam jangka waktu 3-5 tahun!

Apalagi sekarang sudah ada Pinhome yang siap membantu semua urusan transaksi properti! Di Pinhome, semua proses bisa diatur melalui smartphone saja! Mulai dari konsultasi dengan agen terlatih dan terpercaya, berdiskusi dengan notaris, bank, bahkan kontraktor, sampai dengan mengajukan KPR dan mengatur jadwal tanda tangan akad kredit. Transaksi properti jadi mudah, lancar, dan transparan!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel