BlogPemilik PropertiDesain HunianBeda Dari yang Lain, Ini Dia 10 Desain Interior Warna Turquoise
0
0

Beda Dari yang Lain, Ini Dia 10 Desain Interior Warna Turquoise

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 1, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
warna turquoisetop-right-banner

Di antara banyaknya warna yang indah, turquoise mungkin bisa menjadi pilihan. Warna turquoise ini cukup versatile sehingga bisa diaplikasikan untuk interior dan eksterior rumah. Beberapa perabot rumah tangga dengan warna ini juga bisa mempercantik ruangan. 

Warna turquoise adalah perpaduan nuansa yang menarik dan menawan antara biru dan hijau di dalam spektrum warna. Inspirasi warna ini datang dari warna air laut yang jernih dan biru langit yang cerah.

Kamu yang tinggal di rumah eksklusif dari Pinhome seperti Panorama Bekasi Residence atau perumahan di Bekasi lain bisa menjadikan warna ini untuk dinding rumah. Selain fresh, warna ini juga cukup mewah jika diaplikasikan dengan baik. 

Sifatnya yang menenangkan membuat warna turquoise bisa memberikan tempat berlindung di saat-saat yang sulit. Ini sama seperti rumah bekas di Bandung di sekitar Stasiun Bandung, yang estimasi harganya bisa kamu ketahui melalui fitur PinValue

Baca juga: Mengenal Warna Cyan dan 8 Pengaplikasiannya untuk Ruangan

Mengenal Warna Turquoise

warna turquoise
Source : Pixabay

Mungkin Pins bertanya, turquoise warna apa? Masyarakat Indonesia mengenal warna turquoise ini dengan nama toska. Ini adalah corak warna yang merupakan perpaduan antara hijau dengan sedikit kebiru-biruan. 

Warna ini merupakan warna lautan atau samudera. Kata turquoise sendiri berasal dari Perancis untuk menyebut batu mineral yang berwarna hijau kebiruan. Dalam bahasa Perancis, turquoise berarti “Turkish”, karena batu mineral yang dimaksud diimpor dari Turki.

Pada awalnya, masyarakat Perancis menyebut batu mineral yang banyak digunakan untuk perhiasan itu dengan sebutan “pierre turquoise” yaitu batu hijau berlapis dari Turki. 

Catatan pertama penggunaan dari kata turquoise sebagai warna dalam bahasa Inggris yaitu pada tahun 1573 Masehi.

Baca juga: 7 Arti atau Makna Warna Jingga serta Karakteristiknya

Makna Warna Turquoise

warna turquoise
Source : Pixabay

Sama seperti warna lain pada umumnya, warna turquoise juga mengandung makna dan simbol yang mendalam. Bahkan psikologis seseorang yang menyukai warna ini juga bisa dinilai. Berikut adalah beberapa makna warna turquoise.

1. Simbol Kemegahan

Dengan segudang coraknya, warna turquoise selalu menginspirasi banyak orang. Hal ini lantaran warna ini terdiri dari warna hijau, biru, dan kuning, dan menjadi kombinasi mencolok dari keindahan warna-warna tersebut. 

Seseorang yang menyukai warna ini bisa bersinar di tengah komunitas tanpa ia sadari. Dengan kerendahan hati dan pesonanya yang berubah-ubah, ada banyak hal yang bisa disukai orang lain dari penyuka warna biru kehijauan ini.

2. Membangkitkan Emosi

Seorang pemimpin yang menjadikan warna ini sebagai favorit berarti ia bisa memimpin dengan hati dan pikiran sekaligus. Dengan menggunakan keduanya, pemimpin yang suka warna ini cenderung memiliki emosi yang sehat. 

Psikologi warna menunjukkan bahwa turquoise menyembuhkan dan mengendalikan perasaan. Hasilnya, penyuka warna ini memperoleh stabilitas emosional. Namun, penggunaan warna yang berlebihan dapat memicu ketidakseimbangan emosi.

3. Meringankan Sistem Saraf

Menguasai emosi lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Warna ini memfasilitasi proses tersebut dengan menenangkan sistem saraf. Ketika saraf tenang, itu pertanda baik untuk hidup bebas stres. 

Selain itu, warna ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri, sehingga kamu bisa lebih mantap dalam mengambil pilihan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang seorang pembicara di depan publik, warna ini bisa memberi gelombang ketenangan sehingga ucapan yang keluar bisa mantap dan ditangkap dengan baik oleh audiens.

Baca juga: Arti Warna dalam Desain Grafis

Desain Interior Warna Turquoise

Warna turquoise sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai desain interior rumah, baik ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dan sebagainya. Berikut beberapa ide desain interior rumah dengan warna ini. 

1. Ruang Keluarga Nyaman

warna turquoise
Source : Pinterest

Ruang keluarga di rumah akan terasa lebih nyaman dan segar dengan pilihan warna turquoise pada bagian dindingnya. Kamu juga bisa menambah sofa dengan warna ini pada ruang keluarga untuk menambah perpaduan yang sempurna. 

Sementara perabot lain bisa dikombinasikan dengan warna lain, seperti lemari dengan warna coklat, gorden warna kuning, hingga tanaman hias dengan daun berwarna hijau. 

2. Kamar Tidur Anak

warna turquoise
Source : Pinterest

Warna turquoise tidak harus dijadikan warna dinding. Seperti pada interior kamar tidur anak berikut ini. Warna tosca diaplikasikan pada gorden penutup jendela, sementara warna dinding dominan putih. 

Meski demikian, kesegaran tosca tetap bisa tampak dengan beberapa pernak-pernik dengan warna ini, seperti bantal, selimut, hingga boneka anak. 

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Warna Abu-abu yang Menarik

3. Kamar Mandi

warna turquoise
Source : Pinterest

Warna turquoise sama seperti warna cyan yang sangat cocok untuk diaplikasikan dalam kamar mandi. Kamu bisa mengaplikasikan warna ini pada bagian dinding bilik mandi sehingga membuat kamar mandi lebih hidup dan segar layaknya kolam renang

Tosca juga bisa diterapkan pada pernak-pernik lain yang ada di kamar mandi, seperti kursi dudukan, meja rias, atau bahkan keset di luar bilik mandi. Dengan kombinasi warna ini, niscaya kamar mandi akan tampak lebih segar. 

4. Ruang Kerja

warna turquoise
Source : Pinterest

Warna tosca pada ruang kerja ini sangat minim, yaitu hanya pada kursi, alas laptop, guci kecil, dan bunga hias saja. Namun demikian, karena sifat warna turquoise yang bisa menghadirkan kemewahan, sekecil apapun warna ini digunakan tetap saja ruangan tersebut akan terasa lebih megah. 

5. Kamar Tidur Utama

warna turquoise
Source : Pinterest

Suasana ceria dan megah juga bisa kamu hadirkan di kamar tidur utama dengan nuansa turquoise. Kamu bisa mengaplikasikan warna ini pada bagian dinding secara keseluruhan atau satu 1-2 sisi saja. 

Kemudian, warna ini juga bisa hadir pada bagian lain di kamar tidur utama, seperti selimut dan sarung bantal. Sementara warna pada bagian lain dibuat putih, sehingga kesan elegan akan hadir. 

Baca juga: 8 Macam Warna Kuning Berikut Fakta dan Artinya

6. Dapur Beraksen Turquoise

warna turquoise
Source : Pinterest

Siapa sih yang tidak suka dapur di rumahnya terasa lebih segar dan hidup? Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan turquoise sebagai warna dominan untuk bagian dapur.

Aplikasikan warna ini pada lemari gantung di bagian atas dan kabinet penyimpanan pada bagian bawah. Kombinasi warna ini dengan warna putih akan membuat dapurmu lebih segar dan meningkatkan energi saat memasak. 

7. Ruang Makan

warna turquoise
Source : Pinterest

Ruang makan adalah ruangan yang penuh dengan keceriaan. Untuk itu, perpaduan warna yang dipilih harus tepat, sehingga menunjang keceriaan yang seharusnya hadir di ruangan ini. 

Warna tosca dalam ruang makan ini cukup dominan, yaitu pada dudukan dan sandaran kursi, gorden jendela, dan hiasan lampu. Selebihnya kamu bisa menggunakan warna putih seperti pada gambar, atau abu-abu untuk membuatnya sedikit lebih kalem. 

8. Ruang Baca

warna turquoise
Source : Pinterest

Kamu yang suka membaca dan mengoleksi buku, bisa memilih warna ini untuk diaplikasikan pada perpustakaan pribadi di rumahmu. Aplikasikan warna tosca untuk membuat rak buku aesthetic yang akan menambah cantik ruangan. 

9. Ruang Tamu

Source : Pinterest

Warna biru tosca dapat diterapkan dalam penataan ruang tamu, menciptakan suasana yang nyaman bagi setiap tamu yang datang berkunjung. Kesan kenyamanan yang dihadirkan oleh warna ini akan membuat setiap pengunjung merasa dihargai dan senang berada di ruangan tersebut.

10. Kolam Renang Indoor

Source : Pinterest

Warna turquoise yang dipilih untuk desain kolam renang indoor akan memberikan kesan harmonis dan alami. Sehingga air kolam tampak lebih serasi dengan lingkungannya. Hal ini menciptakan nuansa yang menyenangkan dan sejuk untuk para pengguna kolam renang.

Perlu diingat keseimbangan adalah kunci dalam desain interior. Terlalu banyak warna turquoise bisa membuat ruangan terasa terlalu terang. Sebaliknya, penggunaan yang bijak dari warna ini sebagai aksen dalam kombinasi dengan warna-warna lain akan memberikan tampilan yang seimbang dan menarik.

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download