Ini Dia 9 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Baik untuk Tubuh

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 23 January 2022 ∙ 4 menit membaca

Karbohidrat menjadi makanan yang tentu penting untuk memberikan energi bagi tubuh. Tidak heran bila pada akhirnya karbohidrat seringkali menjadi menu utama pada pagi hari. Makanan yang mengandung karbohidrat sendiri juga memiliki berbagai macam jenis yang bisa dijadikan opsi.

Nasi tentu menjadi sumber karbohidrat utama yang sering dijadikan opsi oleh masyarakat di Indonesia. Namun, sebenarnya selain nasi masih banyak opsi karbohidrat lain yang bisa dijadikan pilihan untuk sarapan maupun makan siang. Lalu, apa saja sih jenis makanan yang memiliki karbohidrat sebagai kandungan utamanya? Berikut 9 di antaranya:

1. Jagung

Tentu jagung bukan lagi jenis sayuran yang asing bagi masyarakat Indonesia. Sayuran satu ini pun seringkali dijadikan sumber utama karbohidrat di berbagai negara. Pada jagung sendiri ada sekitar 25 gram karbohidrat dalam satu batangnya.

Pengolahan jagung pun tergolong mudah karena hanya dengan direbus sebentar maka, jagung sudah bisa dikonsumsi. Kandungan karbohidrat tinggi dalam jagung pun diklaim sebagai karbohidrat yang lebih sehat bila dibandingkan dengan nasi. Tidak heran bila pada akhirnya jagung seringkali digunakan sebagai makanan pengganti nasi bagi seseorang dengan kadar gula tinggi.

2. Oat

Oat menjadi jenis makanan yang mengandung karbohidrat berikutnya dengan kadar karbohidrat tinggi dan komponen nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Makanan olahan yang dibuat dari gandum utuh ini seringkali dijadikan pilihan makanan pengganti nasi. Kandungan karbohidrat tinggi, serat bahkan adanya B6 sebagai pelengkap membuat makanan ini sangat baik dikonsumsi.

Apalagi bagi penderita kolesterol, obesitas maupun seseorang dengan tekanan darah tinggi akan sangat baik mengkonsumsi oat. Melalui makanan olahan satu ini akan membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

3. Pisang

Pisang juga menjadi sumber karbohidrat lain yang bisa dijadikan pilihan untuk menggantikan nasi. Buah yang identik dengan warna kuning inipun seringkali dijadikan pilihan sebagai makanan dalam program diet karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

Kandungan karbohidrat dalam pisang inipun termasuk dalam nutrisi yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh. Tidak heran bila pada akhirnya banyak atlet sepak bola juga menjadikan pisang sebagai snack pilihan saat pertandingan berlangsung.

4. Ubi atau Singkong

Singkong maupun ubi juga seringkali dijadikan pilihan karbohidrat lain yang bisa dijadikan opsi untuk menggantikan nasi. Bahkan pada ubi ungu memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh dalam melawan radikal bebas.

Tentunya kandungan dari jenis umbi-umbian satu ini juga termasuk dalam kadar yang cukup tinggi. Bahkan dalam satu ubi atau singkong bisa terdapat lebih dari 23 gram karbohidrat di dalamnya.

5. Kentang

Tentunya kentang juga bukan lagi jenis umbi-umbian yang asing bagi masyarakat Indonesia untuk menggantikan nasi. Olahan kentang sendiri termasuk dalam jenis olahan favorit bagi sebagian besar masyarakat dunia termasuk Indonesia.

Karbohidrat dalam kentang sendiri mencapai angka 17 gram dalam 1 umbinya. Angka ini memang terbilang lebih rendah bila dibandingkan dengan jumlah karbohidrat ubi atau pun singkong. Namun, tentunya jenis olahan dari kentang tetap bisa dijadikan pilihan.

6. Nasi Merah

Nasi merah menjadi jenis makanan yang mengandung karbohidrat berikutnya. Makanan yang memiliki cita rasa dan bentuk sama dengan nasi putih ini bisa menjadi makanan tepat untuk mendapatkan karbohidrat dan tetap sehat.

Nasi yang memiliki warna khas kemerah-merahan ini memang memiliki kandungan karbohidrat yang relatif tinggi yaitu 36 gram. Antioksidan juga menjadi kandungan lain dari nasi merah yang tidak dapat ditemui dalam nasi putih pada umumnya.

7. Mangga

Mangga menjadi jenis buah lain yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Buah-buahan yang memiliki cita rasa manis dan masam ini memang lebih dikenal dengan kandungan vitamin c yang begitu tinggi.

Namun, ternyata dalam satu buah mangga juga menyimpan banyak kandungan karbohidrat tinggi yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Ada lebih dari 23 gram karbohidrat yang bisa tersimpan dalam buah mangga. Buah satu ini pun akan menjadi jenis makanan dengan karbohidrat tinggi yang cocok untuk digunakan sebagai menu diet.

8. Kacang Merah

Kacang-kacangan pun juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Kandungan karbohidrat dalam kacang-kacangan pun juga cukup tinggi. Kacang merah bisa menjadi salah satu kacang-kacangan yang bisa dijadikan pilihan.

Lebih dari 17 gram karbohidrat dalam kacang merah akan memberikan sumber energi pada tubuh. Kandungan serat dalam kacang merah pun tentu juga baik untuk memperlancar pencernaan.

9. Roti

Makanan olahan lain yang bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan karbohidrat yang cukup adalah roti. Olahan makanan dari tepung ini memiliki kandungan karbohidrat yang berbeda pada setiap olahannya. Hal ini tergantung dari komposisi yang digunakan dalam proses pembuatan roti.

Tidak heran bila pada akhirnya banyak orang memilih roti sebagai menu sarapan pengganti nasi. Roti pun juga bisa dijadikan pilihan menu makanan untuk mendapatkan kebutuhan serat serta mineral yang baik untuk metabolisme.

Itulah tadi sekilas tentang 9 jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan bisa dijadikan sebagai pengganti nasi putih. Berbagai jenis makanan tersebut tentunya akan menjadi menu tepat untuk memberikan cita rasa berbeda dengan kandungan karbohidrat sehat untuk tubuh.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia