BlogLifestyleEdukasiDoa Sebelum dan Sesudah Belajar dalam Islam
0
0

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar dalam Islam

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
doa sebelum dan sesudah belajartop-right-banner

Pins, seperti yang kita ketahui bahwa belajar menjadi salah satu kegiatan untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan. Maka dari itu, agar ilmu lebih mudah meresap, jangan sampai lupa membaca doa sebelum dan sesudah belajar.

Belajar juga menjadi kegiatan yang membutuhkan fokus yang tinggi. Selain itu, suasana yang nyaman dan minimnya distraksi juga sangat diperlukan ketika belajar untuk menguatkan konsentrasi. Karena itu, terkadang belajar jadi hal yang sulit dan begitu memberatkan. 

Namun kita tak bisa menyepelekan belajar karena menuntut ilmu merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim. Maka dari itu, dalam Islam ada salah satu doa sehari-hari yang insya Allah bisa membantumu agar lancar belajar, yaitu doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar.

Seperti apa bacaan doanya? Sebelum membahas doa sebelum dan sesudah belajar, yuk kita ketahui dulu apa sih keutamaan dari belajar? Mengapa kita harus susah-susah belajar? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Belajar Mengerti Apa yang Dimaksud dengan Ta’awun dalam Islam

Keutamaan Belajar Menurut Islam

doa sebelum dan sesudah belajar
Source : Cardiff University

Belajar merupakan kegiatan yang sangat penting bagi setiap manusia, karena ilmu sangat penting untuk menjalani kehidupan. Nah, Islam ternyata juga menempatkan kegiatan belajar sebagai kegiatan yang penting dan wajib untuk dilaksanakan setiap umatnya.

Jadi, sebagai umat muslim kita wajib untuk menimba ilmu. Baik ilmu tantang dunia maupun ilmu agama. Apa yang menjadi dasarnya? Berikut ini adalah hadist yang menganjurkan kita untuk belajar dan mencari ilmu:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (HR Al-Baihaqi).

Dari hadist di atas kita bisa temukan bahwa Allah telah memerintahkan kita untuk wajib belajar menimba ilmu. Dengan ilmu, kita jadi memiliki bekal untuk menjalani hidup di dunia. Keutamaan belajar memang sangatlah penting dan wajib.

Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa kegiatan ini bukanlah kegiatan yang mudah. Butuh pikiran yang jernih dan lancar agar Pins tidak kesulitan belajar dan bisa mneyerap ilmu dengan baik. Oleh karena itu, ada bacaan doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar yang bisa kamu lafalkan.

Baca juga: Bacaan Doa Mau Ujian, Insya Allah Lancar!

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

doa sebelum dan sesudah belajar
Source : iStock

Ada dua doa yang bisa kamu baca, yaitu doa sebelum belajar dan doa setelah belajar. Berikut ini adalah doa-doa yang bisa kamu baca untuk belajar. 

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin.

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh.”

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Baca juga: Belajar Nahwu Shorof Bagi Pemula: Dari Dasar Sampai Mahir

Manfaat Membaca Doa Belajar

pengertian kegiatan belajar mengajar (KBM)
Source : Shutterstock

Setelah mengetahui bacaan doa sebelum dan sesudah belajar, Pins juga perlu mengetahui apa saja manfaat membaca doa sebelum dan sesudah belajar, berikut di antaranya:

Ilmu Menjadi berkah

Dengan berdoa, ilmu yang kita dapatkan jadi lebih berkah. Itu karena kita melibatkan Allah dalam langkah kita menimba ilmu. Jadi, Allah pun memberikan ridho-Nya dan memberikan banyak berkah serta pahala kepada mereka yang mengawali belajar dengan berdoa terlebih dahulu.

Dimudahkan dalam Belajar

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika menuntut ilmu dan belajar, ada banyak rintangan dan distraksi yang selalu menghampiri. Insya Allah dengan membaca doa sebelum dan setelah  belajar, Allah akan memudahkan kita dalam menyerap segala ilmu yang kita pelajari.

Dengan begitu segala yang kita dapatkan dari belajar bisa bermanfaat baik bagi kehidupan diri sendiri maupun orang di sekitar kita.

Mendapat Pahala

Insya Allah orang yang selalu berdoa hanya kepada Alah SWT akan mendapatkan ganjaran yang setimpal, baik imbalan pahala atas apa yang dikerjakan maupun imbalan berupa terkabulnya doa.

Ini karena doa merupakan bagian dari ibadah yang Allah janjikan pahala, selama doa yang dipanjatkan adalah doa yang baik, bukan kutukan atau sumpah serapah. Karena itu, Semakin banyak doa kita panjatkan, berati semakin banyak pula imbalan dan  pahala yang kita raih.

Nah sekarang Pins sudah paham bukan, bagaimana bacaan doa sebelum dan sesudah belajar dan manfaatnya? Ada baiknya untuk selalu berdoa setiap kali melakukan kegiatan belajar ya, Pins!

Kamu juga bisa mengucapkan doa ini di kegiatan lain yang masih berkaitan dengan menimba ilmu, seperti saat mengerjakan tugas, berangkat sekolah, akan mengerjakan PR maupun ujian, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download