BlogLifestyleEdukasiDoa Sebelum dan Sesudah Makan Beserta Artinya
0
0

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Beserta Artinya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
doa sebelum dan sesudah makantop-right-banner

Doa sebelum dan sesudah makan merupakan salah sau doa sehari-hari yang sudah diajarkan sejak dini. Bagi umat muslim, tentunya doa ini sudah seringkali kita dengar atau bahkan diterapkan sebelum dan sesudah makan.

Memanjatkan doa sebelum makan dan sesudah makan merupakan salah satu adab makan yang diajarkan dalam agama Islam. Seperti yang kita ketahui, segala sesuatu yang diajarkan oleh Nabi Rosullaloh SAW tentunya akan membawa kebaikan bagi mereka yang mengamalkannya.

Meskipun bagi sebagian orang hal ini terlihat sederhana, namun pada kenyataannya masih banyak umat muslim yang belum mengetahuinya. Oleh karenanya, Disini Pinhome akan membahas secara rinci mengenai doa sebelum dan sesudah makan.

Baca juga:

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

doa sebelum dan sesudah makan
Source : iStock

Seperti yang telah kita ketahui, doa makan terbagi menjadi dua, yaitu doa sebelum dan sesudah makan. Dimana dalam doa sebelum makan adalah sebuah penyampaian harapan kepada Allah agar hidup dan rezeki diridhoi. Sedangkan doa setelah makan atau minum merupakan penyampaian rasa syukur atas karunia yang telah diberikan.

1. Doa Sebelum Makan

Berikut ini merupakan lafadz doa sebelum makan, lengkap dengan latin dan arti atau terjemahannya:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Doa tersebut dibaca saat hendak makan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah. Dengan begitu Insha Allah makan kita menjadi sebuah ibadah dan kebaikan.

Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi dalam Islam sendiri doa merupakan sesuatu hal yang amat penting. Semoga kita tidak pernah melupakan doa sebelum melakukan apapun, termasuk makan.

Baca juga: Doa Agar Rumah Laku Dijual

2. Doa Sesudah Makan

Source : Kumparan

Dalam setiap kegiatan dan aktivitas, Islam senantiasa mengajarkan untuk memulai segala halnya dengan “Basmalah” serta di akhiri dengan “Hamdalah“. Berikut doa setelah makan disamping melafadzkan hamdalah.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.”

Doa tersebut dibaca tatkala telah menyelesaikan makan, dimana sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah yang telah memberikan hidup serta rizki yang luas. Dengan begitu, Insha Allah kita termasuk ke dalam orang-orang yang mensyukuri nikmat dan karunia-Nya.

Baca juga: Bacaan Doa Keluar dan Masuk Rumah

3. Doa Ketika Lupa Membaca Doa Makan

Pernahkah Pins mengalami hal semacam ini? Dimana baru sadar lupa membaca doa ketika sedang makan berlangsung. Jika demikian, berikut ini adalah doa yang dapat Pins baca ketika mengalami hal tersebut:

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya.”

Doa di atas sesuai dengan sabda Nabi Sallaluhualaihiwasalam, yang berbunyi: Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan “Bismillah“. Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaknya ia mengucapkan “Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.”

4. Doa Setelah Minum

Tidak ada bedanya dengan doa sebelum dan sesudah makan, minum adalah sebuah kebutuhan bagi mahluk hidup. Nah agar minum menjadi sebuah kebaikan dan bernilai ibadah, maka harus dimulai dengan “Basmalah” serta diakhiri dengan bacaan “hamdalah” dan doa setelah minum adalah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdu lillaahil ladzi ja’alahuu ‘adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj’alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.”

Baca juga: Ucapan Selamat Pagi Islami yang Mengandung Doa Baik

Adab Makan dan Minum Sesuai Sunnah Islam

doa sebelum dan sesudah makan
Source : Freepik

Setelah mengetahui doa sebelum makan dan sesudah makan, Pins juga perlu mengetahui adab makan sesuai sunnah agama Islam. Secara umum, ada 7 adab makan dan minum sesuai sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, Ketujuh hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Makan dan Minum di Awali dengan Basmalah

Hal ini didasarkan atas sabda Nabi Muhammad SAW alaihiwasalam yang berbunyi:

“Wahai Ghulam sebutlah nama Allah (dalam hal ini mengucaokan basmalah) makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada dihadapanmu.” (H.R Bukhori dan Muslim).

Dari hadits di atas kita dapat menyimpulkan bahwasannya makan setidaknya harus dimulai dengan menyebut nama Allah SWT, dalam hal ini yaitu dengan membaca Bismillah.

Baca juga: Adab Malam Pertama dalam Islam Setelah Menikah

2. Mengambil Makanan Terdekat

doa sebelum dan sesudah makan
Source : Brimingham Mail

Mengapa harus mengambil makanan terdekat atau paling dekat? Hal ini mungkin agar tidak mengganggu orang lain, tidak membuat mereka risih. Namum lebih dari itu Nabi Salallohualaihiwasalam telah mensabdakan mengenai hal ini sebagai berikut:

“Bacalah basmallah dan ambilah makanan yang ada didekatmu.” (H.R Bukhoori).

3. Tidak Makan Berlebihan

Makan berlebihan apabila dilihat dari sisi kesehatan tidaklah baik, selain akan mengganggu pencernaan serta menyebabkan kantuk, makan secara berlebihan pada nyatanya akan membuat merasa malas dan susah bergerak. Maka hendaklah makan tidak dengan berlebihan.

Hal ini pun telah disabdakan oleh Allah dalam Al-Quran sebagai berikut:

“Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan.” (Q.S Al-araf:31).

Baca juga: Mengenal Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Penting Bagi Tubuh

4. Makan dan Minum Sambil Duduk

Berdasarkan ilmu medis, minum dan makan sambil duduk lebih menyehatkan daripada berdiri. Hal ini dikarenakan minuman dan makanan yang masuk memiliki tekanan yang lebih rendah. Beda halnya ketika makanan dan minum sambil berdiri, tekanan makan dan minuman akan lebih tinggi.

Jauh sebelum penelitian medis dilakukan mengenai kebaikan atau manfaat yang tekandung dalam makan dan minum sambil duduk, ternyata Islam melalui sunnah Nabi telah mengajarkan hal ini terlebih dahulu. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi berikut ini:

Sesungguhnya Nabi Muhammad Shallallohu’alaihiwasalam melarang seseorang untuk minum berdiri. Qatadah (seorang tabi’in) berkata “kami bertanya kepada Anas, bagaimana makan sambil berdiri? Anas menjawab yang demikian itu lebih jelek dan lebih buruk.” (H.R Muslim).

Dari hadits tersebut kita dapat memahami, bahwasannya minum dan makan sambil berdiri di dalam Islam sangat tidak diperkenankan.

5. Tidak Meniup Makanan

Apabila kita mengacu terhadap ilmu kesehatan, makan dan minuman yang ditiup akan terpapar oleh virus, mikroorganisme serta bakteri. Hal tersebut ketika dimakan tentu akan menyebar ke dalam seluruh tubuh. Maka sebaiknya kita menghindari meniup makanan, terlebih hal ini dianjurkan oleh baginda Nabi.

Baca juga: Ini Dia 9 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Baik untuk Tubuh

6. Makan Bersama-sama

Source : Russia Beyond

Makan secara bersama-sama akan mempererat hubungan silaturahim antara satu dengan yang lainnya, selain itu Insha Allah akan menambah keberkahan. Hal ini sesuai dengan sabda baginda Nabi:

“Makan satu orang itu cukup dengan dua orang, makan dua orang itu cukup untuk empat orang. Makan empat orang itu cukup untuk delapan orang.” (H.R Muslim).

7. Tidak Mencaci Makanan

Mencaci makanan tergolong perbuatan yang tidak baik, serta tidak disukai oleh baginda Nabi. Apabila kita tidak menyukai suatu makanan, sebaiknya diam dan tidak memakannya. Jangan sampai kita mencela makanan yang tidak kita sukai. barangkali mereka di luar sana menyukai makanan tersebut.

Baca juga: Bacaan Doa Melepas Pakaian dan Memakainya

Manfaat Membaca Doa Sesudah Makan

doa sebelum dan sesudah makan
Source : staffordshire

Selain dijadikan sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat rezeki dari Allah SWT, membaca doa sesudah makan juga dapat memberikan manfaat lain agar makanan yang kita makan tadi akan menjadi berkah. 

Selain itu, dalam sebuah hadits disebutkan pula jika Allah sangat menyukai hambaNya yang kerap mengucap alhamdulillah setelah makan. 

“Sesungguhnya Allah Ta’ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum”. (HR. Muslim).

Berdoa akan mendatangkan pahala dari Allah SWT, begitu pun dengan membaca doa ketika makan. Doa makan menjadi bentuk rasa syukur atas nikmat dan rezeki yang telah Allah SWT berikan.

Tak hanya itu, membaca doa makan akan menghindarkan diri kita dari gangguan setan yang buruk. Sebagaimana yang telah diterangkan dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan. Setan datang dengan memanfaatkan anak kecil ini agar bisa ikut menyantap makanan. Lalu akupun memegang tangannya. Kemudian setan datang lagi dengan memanfaatkan orang itu agar bisa ikut menyantap makanan, lalu aku pegang tangannya. Demi zat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan setan itu sedang saya pegang bersamaan saya memegang tangan kedua orang ini.” (HR. Ahmad 23249 dan Muslim 2017).

Bagaimana Apabila Makan Tanpa Membaca Doa?

doa sebelum dan sesudah makan
Source : Depositphoto

Islam sangat memperhatikan sekali doa dalam setiap aktivitasnya, lalu apa jadinya apabila kita tidak membaca doa sebelum dan sesudah makan? Berikut beberapa masalah yang akan timbul tatkala tidak membaca doa sebelum makan dan sesudah makan:

1. Mendapat Gangguan Setan

Tidak membaca doa sebelum makan menjadi salah satu kesempatan bagi setan untuk menggagu kita. Sebab, mereka sangat pintar memanfaatkan celah sekecil apapun. Gangguan ini biasanya berupa nafsu makan yang tidak terkontrol, sehingga kita memakan apa saja.

Untuk menghindari gangguan setan saat makan, baginda Nabi telah mengajarkan kepada kita semua untuk membaca doa sebelum makan, minilamnya dengan membaca basalah. Dengan begitu diharapkan kita senantiasa mengingat sang pencipta.

2. Tidak Mudah Kenyang

Pernahkah Pins mengalami hal semacam ini? Dimana telah makan banyak akan tetapi tidak merasa kenyang. Nah, hal ini bisa saja terjadi karena kita tidak membaca doa telebih dahulu ketika hendak makan.

Beberapa orang ada yang berpendapat, mengapa makan tidak cepet kenyang atau lapar terus? Sebab adanya setan yang ikut makan bersama kita. Dengan membaca doa sebelum makan, Insha Allah kita akan merasa lebih cukup dengan makanan yang ada.

Baca juga: Doa Agar Dimudahkan Bisa Berangkat Umrah Tiap Tahun

3. Mengurangi Keberkahan

Bagi seorang muslim keberkahan adalah nilai utama yang dicari, dimana keberkahan sendiri akan mendatangkan sebuah kebaikan bagi muslim. Maka tak heran apabila keberkahan adalah hal yang paling utama untuk diperhatikan.

Dengan tidak membaca doa saat makan, maka hal itu jelas akan mengurangi keberkahan, baik dari segi makanan ataupun aktivitas yang kita lakukan. Sebab, ketika kita tidak membaca doa makan artinya kita sedang lupa kepada sang pencipta yang memberikan makanan tersebut.

4. Makan Ditemani Setan

Dalam poin satu dan dua telah sedikit disinggung akan hal ini, dimana setiap manusia yang tidak berdoa dan menyebut nama Allah dalam mengawali makannya sudah dipastikan setan akan menemaninya.

Ciri setan sedang menemani makan ialah tidak merasa kenyang dan puas akan makanan yang telah dimakan. Tentunya Pins tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Maka dari itu, jangan lupa untuk membaca doa sebelum makan dan sesudah makan maupun minum.

Itulah kumpulan doa sebelum makan dan sesudah makan, maupun doa setelah minum, lengkap beserta adab makan dalam agama Islam. Semoga kita senantiasa dapat mengamalkan hal-hal tersebut, yang Insha Allah semuanya akan menjadi amal baik serta mendatangkan kebaikan bagi kita semua.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya Rembulan

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download