Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Doa Ketika Bepergian Jauh Ini Wajib Kamu Baca Sebelum Berangkat Merantau

Doa Ketika Bepergian Jauh Ini Wajib Kamu Baca Sebelum Berangkat Merantau

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 28 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Ada suatu kondisi yang menghapus seseorang merantau. Misalnya saja untuk sekolah atau bekerja. Allah SWT menyarankan umat-Nya yang hendak merantau untuk membaca doa ketika bepergian jauh. Dengan membaca doa tersebut, harapannya ia diberi perlindungan selama di perjalanan maupun ketika tinggal di satu wilayah baru. 

Pinhome – Ulasan ini menguraikan bacaan doa ketika bepergian jauh agar selamat. Kamu dapat membaca doa tersebut selama di perjalanan atau ketika sampai tujuan. Berikut doa mau berangkat perjalanan jauh serta setibanya di sana yang bisa Pins lafalkan. 

Definisi bepergian menurut Islam

(Unsplash)

Perjalanan dalam bahasa Arab disebut dengan ‘rihlah’ atau ‘safar’ yang artinya tampak atau terlihat. Disebut demikian karena sifat seseorang akan terlebih saat ia bepergian atau melakukan perjalanan. 

Sementara itu, menurut definisi safar atau bepergian adalah perjalanan yang merupakan aktivitas seseorang saat keluar dan meninggalkan rumah. Bepergian bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau naik kendaraan.

Namun jika merantau, umumnya seseorang akan naik kendaraan. Bik kendaraan darat, laut, maupun udara. 

Baca Juga: Doa Naik Kendaraan Agar Perjalanan Kita Selamat Sampai Tujuan

Manfaat merantau 

doa ketika bepergian jauh
(Unsplash)

Ada beberapa manfaat merantau atau bepergian jarak jauh dan menetap di tempat lain. Berikut beberapa di antaranya: 

Mendapatkan penghidupan 

Terkadang ada beberapa beberapa yang mengharuskan seseorang untuk merantau. Misalnya ketika daerah tempat tinggalnya tidak dapat memberikan penghidupan yang layak. Jika demikian, maka merantau bisa jadi pilihan. 

Sebagaimana yang terlihat bahwa cukup banyak orang yang menuai kesuksesan setelah merantau. 

Menggali potensi diri

Merantau juga dapat menjadi jalan untuk mencari potensi diri. Sebab, saat merantau seseorang diharuskan untuk menjalani keadaan secara mandiri. Jadi, mau tak mau ia pun harus menggali potensi dan kemampuan agar dapat bertahan hidup. 

Menambah ilmu dan pengalaman

Merantau menjadi salah satu cara tepat untuk menambah ilmu dan pengalaman. Pasalnya selama merantau atau tinggal di kota lain, kamu dapat bertemu banyak orang dari berbagai wilayah dan bisa saling berbagi. 

Bertambah kerabat dan saudara

Tinggal di suatu daerah yang baru, mengharuskanmu untuk menjalin relasi dengan orang lain. Baik dalam perjalanan karier atau proses mencari ilmu. 

Untuk itu, merantau dapat dikatakan sebagai cara untuk mencari relasi. Dari relasi inilah, kita bisa mendapatkan kebaikan-kebaikan yang tak terduga. 

Baca Juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Doa bepergian jauh agar selamat

doa ketika bepergian jauh
(Unsplash)

Seorang muslim yang beriman hendaknya selalu membekali dirinya dengan berdoa. Terlebih jika hendak melakukan perjalan jauh dan tinggal di tempat baru. Berikut beberapa bacaan doa ketika bepergian jauh agar selamat. 

Doa sebelum pergi jauh 

Sebelum berangkat merantau atau bepergian, Pins dapat membaca beberapa doa mau berangkat perjalanan jauh berikut ini. 

Allahumma hawwin ‘alainaa safarnama hadza watwi ‘anna ba’dahu. Allahumma antashookhibu fii safari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Dengan melafalkan doa tersebut, perjalananmu untuk merantau agar diberkahi dan dilindungi oleh Allah SWT. Jadi, perjalanan pun lebih tenang serta tidak penuh keragu-raguan. 

Kemudian, Pins juga harus membaca doa keluar rumah berikut: 

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Arab latin: Bismillah, tawakkaltu ‘alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.” 

Doa memasuki suatu wilayah 

Setelah meninggalkan kota atau wilayah tempat tinggal, Pins agaknya perlu membaca doa memasuki wilayah berikut ini. 

Allahumma robbissamawaatis sab’i wa maa adhlalna, wa robbal arodhiinis sab’i wa maa aqlalna, warobbasy-syayaathiini, wa maa adhlalna warobbarriyaahi wa maa dharoy na fa inna nas-aluka khaira hadzihi qoryati wakhoyro ahliha, wana’uudzubika min syarrihaa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fii haa

Artinya: “Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.”

Jika kebetulan Pins singgah di suatu wilayah, baik berhenti sejenak atau beristirahat agak lama, kamu dapat membaca doa berikut: 

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَق

Arab latin: A’uzu bikalimatillahit-tammati min syarri maa kholaq.

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhlukNya.” – HR Muslim.

Perjalanan menuju tempat rantau umumnya dengan menaiki kendaraan. Oleh karena itu, Pins juga harus membaca doa naik kendaraan berikut: 

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Arab latin: Subhaanalladzi sakhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin, wa innaa ilana robbins lamun olibu.

Artinya: “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Saat tiba di tempat tujuan, alangkah lebih baik jika Pins juga membaca berikut supaya diberi keselamatan di tempat baru. 

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’udzubika min syarrihaa wa syaarri alaika wa syarri maa fiihi.

Artinya: “Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

Demikian beberapa doa bepergian jauh agar selamat yang umum dilafalkan saat pergi merantau. Semoga dapat memberikan manfaat serta perlindungan bagi Pins.


Temukan pilihan rumah, tanah seperti tanah dijual di jogja dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel