Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Doa Naik Kendaraan Agar Perjalanan Kita Selamat Sampai Tujuan

Lifestyle

Doa Naik Kendaraan Agar Perjalanan Kita Selamat Sampai Tujuan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 September 2021 ∙ 8 menit membaca

Siapa nih yang suka pergi-pergi? Paling seneng nih waktu naik kendaraan bisa menyusuri jalan. Mungkin ada beberapa Pins suka di rumah aja? Mungkin kamu hanya pergi ke luar rumah untuk bekerja, hang out, atau sekadar mampir ke warung. Yang pasti, bepergian dan naik kendaraan sudah menjadi hal yang melekat di hidup kita sehari-hari. 


Pinhome – Tahukah kamu, Pins? Dalam Islam, kita dianjurkan membaca doa naik kendaraan lho. Seperti kita tahu, ada banyak sekali doa sehari-hari dalam Islam yang bisa kita amalkan. Salah satunya doa menaiki kendaraan. Nah, Pins sudah tahu belum seperti apa bacaan doanya? Yuk simak di bawah ini. 

(OkeZone)

Baca Juga: Bacaan Doa Tidur Latin Lengkap Dengan Artinya

Bacaan Doa Naik Kendaraan

doa naik kendaraan
(Suara com)

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya: “Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.”

Hikmah dari mengucapkan doa naik kendaraan diatas adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt, atas Nikmatnya yang telah menganugerahkan kendaraan tersebut untuk bisa kita naiki dan mengantarkan kita sampai tujuan.

Baca Juga: Baca Ini Saat Hujan! Doa Turun Hujan Beserta Arti Lengkapnya

Doa Naik Kendaraan Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majreha wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya : “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Doa khusus naik kapal diatas merupakan doa yang di panjatkan oleh Nabi Nuh pada saat mengendarai kapalnya yang diabadikan dalam Al-Qur’an Surat Al-Huud ayat 41.

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: Dan Nuh berkata: “Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya”. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Hud :41)

Untuk Doa naik Pesawat atau kapal terbang bisa juga membaca doa naik kendaraan umum diatas karena pesawat juga merupakan kendaraan,bisa pula setelah itu dilanjutkan membaca doa naik kapal, doa naik juga bisa di pakai saat menaiki pesawat terbang.

Doa Ketika Akan Keluar Rumah 

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallah la hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.”

Manfaat dari Membaca Doa Ketika Menaiki Kendaraan

doa naik kendaraan
(Kudu pinter)

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan, jika sebelum melakukan perjalanan, terlebih dahulu membaca doa naik kendaraan. Beberapa di antaranya yaitu:

Pertama, terhindar dari mara bahaya seperti kecelakaan, perampokan, begal, atau pun hal lainnya yang bisa mengganggu perjalanan kita. 

Kedua, mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, sehingga akan selamat sampai tujuan yang dituju dalam keadaan sehat dan baik-baik saja, tanpa ada kendala atau kesukaran. 

Ketiga, mendapatkan keberkahan dalam perjalanannya, seperti bertemu dengan orang-orang baik, dijauhkan dari orang-orang yang akan berbuat jahat, dan terhindar dari prilaku menyimpang atau prilaku maksiat kepada Allah SWT selama dalam perjalanan.

Adab-adab Ketika Menaiki Kendaraan 

doa naik kendaraan
(Ayo Semarang)

Dalam Islam, ada anjuran-anjuran yang sebaiknya kita lakukan selama melakukan perjalanan. Setidaknya ada 12 anjuran yang bisa kita ikuti, yaitu sebagai berikut :

Disunnahkan tidak bepergian sendirian

Yang pertama adalah tidak bepergian sendirian. Untuk perempuan, hukumnya sudah jelas. Mereka tidak boleh bepergian sendirian tanpa mahramnya. Namun anjuran tidak bepergian seorang diri ini juga berlaku untuk para laki-laki.

Carilah kawan yang bisa menemani selama di perjalanan. Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk bepergian sendirian. Lagipula, bepergian bersama dengan kawan akan memudahkan kita untuk meminta pertolongan. Kita bisa saling membantu dan saling mengingatkan.

Ditemani teman safar yang baik

Ketika sedang mencari teman perjalanan, carilah kawan yang baik. Dengan memilih kawan yang baik, kita telah mengajak seseorang yang siap mengingatkan kita dalam hal kebaikan, seperti mengingatkan waktu shalat dan kebaikan lainnya. Juga, carilah kawan yang tidak segan menegur ketika kita lalai. Tidak ada kawan yang lebih baik daripada kawan yang mengajak kita untuk berbuat baik.

Tidak menjamak shalat lebih baik

Salah satu syarat boleh menjamak shalat adalah bagi mereka yang sedang dalam perjalanan. Ini merupakan kemudahan yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya. Meskipun boleh, kita dianjurkan untuk tidak menjamak shalat jika tidak ada kesulitan. Apabila memungkinkan untuk melakukan shalat tepat pada waktunya, tentu akan lebih utama melaksanakan shalat sesuai dengan jadwalnya tanpa perlu menjamaknya. 

Dianjurkan mengqashar shalat

Kita tidak dianjurkan untuk menjamak shalat ketika bepergian, namun kita lebih dianjurkan untuk mengqashar shalat. Bahkan dihukumi sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Shalat yang boleh diqashar adalah shalat yang berjumlah 4 rakaat, yaitu shalat Dzuhur, Ashar, dan Isya’. Sedangkan shalat Maghrib dan Subuh tidak boleh diqasar.

Lebih baik tidak shalat di atas kendaraan

Syarat sah shalat adalah menghadap kiblat. Jika tidak menghadap kiblat, shalat kita tidak akan sah. Untuk itulah, kita dianjurkan untuk tidak melaksanakan shalat di atas kendaraan ketika bepergian. Lebih baik kita turun dari kendaraan sebentar dan melaksanakan shalat di masjid atau mushola terdekat.

Akan tetapi, ada juga pendapat yang memperbolehkan kita shalat di atas kendaraan jika memang tidak memungkinkan untuk turun. Misalnya karena kita naik kereta api atau pesawat terbang. Kedua transportasi umum ini tidak memungkinkan kita untuk berhenti sesuka hati. Sudah ada jadwal yang ditentukan. Daripada meninggalkan shalat, lebih baik kita shalat di atas kendaraan. 

Membaca doa ketika keluar rumah

Jangan lupa membaca doa ketika hendak melakukan perjalanan. Yang pertama adalah doa keluar rumah. Doa yang dibaca adalah berikut ini :

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adhim

Doa ini meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah. Dengan membaca doa ini pula, malaikat bersiap melindungi kita selama berada di luar rumah.

Membaca doa ketika naik kendaraan

Membaca doa keluar rumah saja itu belum cukup. Ada doa lain yang sebaiknya juga kita baca, yaitu doa naik kendaraan. Jika kita naik mobil, baca doa naik kendaraan darat. Apabila kita memilih transportasi laut atau udara ketika bepergian, doa yang dibaca adalah doa naik kendaraan laut.

Pamit kepada kerabat dan tetangga

Selama hidup di dunia ini, kita memiliki keluarga dan tetangga. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk berpamitan kepada mereka ketika hendak melaksanakan perjalanan. Terlebih lagi, jika kita mengajak serta seluruh keluarga. Dengan berpamitan, keluarga dan tetangga akan tahu bahwa kita sedang tidak berada di rumah dan bisa menyampaikannya kepada tamu yang datang.

Perbanyak membaca doa selama di perjalanan

Salah satu waktu yang tepat untuk memanjatkan doa adalah ketika kita sedang dalam perjalanan. Doa seorang musafir (orang yang melakukan perjalanan) merupakan salah satu doa yang diijabah oleh Allah. 

Jika Sahabat memiliki keinginan atau hajat yang belum terkabul, Sahabat bisa memanjakannya selama di perjalanan. Daripada bingung, lebih baik Sahabat memperbanyak doa. Selain kemungkinan besar akan dikabulkan oleh Allah, hal ini juga bisa digunakan untuk mengusir rasa bosan selama dalam perjalanan.

Bersegera untuk kembali pulang

Perjalanan yang kita lakukan tentu memiliki tujuan. Bisa saja untuk berdagang, untuk menjalin silaturahmi, atau tujuan lainnya. Apapun tujuannya, jika tujuan tersebut sudah tercapai di tempat tujuan, kita dianjurkan untuk segera pulang.

Menurut Rasulullah, safar atau bepergian merupakan sebagian dari azab karena orang yang bepergian menjadi sulit memenuhi kebutuhannya akan makan, minum, dan tidur. Untuk itulah kenapa Rasulullah menganjurkan umatnya untuk segera pulang setelah urusannya di tempat tujuan sudah selesai. Dengan begitu, kita bisa kembali memenuhi kebutuhan kita dengan baik.

Melakukan shalat sunnah dua rakaat setelah bepergian

Dalam perjalanan pulang setelah bepergian, kita disunnahkan melaksanakan shalat sunnah dua rakaat sebelum sampai di rumah. Sahabat bisa melakukannya di masjid atau mushola yang ada di sepanjang perjalanan pulang. 

Ini bisa diikhtiarkan sebagai bentuk rasa syukur kita karena masih diberi kesehatan dan keselamatan sehingga bisa menempuh perjalanan pulang. Sekaligus juga sebagai bentuk memohon keselamatan agar sampai di rumah dengan keadaan sehat wal afiat.

Mengadakan acara makan-makan setelah bepergian

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW ketika datang ke Madinah, beliau menyembelih unta atau sapi betina untuk jamuan. Kita sebagai umat Nabi Muhammad bisa meniru yang dilakukan oleh beliau. Bukan meniru hal yang sama persis dengan menyembelih unta atau sapi betina, tapi meniru penyelenggaraan acara makan-makan setelah bepergian. Dalam Islam, hal ini disebut dengan An-Naqi’ah. 

Itulah bacaan doa naik kendaraan baik kendaraan darat, laut maupun udara beserta latin dan terjemahnya. pada saat mengendarai atau menaiki kendaraan alangkah baiknya senantiasa mengucapkan doa di atas agar, Allah Swt melindungi kita dari mara bahaya dan kita bisa sampai ditujuan dengan selamat, selain itu bisa juga menambah pahala, semoga doa naik kendaraan bisa bermanfaat bagi kita semua.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel