BlogLifestyleEdukasiBacaan Doa Melepas Pakaian dan Memakainya
0
0

Bacaan Doa Melepas Pakaian dan Memakainya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Doa Memakai dan Melepas Pakaiantop-right-banner

Sebagai umat muslim, Pins tidak hanya perlu membaca doa sebelum dan sesudah makan maupun doa sebelum tidur dan bangun tidur saja. Ada banyak bacaan doa yang perlu Pins baca sebelum melakukan aktivitas tertentu, seperti halnya doa melepas pakaian dan doa memakai pakaian.

Bacaan doa dalam islam umumnya sudah diajarkan sejak taman pendidikan al-qu (TK). Pada usia tersebut adalah masa yang menyenangkan karena kita bisa bertemu teman-teman untuk mengaji bersama. Pada saat di TPQ kamu juga pasti pernah diajarkan berbagai doa sehari-hari.

Doa sehari-hari yang sangat umum di antaranya seperti doa masuk dan keluar kamar mandi, doa makan, hingga doa tidur. Namun, apakah Pins sudah mengetahui tentang bacaan doa memakai dan melepas pakaian?

Pakaian telah menjadi kebutuhan pokok setiap orang di muka bumi ini. Apalagi kita sebagai umat muslim yang di wajibkan untuk menutup seluruh aurat di tubuh kita agar tidak dilihat oleh orang lain. Karenanya, penting untuk mengetahui doa melepas pakaian dan doa memakai pakaian.

Seperti apa bacaan doa memakai dan melepas pakaian? Berikut ini adalah doa melepaskan pakaian dan doa memakai pakaian yang perlu Pins terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa Memakai Pakaian dan Doa Melepas Pakaian

Doa Memakai dan Melepas Pakaian
Source : One Good Thing by Jillee

Bertikut ini adalah beberapa doa memakai pakaian dan doa melepas pakaian yang harus pins lafalkan agar tetap terjaga oleh Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk.

Doa Memakai Pakaian

اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ ِمنْ خَيْرِهِ َوخَيْرِ مَاهُوَلَهُ, َوأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَاهُوَ لَهُ

Bacaan Latin:

Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya:

“Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

Nah di atas adalah doa yang digunakan pada saat kamu menggunakan pakaian yang sudah lama atau sudah biasa kamu pakai. Sedangkan jika kamu menggunakan pakaian baru, ada doa memakai pakaian baru khusus yang bisa kamu lafalkan.

Doa Memakai Pakaian Baru

Di bawah ini adalah doa yang digunakan pada saat kamu menggunakan pakaian baru.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Bacaan Latin:

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku”

Itulah doa memakai pakaian baru, baik itu pakaian yang baru dibeli atau pakaian baru yang sudah lama disimpan. Setelah kamu mengetahui tentang doa menggunakan pakaian, berikut ini adalah doa melepas pakaian yang harus kamu ketahui.

Baca juga: Doa Ketika Hujan Turun dan Maknanya

Doa Melepas Pakaian

Doa Memakai dan Melepas Pakaian
Source : Glamour

سْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ

Bacaan Latin:

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa hawa

Artinya:

“Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya”

Sama halnya dengan doa memakai pakaian, doa melepaskan pakaian ini juga bertujuan agar kamu selalu dalam lindungan Allah SWT. Doa singkat yang satu ini bisa kamu terapkan pada saat ingin membuka pakaian. Baik itu ketika ingin mandi, maupun saat berganti pakaian.

Baca juga: Doa Ketika Mimpi Buruk

Manfaat Menutup Aurat

Doa Memakai dan Melepas Pakaian
Source : Frugal Mama Project

Secara garis besar, manfaat menutup aurat adalah salah satu syarat sah dalam beribadah. Tapi selain itu, masih banyak manfaat menutup aurat atau menggunakan pakaian bagi umat manusia, di antaranya:

Melindungi Tubuh dari Perbuatan Maksiat

Sebagai contoh, pakaian yang menutup aurat terutama pada seorang wanita dapat melindunginya dari gangguan orang lain yang mengincar auratnya tersebut.

Pakaian juga dapat melindungi kita dari panas teriknya matahari yang terasa menyengat kulit, dan juga dapat menghangatkan tubuh pada saat udara dingin. Selain itu pakaian juga dapat melindungi kita dari gangguan serangga seperti nyamuk.

Baca juga: Doa Mandi Wajib dan Tata Cara yang Benar

Menutupi Kekurangan yang Kamu Miliki

Source : Higher Ed Jobs

Di sini, maksud dari kata mengurangi atau menutupi kekurangan adalah jika kamu memiliki badan yang kurang berisi, maka kamu bisa menggunakan kerah yang sempit dan menggunakan pakaian yang berwarna gelap, seperti warna hitam, biru tua dan lain-lain.

Tak hanya itu saja, jika kamu memiliki bekas luka di badan yang membuatmu merasa tidak percaya diri, maka kamu bisa menutupnya dengan pakaian, sehingga kamu bisa menjadi lebih peraya diri.

Membuat Lebih percaya diri

Bagi Pins yang mengharuskan untuk berhadapan atau bertemu dengan banyak orang, maka kamu juga harus berpakaian yang rapi dan sopan. Ini dilakukan agar kamu bisa menjadi lebih percaya diri.

Nah di atas adalah sebagian dari manfaat pakaian yang ada. Pada dasarnya, berpakaian adalah kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan kita untuk berdoa saat akan menggunakan pakaian maupun saat ingin melepaskannya.

Itulah doa memakai pakaian dan doa melepas pakaian yang sebaiknya kamu terapkan sehari-hari. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu dan semoga hidup kamu diberkahi selalu oleh Allah SWT.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download