Agar Mudah Meresap Ilmu, Ini Dia Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 22 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, seperti kita tahu bahwa belajar menjadi salah satu kegiatan agar kita bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan. Oleh sebab itu, kegiatan ini sangat positif karena mendatangkan banyak manfaat. Nah, agar ilmu lebih mudah meresap, jangan sampai lupa membaca doa sebelum dan sesudah belajar.

Pinhome – Akan tetapi, belajar juga menjadi kegiatan yang membutuhkan fokus yang tinggi. Selain itu, suasana yang nyaman dan minimnya distraksi juga perlu untuk menguatkan konsentrasi di kala belajar. Karena itu, terkadang belajar jadi hal yang sulit dan begitu memberatkan. 

Akan tetapi, kita tak bisa menyepelekan belajar karena menuntut ilmu merupakan kewajiban kita. Maka dari itu, dalam Islam ada lho salah satu doa sehari-hari yang insya Allah bisa membantumu lancar belajar, yaitu doa sebelum belajar. Seperti apa bacaan doanya? 

Sebelum itu, yuk kita ketahui dulu apa sih keutamaan dari belajar? Mengapa kita harus susah-susah belajar? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Keutamaan Belajar 

(Cardiff University)

Belajar merupakan kegiatan yang amatlah penting bagi kita, karena ilmu sangat penting untuk kita menjalani hidup. Nah, Islam ternyata juga menempatkan kegiatan belajar sebagai kegiatan yang penting dan wajib.

Jadi, sebagai umat muslim, kita wajib untuk menimba ilmu, baik ilmu yang bersifat dunia maupun ilmu agama. Apa yang menjadi dasarnya? Berikut ini adalah hadist yang menganjurkan kita untuk belajar dan mencari ilmu.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (HR Al-Baihaqi)

Masya Allah, dari hadist di atas kita bisa temukan bahwa Allah telah memerintahkan kita untuk wajib belajar menimba ilmu. Dengan ilmu, kita jadi memiliki bekal untuk menjalani hidup di dunia. 

Pins, memang keutamaan belajar amatlah penting dan wajib. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa kegiatan ini bukanlah kegiatan yang mudah. Butuh pikiran yang jernih dan lancar agar bisa mneyerap ilmu. Oleh karena itu, ada bacaan khusus belajar yang bisa kamu lafalkan sebelum dan sesudah belajar. Apa saja bacaan doanya? Simak di bawah ini. 

Baca Juga: Pandemi Membuat Kegiatan Belajar Menjadi Terganggu? Tenang, Ada Rumah Belajar!

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar 

(iStock)

Ada dua doa yang bisa kamu baca, yaitu doa sebelum dan setelah belajar. Berikut ini adalah doa-doa yang bisa kamu baca untuk belajar. 

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”

Doa Sesudah Belajar 

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Baca Juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Manfaat Membaca Doa Belajar 

Ilmu menjadi berkah

Dengan berdoa, ilmu yang kita dapatkan jadi lebih berkah. Itu karena kita melibatkan Allah dalam langkah kita menimba ilmu. Jadi, Allah pun memberikan ridho-Nya dan memberikan banyak berkah serta pahala kepada mereka yang mengawali belajar dengan berdoa terlebih dahulu.

Dimudahkan dalam Belajar

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika menuntut ilmu dan belajar, ada banyak rintangan dan distraksi yang selalu menghampiri. Insya Allah dengan membaca doa sebelum dan setelah  belajar, Allah akan memudahkan kita dalam menyerap segala ilmu yang kita pelajari.

Dengan begitu segala yang kita dapatkan dari belajar bisa bermanfaat baik bagi kehidupan diri sendiri maupun orang di sekitar kita.

Mendapat Pahala

Insya Allah orang yang selalu berdoa hanya kepada Alah SWT akan mendapatkan ganjaran yang setimpal, baik imbalan pahala atas apa yang dikerjakan maupun imbalan berupa terkabulnya doa.

Ini karena doa merupakan bagian dari ibadah yang Allah janjikan pahala, selama doa yang dipanjatkan adalah doa yang baik, bukan kutukan atau sumpah serapah. Karena itu, Semakin banyak doa kita panjatkan, berati semakin banyak pula imbalan dan  pahala yang kita raih. Masya Allah. 

Nah, Pins sudah paham kan bacaan doa belajar dan manfaatnya? Ada baiknya untuk selalu berdoa setiap kali melakukan kegiatan belajar ya.

Kamu juga bisa mengucapkan doa ini di kegiatan lain yang masih berkaitan dengan menimba ilmu, seperti saat mengerjakan tugas, berangkat sekolah, akan mengerjakan PR serta ujian, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat! Pun semoga Allah melancarkan pikiran kita dalam belajar dan menimba ilmu. Aamin.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Lifestyle
Lifestyle 7 Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Sesuai Brand

Series laptop keluaran baru sudah banyak yang mengusung fitur yang canggih. Salah satunya adalah ba

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Inspirasi Keramik Abu-Abu Muda Cocok untuk Segala Ruangan

Keramik abu-abu sering dianggap terlalu biasa, suram dan pucat. Padahal warna keramik tersebut bisa

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ini Dia Standar Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai

Tidak hanya ukuran jendela kamar mandi, tapi ternyata banyak aspek yang wajib diperhatikan untuk pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia