BlogLifestyleEdukasiBacaan Tasbih Tahmid Takbir dan Tahlil Beserta Artinya
0
0

Bacaan Tasbih Tahmid Takbir dan Tahlil Beserta Artinya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Jul 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
tasbih tahmid takbirtop-right-banner

Kalimat tasbih tahmid takbir dan tahlil merupakan salah satu bacaan doa dan dzikir setelah sholat wajib yang paling sering digunakan. Bacaan dzikir ini memiliki makna yang mulia dan menjadi salah satu bacan dzikir yang paling dicintai Allah SWT.

Keempat bacaan dzikir ini sangat singkat sehingga mudah untuk dihafal. Biasanya, kalimat tasbih tahmid takbir dan tahlil ini dibacakan berulang-ulang sebanyak 30 kali perkalimat. Namun, kamu juga bisa membacanya sebanyak yang kamu mau saja.

Untuk bisa mengucapkan tasbih tahmid takbir dan tahlil, kamu perlu mengetahui bagaimana bacaannya dan artinya. Nah, pada pembahasan kali ini Pinhome akan membahas tentang bacaan dzikir tasbih tahmid takbir dan tahlil, arti, dan manfaat membacanya.

Baca juga: Bacaan Sholawat

Bacaan Tasbih Beserta Artinya

tasbih tahmid takbir
Source : grid.id

Yang dimaksud dengan bacaan tasbih adalah dzikir yang diucapkan dalam lafadz \”subhanallah.\” Bacaan tasbih sudah biasa diucapkan saat seseorang menyaksikan hal yang di luar kebiasaan, atau merasa takjub.

Misalkan ada pemandangan yang sangat indah, maka boleh saja kita mengucapkan dzikir \”subhanallah\” menggunakan lafadz Bahasa Arab. Berikut ini tulisan Tasbih dalam Bahasa Arab:

سُبْحَانَ اللهِ

Dalam tulisan latin, bunyi kalimat tasbih di atas adalah \”subhanallah\”, ada juga yang menuliskannya dengan \”subkhanallah\”, \”subhanalloh\”, dan sebagainya.

Arti dari kalimat tasbih subhanallah sendiri adalah, \”Maha Suci Allah\”. Dari dzikir tasbih ini, kita mengakui bahwa Allah suci dari segala keburukan, suci dari segala kejelekan.

Baca juga: Tulisan Arab Insya Allah Yang Benar dan Artinya

Bacaan Tahmid dan Artinya

Source : merdeka.com

Tahmid atau hamdalah merupakan dzikir yang dianjurkan dibaca setelah kita selesai melakukan sesuatu. Di saat seseorang akan memulai pidato, ceramah, atau yang lain, dianjurkan juga mengucapkan bacaan tahmid.

Bahkan membaca tahmid ini bisa menjadi wajib, seperti saat seseorang menjadi khotib shalat Jumat, maka dia wajib mengucapkan hamdalah. Makna dari doa tahmid sendiri isinya adalah pujian kepada Allah SWT atas berkah yang telah diberikan-Nya.

Berikut ini tulisan tahmid dalam bahasa arab:

الْحَمْدُلِلهِ

Sedangkan tulisan arab hamdalah lengkap adalah:

الْحَمْدُلِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Makna dari tahmid (alhamdulillah) sendiri adalah, \”segala puji bagi Allah\”. Sedangkan alhamdulillahi rabbil \’alamin artinya adalah \”segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam\”.

Baca juga: Bacaan Surat Yasin

Bacaan Tahlil dan Artinya

tasbih tahmid takbir
Source : pentingpedia

Bacaan doa tahlil sudah banyak muncul dimana pun kamu berada, bahkan banyak ditempel pada kaca mobil sebagai stiker. Hal ini karena kalimat tahlil menjadi logo di salah satu organisasi yang kini sudah dibubarkan. Adapun tulisan tahlil dalam bahasa Arab sebagai berikut:

لَااِلٰهَ اِلَّا اللهُ

Arti dari kalimat tahlil tersebut adalah \”tidak ada Tuhan yang Wajib Disembah Kecuali Allah\”. Tidak ada sesembahan kecuali Allah semata. Orang yang menyembah selain Allah maka disebut dengan Musyrik, karena berbuat syirik, dan dosanya tidak diampuni, kecuali sudah bertaubat.

Bacaan Takbir dan Artinya

tasbih tahmid takbir
Source : tribun.com

Takbir! Pasti kalimat yang satu ini sudah sangat sering Pins dengar, bukan? Jika dulu kamu mendengar takbir saat shalat atau adzan, sekarang kamu bisa mendengar takbir saat orang sedang demo, atau acara lain. Berikut ini tulisan takbir dalam bahasa Arab:

اللهُ اَكْبَرُ

Tulisan aslinya adalah \”Allahu Akbaru\”, tapi saat sholat di takbiratul ikhram dan takbir intiqol, disunnahkan untuk mensukunkan lafadz akbaru, sehingga menjadi \”Allahu Akbar\”. Namun, Pins juga tetap boleh membacanya dengan lahfadz Allahu Akbaru.

Arti dari tulisan takbir di atas kurang lebih, \”Allah Maha Besar\”. Jadi, Allah itu bukan cuma besar (kabiir), melainkan Maha Besar (Akbar).

Jika digabung, bacaan tasbih tahmid takbir tahlil di atas biasanya ditambahkan huruf \’athaf (و) yang berarti \”dan\”. Inilah gabungan tulisan tasbih tahmid takbir tahlil selengkapnya:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُلِلهِ وَلَااِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

Baca juga: Bacaan Ayat Kursi

Manfaat Membaca Tasbih Tahmid Takbir dan Tahlil

tasbih tahmid takbir
Source : aktual.com

Selain mendapatkan pahala, manfaat membaca tasbih tahmid takbir dan tahlil adalah bisa membuat hati menjadi lebih tenteram, karena hanya dengan berdzikirlah hati ini menjadi lebih tenang. Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wata\’ala dalam Al Quran Surat Arr\’adu Ayat 28 tentang manfaat dzikir sebagai berikut:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: \”(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.\”

Di ayat tersebut disebutkan bahwa hanya dengan berdzikir kepada Allah, hati ini akan menjadi tenang. Tentu saja, dengan berdzikir yang khusyu\’ dan mendalami maknanya, tidak hanya sebatas terucap di mulut. Oleh karena itu, bacaan tasbih tahmid takbir dan tahlil merupakan sekumpulan dzikir yang hendaknya kita amalkan.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang bacaan dzikir tasbih tahmid takbir dan tahlil. Mari kita perbanyak dzikir, sholawat, dan doa, mudah-mudahan Allah menjadikan hati kita tenang dan mendapatkan pahala dari Allah yang besar. Aamiin.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download