Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Investasi Rumah atau Apartemen? Cara Untung Lewat Bisnis Properti

Tips Properti

Investasi Rumah atau Apartemen? Cara Untung Lewat Bisnis Properti

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Salah satu bisnis yang kini tengah digandrungi adalah bisnis properti, terutama investasi rumah atau apartemen. Luasnya pasar dan prospek yang cerah membuat bisnis ini kian hari kian diminati. Karena itu Pins tidak perlu heran jika banyak orang menawarkan investasi di bidang properti.

Pinhome – Buat yang tertarik berbisnis di bidang properti, Pins bisa coba melakukan investasi rumah atau apartemen sebagai permulaan. Hal ini dikarenakan di antara berbagai macam properti yang ada, hunian dalam hal ini apartemen atau rumah merupakan jenis properti yang paling banyak dicari.

Nah, kira-kira apa saja, ya Pins, kelebihan investasi rumah atau apartemen dibanding jenis properti lain? Lalu apa yang harus Pins lakukan ketika berniat berinvestasi? Untuk mengetahui semuanya, yuk, simak ulasan berikut.

Kelebihan Investasi Rumah atau Apartemen

Seperti yang Pins ketahui sekarang ini hunian, dalam hal ini rumah atau apartemen merupakan ladang investasi yang menjanjikan. Sebagai salah satu kebutuhan primer, permintaan orang-orang akan hunian tidak pernah merosot.

Selain itu, ada berbagai keuntungan yang akan Pins dapatkan jika berinvestasi pada rumah atau apartemen.

1. Harga Jual Meningkat
Salah satu keuntungan dari investasi rumah atau apartemen adalah harga jualnya yang selalu meningkat. Misalnya saja apartemen. Harga hunian yang satu ini setiap tahunnya tidak pernah turun. Bahkan, kenaikan harganya bisa mencapai 5 hingga 10 persen setiap tahunnya.

Sama seperti apartemen, harga rumah pun tidak pernah mengalami penurunan harga. Apalagi jika rumah tersebut terletak di posisi yang strategis. Bisa dipastikan, Pins bakal meraup keuntungan jika mau melakukan invetasi rumah atau apartemen.

2. Dapat Disewakan
Tidak seperti investasi di bidang lain, ketika Pins berinvestasi di bidang rumah atau apartemen, Pins bisa mendapat passive income sambil menunggu pembeli yang cocok. Passive income sendiri adalah pendapatan yang tidak perlu diperoleh dengan usaha keras.

Dalam hal ini menyewakan rumah atau apartemen yang Pins investasikan. Dengan menyewakan kedua hunian ini, Pins bisa memperoleh keuntungan yang lebih. Terlebih jika posisi rumah atau apartemen berada di dekat fasilitas publik dan mudah dijangkau oleh alat transportasi.

3. Investasi Berbasis Simpanan Dalam jangka Panjang
Investasi rumah atau apartemen berbeda dengan investasi valuta asing atau emas, sebab Pins akan lebih sulit mencairkannya menjadi uang dan menghabiskannya. Karena itulah investasi ini disebut sebagai investasi berbasis simpanan.

Selain itu, harga jual dari rumah dan apartemen yang semakin naik tiap tahunnya membuat investasi rumah atau apartemen cocok dijadikan investasi jangka panjang.

4. Bisa Dipakai Sebagai Agunan
Salah satu keuntungan investasi rumah atau apartemen adalah kemudahannya untuk menjadi agunan. Ketika Pins akan meminjam uang di bank, rumah atau apartemen merupakan benda yang mudah untuk dijadikan agunan.

Apalagi rumah atau apartemen memiliki nilai yang tinggi, sehingga Pins juga bisa meminjam dalam jumlah yang tinggi. Nantinya uang pinjaman tersebut bisa Pins gunakan untuk melakukan investasi rumah atau apartemen atau properti lainnya. Dengan melakukan hal tersebut, Pins pun bisa memperoleh keuntungan atau setidaknya impas.

5. Bisa Ditinggali
Tujuan rumah atau apartemen dibangun adalah untuk ditinggali. Nah, setelah Pins melakukan investasi rumah atau apartemen, Pins bisa menggunakan hunian tersebut untuk ditinggali sembari menunggu harga jual meningkat.

Seperti yang Pins ketahui untuk mendapat keuntungan dari investasi rumah atau apartemen, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, daripada rumah atau apartemen tersebut terbengkalai alangkah lebih baiknya jika Pins menggunakannya sebagai tempat tinggal.

Dengan begitu, hunian tersebut akan terawat dengan baik dan kualitasnya tetap sama bahkan ketika Pins akan menjualnya kembali.

Baca juga: Ini Rahasia Keuntungan Bergabung Menjadi Agen Properti Online!

Cara melakukan invetasi ke rumah atau apartemen

Investasi rumah atau apartemen memang tengah menjadi tren mengingat investasi ini sangat menjanjikan. Meskipun demikian, Pins tidak boleh gegabah ketika akan berinvestasi. Ini dilakukan supaya Pins tidak dirugikan oleh pihak lain.

Berikut ini hal yang perlu Pins perhatikan sebelum melakukan investasi rumah atau apartemen.

1. Lokasi
Kunci dari investasi rumah atau apartemen adalah lokasi hunian tersebut. Hal tersebut dikarenakan lokasi sangat menentukan kenaikan harga apartemen atau rumah. Selain itu lokasi juga mempengaruhi prospek hunian tersebut di masa depan.

Apartemen atau rumah yang memiliki lokasi yang strategi biasanya memiliki nilai investasi yang tinggi. Terlebih jika hunian berada di dekat fasilitas publik dan mudah dijangkau oleh alat transportasi. Apartemen atau rumah seperti ini biasanya banyak dicari sehingga kenaikan harganya cukup tinggi.

2. Mengamati Pergerakan Pasar
Jika Pins ingin melakukan investasi rumah atau apartemen, jangan pernah berhenti untuk memantau tren konsumen. Sebab, dengan memegang informasi tersebut Pins bisa menentukan langkah selanjutnya dengan tepat. Cari tahu properti seperti apa yang banyak disukai sebelum berinvestasi.

Selain selera konsumen, perubahan lingkungan juga bisa mempengaruhi harga jual rumah atau apartemen. Pembukaan jalan, adanya alat transportasi massal baru atau perubahan peraturan, semua hal tersebut bisa membuat harga properti berubah-ubah.

Karena itulah Pins harus sering melakukan pemantauan terhadap apartemen atau rumah yang menjadi incaran investasi.

3. Melihat Langsung Rumah Contoh
Sebelum melakukan investasi rumah atau apartemen, Pins sebaiknya pergi berkunjung untuk melihat kondisi properti yang telah selesai dibangun. Amati lingkungan di sekitar bangunan dan tentunya kondisi rumah atau apartemen tersebut.

Teliti apakah kualitas bangunan sesuai dengan yang diberitakan di iklan. Periksa setiap desain ruangan dan interiornya. Jika memungkinkan Pins juga bisa mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan kepada pengembang.

Selain bangunan rumah atau apartemen itu sendiri, Pins juga bisa melihat lingkungan di sekitar bangunan. Akses transportasi dan kemudahan jangkauan fasilitas umum merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan.

Setelah memerhatikan kualitas bangunan, interior dan akses serta fasilitas, barulah Pins bisa berinvestasi, sehingga keuntungan yang didapatkan bisa maksimal.

4. Status Lahan
Satu hal lagi yang harus Pins perhatikan sebelum investasi rumah atau apartemen yakni status lahan. Pastikan terlebih dahulu bahwa lahan yang tengah dibangun apartemen atau rumah memang telah dimiliki secara permanen oleh pengembang, dan bukan lahan dengan status BOT.

Sebagai informasi tambahan untuk Pins, status BOT (Bulid, Operate, Transfer) adalah sebuah istilah yang merujuk pada aset pemerintah dalam hal ini lahan, yang digunakan sementara oleh pihak swasta dalam jangka waktu tertentu.

Jika masanya telah berakhir, maka pihak swasta wajib mengembalikan lahan atau aset tersebut kepada pemerintah.

Nah, jika Pins berinvestasi pada properti berstatus BOT, pastinya Pins akan mengalami kerugian. Oleh karena itu, Pins harus benar-benar memastikan bahwa lahan tempat Pins melakukan investasi rumah atau apartemen  telah dimiliki seutuhnya oleh pihak pengembang.


Investasi rumah atau apartemen merupakan salah satu investasi yang menjanjikan, apalagi jika Pins memilih hunian yang tepat. Nah, jika Pins berniat berinvestasi di bidang properti terutama rumah atau apartemen, Pinhome.id adalah tempat yang tepat.

Pins tidak hanya bisa membeli properti untuk investasi, akan tetapi Pins juga bisa menjualnya kembali lewat Pinhome.id. Dengan begitu, Pins akan lebih mudah dalam melakukan investasi rumah atau apartemen. Sebab Pinhome.id adalah solusi terbaik jual-beli properti.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel