Mengenal Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Penting Bagi Tubuh

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 20 January 2022 ∙ 4 menit membaca

Menyiapkan menu makanan 4 sehat 5 sempurna tentu menjadi bagian penting yang harus diperhatikan setiap orang. Apalagi untuk menu anak-anak yang tentu akan sangat membutuhkan semua nutrisi lengkap dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sebagai pendukung pertumbuhan.

Namun, ternyata sebagian orang tua masih merasa bingung tentang apa saja sih sebenarnya makanan yang mengandung nutrisi 4 sehat 5 sempurna. Nah, maka dari itu mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui informasi lebih jelasnya:

Mengenal Komponen Nutrisi

Makanan 4 sehat 5 sempurna pada dasarnya merupakan menu yang sebenarnya mudah didapat. Namun, sayangnya menu makanan ini tidak selalu disiapkan dengan lengkap. Terkadang seseorang hanya menyiapkan satu, dua atau bahkan tiga bagian dari menu lengkap komponen tersebut.

4-sehat-5-sempurna

Komponen menu ini sendiri terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, serat, lemak juga mineral yang terkandung dari pemilihan menu makanan dalam satu sajian sempurna. Lalu, apa saja komponen yang masuk dalam sajian 4 sehat 5 sempurna? Berikut ulasannya:

1. Makanan Pokok

Makanan pokok adalah sumber gizi pertama yang harus tersaji dalam komponen 4 sehat 5 sempurna. Jenis makanan ini sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang dibutuhkan seseorang dalam menyediakan energi untuk beraktivitas.

Nasi, jagung, kentang, roti dari olahan tepung juga menjadi bagian dari sajian yang masuk dalam kategori karbohidrat tinggi. Masyarakat Indonesia sendiri tentu akan lebih familiar dengan nasi sebagai pilihan karbohidrat pertama dalam menu makanan.

2. Sayuran

Menu selanjutnya yang harus ada dalam komponen ini tentu saja adalah sayuran sebagai menu pelengkap dalam makanan. Sayuran  sendiri mengandung berbagai macam vitamin dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin serta serat memberikan nutrisi baik dalam setiap kinerja organ tubuh termasuk juga pencernaan.

3. Lauk

Lauk juga bagian penting yang harus diperhatikan dalam penyajian makanan untuk melengkapi komponen ini. Penyajian lauk pauk yang tepat tentunya haruslah jenis lauk yang mengandung protein baik hewani maupun nabati.

Jenis protein hewani yang bisa dijadikan rekomendasi adalah daging ayam maupun daging sapi dan tentu saja telur. Berbagai lauk dari olahan ikan juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Nah, sedangkan untuk protein nabati, olahan dari kacang-kacangan seperti tempe bisa jadi pilihan.

4. Buah

Melengkapi menu dengan buah-buahan juga menjadi satu sajian penutup yang tepat untuk komponen ini. Vitamin serta mineral yang terkandung dalam buah-buahan akan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh khususnya anak-anak.

Buah juga akan menjadi sumber mineral yang baik bagi tubuh. Mineral dalam buah ini sangat penting untuk menjaga metabolisme dalam tubuh. Melalui mineral buah ini jugalah sistem imun dalam tubuh bisa terjaga dengan baik.

5. Susu

Sebagai pelengkap akhir dari sajian menu sehat ini tentu saja susu adalah minuman yang cocok sebagai penutup akhir dari sajian satu ini. Kandungan protein tinggi dalam susu akan melengkapi nutrisi yang masuk dalam tubuh anak untuk membantu masa pertumbuhan.

Mengenal Manfaat Komponen Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Bila melihat dari sajian lengkap penuh nutrisi yang sempat dibahas sebelumnya tentu dalam diambil kesimpulan bahwa sajian dalam setiap komponen ini memiliki manfaat bagi tubuh. Nah, lalu apa saja sih manfaat dari komponen sajian lengkap ini? Simak ulasannya berikut:

1. Membantu Masa Pertumbuhan

Manfaat pertama dari sajian lengkap yang dapat terpenuhi setiap harinya tentu saja adalah masa pertumbuhan yang dapat dilalui dengan baik. Melalui nutrisi lengkap dari protein serta vitamin yang lengkap maka, anak akan mendapatkan support untuk pertumbuhan tubuhnya.

Melalui kelengkapan karbohidrat serta protein yang setiap hari terpenuhi tentu masa pertumbuhan anak juga akan menjadi lebih baik. Hal ini pun juga akan sangat berpengaruh dari keaktifan anak dalam menjalankan aktivitas. 

2. Membantu Perkembangan Otak

Nutrisi yang baik juga akan sangat berpengaruh pada masa perkembangan otak. Apalagi dari menu lauk yang tepat dari ikan juga dapat membantu masa perkembangan otak anak menjadi lebih baik setiap saatnya.

Protein pun juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan otak serta pemulihan saraf otak yang mengalami cedera. Hal inilah yang kemudian membuat protein menjadi bagian penting dari menu yang harus terpenuhi.

3. Membantu Metabolisme Tubuh

Tentu bukan rahasia lagi bahwa buah dan sayur adalah sumber nutrisi tepat yang dapat membantu metabolisme dalam tubuh. Melalui sayur dan buah inilah kemudian metabolisme akan bekerja dengan baik sehingga tubuh juga akan lebih sehat.

Melalui sayur dan buah juga kinerja dari pencernaan akan menjadi lebih baik. Tentunya hal ini juga menjadi hal penting yang sangat dibutuhkan seseorang dalam menjaga kestabilan metabolisme setiap harinya supaya selalu sehat.

Nah, itulah tadi sekilas tentang makanan 4 sehat 5 sempurna yang sangat perlu diperhatikan khususnya bagi orang tua yang ingin memberikan nutrisi baik untuk anak. Memperhatikan setiap sajian menu dengan tepat setiap harinya memang menjadi satu hal penting untuk kesehatan lebih baik.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia