Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bunyi dan Bacaan Latin Doa Sesudah Makan dan Artinya

Lifestyle

Bunyi dan Bacaan Latin Doa Sesudah Makan dan Artinya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Doa sebelum makan dan sesudah makan atau minum sering kali diajarkan oleh para orang tua pada anaknya yang masih kecil tepatnya pada usia dini. Kita juga pasti pernah mengalaminya, diajari membaca doa sebelum dan sesudah makan oleh kedua orang tuanya, atau sebagai orang tua yang mengajarkan anaknya untuk membaca doa tersebut.

Pinhome – Maka sudah tidak heran lagi anak pada usia dini sudah bisa menghafal doa sebelum makan dan sesudah makan, walaupun dengan  bahasa yang terbata-bata atau terpotong-potong karena anak pada usia dini masih belum lancar berbicara, tapi sebagai orang tua harus bangga akan hal tersebut. Kita sebagai orang dewasa juga jangan sampai lupa akan doa tersebut dan membacanya pada saat hendak makan atau sesudah makan atau minum.

(staffordshire)

Baca Juga: Agar Mudah Meresap Ilmu, Ini Dia Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar

Bacaan Doa Sesudah Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar

Artinya: “Ya Allah, berkatilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka”

Bacaan doa di atas dibaca ketika kita hendak makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberikan rezeki sehingga kita bisa makan dan juga supaya setan tidak mengganggu kita saat sedang makan. Saat selesai makan kita juga dianjurkan untuk membaca doa, berikut ini adalah bacaan doa sesudah makan beserta artinya.

Baca Juga: Doa Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Serta Keutamaannya

Bacaan Doa Sebelum Makan

 kita bisa melafalkan bismillah sebelum memulai makan, namun dalam ajaran agama Islam, kita juga dianjurkan untuk membaca doa sebelum makan berikut ini agar semakin afdhol:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka”

Doa sebelum makan di atas sangat dianjurkan untuk dibaca umat muslim sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT sebab kita masih bisa mendapatkan nikmat berupa makanan.

Manfaat Membaca Doa Sesudah Makan

(Brimingham Mail)

Selain dijadikan sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat rezeki dari Allah SWT, membaca doa sesudah makan juga dapat memberikan manfaat lain agar makanan yang kita makan tadi akan menjadi berkah. 

Selain itu, dalam sebuah hadits disebutkan pula jika Allah sangat menyukai hambaNya yang kerap mengucap alhamdulillah setelah makan. 

“Sesungguhnya Allah Ta’ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum”. (HR. Muslim)

Hikmah dari Membaca Doa Sesudah Makan

(Kumparan)

Berdoa akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Begitu pun dengan membaca doa ketika makan. 

Doa makan menjadi bentuk rasa syukur atas nikmat dan rezeki yang telah Allah SWT berikan. Tak hanya itu, membaca doa makan akan menghindarkan diri kita dari gangguan setan yang buruk. 

Sebagaimana yang telah diterangkan dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan. Setan datang dengan memanfaatkan anak kecil ini agar bisa ikut menyantap makanan. Lalu akupun memegang tangannya. Kemudian setan datang lagi dengan memanfaatkan orang itu agar bisa ikut menyantap makanan, lalu aku pegang tangannya. Demi zat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan setan itu sedang saya pegang bersamaan saya memegang tangan kedua orang ini.” (HR. Ahmad 23249 dan Muslim 2017)

Adab-adab Ketika Sedang Makan

(Russia Beyond)

Terdapat sejumlah adab mengenai tata cara makan dan minum sesuai yang diteladankan Rasulullah SAW

Membaca Doa

Adab pertama dalam makan atau minum adalah membaca doa terlebih dahulu.

Duduk Ketika Makan 

Seorang muslim sebaiknya tidak berdiri ketika makan atau minum. Hal ini tergambar dalam hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik, ia berkata: “Nabi Muhammad SAW sungguh telah melarang minum sambil berdiri,” (H.R. Muslim).

Makan Menggunakan Tangan Kanan 

Di antara adab makan dan minum adalah menggunakan tangan kanan, serta tidak menggunakan tangan kiri kecuali dalam kondisi darurat. Hal ini disampaikan oleh Amru bin Abi Salamah, anak tiri Rasulullah ketika diajarkan mengenai adab makan oleh beliau SAW: 

“Sewaktu aku masih kecil, saat berada dalam asuhan Rasulullah SAW, pernah suatu ketika tanganku ke sana ke mari [saat mengambil makanan] di nampan. Lalu Rasulullah SAW bersabda kepadaku: ‘Wahai bocah, ucaplah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, serta ambil makanan yang berada di dekatmu.’” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Tidak Mencela Makanan yang Disuguhkan 

Seorang muslim tidak mencela makanan atau minuman yang ia konsumsi, apalagi jika itu dihidangkan orang lain. Jika ia memperoleh makanan atau minuman, sesederhana apa pun itu, ia bersyukur atas nikmat yang ia peroleh.

Makan Mulai dari Pinggir Terlebih Dahulu

Tujuan dari adab makan dari pinggir baru ke tengah adalah menjaga kesantunan ketika makan. Artinya, seseorang sebaiknya tidak mengaduk-aduk makanan yang ia konsumsi agar tidak terlihat menjijikkan.

Tidak Makan Berlebihan dan Terlalu Kenyang

Segala hal yang berlebihan dilarang dalam Islam, termasuk juga perihal konsumsi makanan atau minuman. Hal ini tergambar dalam sabda Rasulullah SAW: 

“Keturunan Adam tidak dianggap menjadikan perutnya sebagai wadah yang buruk jika memenuhinya dengan beberapa suap yang dapat menegakkan tubuhnya. Karena itu, apa yang dia harus lakukan adalah sepertiga perutnya untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk napas,” (HR Ahmad)

Membaca Hamdalah Sedudah Makan

Sebagaimana awal makan yang dibuka dengan basmalah dan doa, maka usai makan atau minum pun diakhiri dengan syukur kepada Allah SWT dengan membaca hamdalah.

Itulah bacaan sebelum makan dan setelah makan dan minum serta bacaan ketika lupa berdoa pada saat makan. Alangkah baiknya jika kita pada saat akan melakukan sesuatu sebaiknya membaca doa walaupun hanya membaca basmalah karena tidak tahu doa apa yang harus di baca. Semoga bermanfaat.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel