Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Doa Ketika Kita Susah Tidur. Ampuh Menghalau Insomnia!

Doa Ketika Kita Susah Tidur. Ampuh Menghalau Insomnia!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 28 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Tak sedikit orang yang mengalami insomnia atau susah tidur. Walau tampaknya sepele, tapi susah tidur dapat membuat tubuh lemas ketika bangun. Memulai hari pun rasanya berat dan sulit berkonsentrasi. Beberapa tanda insomnia yang cukup menyebalkan yakni sulit tidur walau merasa lelah, terbangun berkali-kali, serta tidur tidak pulas. Dari sekian banyak penyebab, gelisah merupakan salah satu hal yang kerap memicu susah tidur. 

Pinhome – Jika kebetulan Pins kerap mengalami insomnia karena gelisah, maka perlu nyimak ulasan ini sampai habis. Dalam Islam,  terdapat beberapa doa yang dapat dibaca ketika susah tidur. Doa ketika kita susah tidur ini dapat dilafalkan saat kamu gelisah dan tidurnya tidak lelap. Berikut bacaan doa ketika susah tidur yang mudah dihafalkan dan dipahami. 

Baca Juga: Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu Yang Wajib Diketahui

Amalan sebelum tidur

(Pexels)

Sebelum mengulas bacaan doa ketika susah tidur, Pins perlu tahu dulu sunnah sebelum tidur yang umum diamalkan. Dengan mengerjakan sunah ini, Pins akan diberi perlindungan selama tertidur. Selain itu, sunah ini pun dapat membaca Pins pada kenyamanan sehingga dapat beristirahat dengan nyaman serta memiliki tidur yang berkualitas. 

Dalam surah An-Naba ayat 9 yang berbunyi:

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

Artinya: “dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat.”

Dalam surah lainnya, Allah SWT pun berfirman: 

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦ مَنَامُكُم بِٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ وَٱبْتِغَآؤُكُم مِّن فَضْلِهِۦٓ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” – QS. Ar-Rum ayat 23.

Adapun bentuk amalan sunnah sebelum tidur adalah sebagai berikut: 

Wudhu terlebih dulu

Berwudhu merupakan salah satu amalan sunnah yang kerap dilakukan Rasulullah sebelum tidur. Hal ini sesuai dengan hadits Al Bara bin Azib berikut: 

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

Artinya: “Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” – HR Bukhari dan Muslim.

Membersihkan kasur

Sebelum tidur, seorang muslim juga disunnahkan untuk membersihkan kasurnya. Hal ini sesuai dengan bacaan hadis yang artinya seperti  berikut: 

“Jika salah seorang di antara kamu hendak mendatangi tempat tidurnya, hendaknya ia mengibas kasurnya dengan bagian dalam sarungnya, karena ia tidak mengetahui apa yang ada padanya, kemudian mengucapkan:

بِاسْمِكَ رَبِّى وَضَعْتُ جَنْبِى

Artinya: “Dengan nama-Mu Wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku.” – HR Bukhari dan Muslim.

Membaca doa sebelum tidur 

Selain itu, umat muslim pun disarankan untuk membaca doa sebelum tidur. Adapun bacaannya adalah seperti berikut: 

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Arab latin: Bismika Allahumma ahya wa bismika amuut

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. – HR Bukhari dan Muslim.

Bacaan doa ketika susah tidur

(Pexels)

Baca Juga; Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Nah, bila telah melakukan amalan sunnah di atas, namun Pins masih tak bisa tidur, maka cobalah untuk membaca doa ketika susah tidur berikut: 

(Dream.co.id)

Arab latin: “Allaahumma ghaaratin nujuumu wa hada atil ‘uyuunu wa anta hayyung qayyum. Laa ta’khudzuka sinatuw wa laa naum. Yaa hayyu yaa qayyuumu ahdi lailii wa anim ‘ain.”

Artinya: ” Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam dan mata pun telah terpejam, sementara Engkau hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Mu). Engkau tidak mengantuk dan tidak juga tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.”

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah SAW pun kerap menitipkan napas ke kedua tangan lalu membaca al-mu’awwidzat saat sulit tidur. Adapun bacaan haditsnya adalah seperti berikut. 

Diriwayatkan dari Aisyah Ra. berkata:

كَانَ إِذَا أخَذَ مَضْجَعَهُ نَفَثَ في يَدَيْهِ ، وَقَرَأَ بالمُعَوِّذَاتِ ، ومَسَحَ بِهِمَا جَسَدَهُ . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

“Jika Nabi SAW hendak tidur, maka beliau meniupkan nafas kedua tangannya dan membaca al-mu’awwidzat lalu mengusapkannya ke tubuhnya.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Artinya: “Tidakkah kalian ketahui bahwa Nabi Muhammad meniupkan di kedua tangannya dan membacakan ‘Al-Mu’awwidzat’. Serta mengusapkan dengan keduanya pada tubuh beliau, dan beliau juga mohon perlindungan dengannya dari apa yang mungkin yang terjadi nanti.”

Jika Pins masih kesulitan untuk tidur, bisa juga dengan memperbanyak bacaan surat pendek. Atau, dapat pula membaca ayat kursi agar hati lebih tenang. Berikut bacaannya: 

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Arab latin: “Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyum, laa ta khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamawati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

Demikian doa ketika susah tidur yang dapat dibaca supaya hati dan pikiran lebih tenang. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel