BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali Desain Rumah Cina: Jenis dan Contohnya!
0
0

Kenali Desain Rumah Cina: Jenis dan Contohnya!

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 26, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain perumahan atau rumah Cina mempunyai ciri khas yang  menarik untuk dibahas. Saat ini, perpaduan gaya tradisional dan modern pada perumahan Tionghoa menjadi acuan banyak orang. Seperti halnya  rumah Jepang, rumah

Tionghoa merupakan perpaduan berbagai budaya dan mengandung nilai filosofis yang kuat dan bermakna. Negeri tirai bambu tidak hanya menjadi rumah bagi rumah, tetapi juga  banyak produk penting  dunia arsitektur, seperti Tembok Besar Tiongkok dan Kota Terlarang. Jadi jika Kamu tertarik mendalami desain  ini, Kamu dapat melihat pembahasan selengkapnya di sini ya!

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Jenis Rumah Cina

Selama berabad-abad, gaya arsitektur rumah tradisional Tiongkok tidak banyak berubah, hanya perubahan dekoratif.
Desain perumahan tradisional Tiongkok, terutama sejak Dinasti Tang, memberikan pengaruh besar terhadap gaya arsitektur beberapa negara seperti Jepang dan Korea.

Desain perumahan tradisional Tiongkok mempunyai karakteristik yang berbeda-beda tergantung pada jenisnya:

1. Rumah Rakyat

Rumah yang satu ini biasanya memiliki desain yang sederhana dan tidak mewah. Desain rumah tersebut dibangun berdasarkan kelas pemilik rumah, seperti para pedagang atau petani. Dari segi desain, biasanya rumah tersebut memiliki gaya tradisional. Di depan rumah akan dilengkapi dengan sebuah gerbang. Lalu, memasuki area rumah, terdapat lahan tertutup dengan banyak bangunan di dalamnya. Rumah tradisional Cina biasanya dibangun dengan material alami seperti batu, bambu, kayu dan lumpur.

2. Kekaisaran

Berbeda dengan rumah pribadi, gaya arsitektur imperial bercirikan bangunan besar dan luas.
Bangunan kekaisaran Tiongkok biasanya memiliki genteng yang sangat besar dengan warna terang seperti kuning, merah, atau coklat.
Atap bangunan kekaisaran sebagian besar berwarna merah dan hitam.
Pegangan pada bangunan kekaisaran hanya dapat digunakan oleh keluarga kerajaan.
Seperti halnya Sembilan Aula (ruang antara dua pilar), bangunan ini berorientasi pada arah tertentu dan memiliki lima gerbang melengkung.

3. Bangunan Keagamaan

Bangunan keagamaan di Tiongkok menampilkan gaya arsitektur yang beragam. Arsitektur keagamaan, khususnya arsitektur Buddha, biasanya mengikuti gaya arsitektur kekaisaran dan mencakup candi. Atapnya ditopang oleh duyung, sangkar, dan berbagai ornamen lainnya.

Filosofi Dibalik Desain Rumah Cina

Desain arsitektur Tiongkok dipengaruhi oleh beberapa pengaruh, termasuk filsafat Tiongkok. Filsafat Tiongkok sangat kuat diungkapkan dalam Feng Shui dan mempengaruhi desain bangunan sesuai dengan pokok-pokok dasarnya. Adapun arah utara (air), akan menjadi lokasi ruangan kamar mandi.

Kedua, arah timur (pohon) melambangkan matahari terbit dan berfungsi sebagai ruang kerja. Arah selatan (Selasa) melambangkan dapur, dan arah barat (Jumat) melambangkan terbenamnya matahari dan digunakan untuk kamar tidur dan toilet. Selain filosofi, desain arsitektur Tiongkok juga memiliki hierarki tersendiri. Misalnya, bangunan yang menghadap langsung ke tengah kompleks dianggap sebagai bangunan terpenting.

Inspirasi Desain Rumah Cina

Berikut ini ide atau inspirasi desain dari rumah cina yang dapat kamu contek!

1. Rumah Cina Minimalis

Source : Home World Design

Desain rumah minimalis Cina dirancang sederhana dan fungsional. Suasana alami menggunakan bahan utama batu dan kayu. Mengecat dinding dengan warna putih dapat memberikan kesan bersih dan modern. Pintu dan jendela kaca menyatu sehingga cahaya dapat masuk ke dalam ruangan tanpa halangan. Kamu juga bisa membuat taman di taman Kamu untuk menambah sentuhan indah pada bagian  depan rumah Kamu.

2. Rumah Mewah Cina

Source : Vinavic

Menggunakan atap berpinggul sebagai elemen tradisional, desain rumah mewah Tiongkok memancarkan kemewahan arsitektur kekaisaran kuno. Inilah rumah dengan taman depan luas yang memadukan keanggunan dan kemewahan. Taman yang indah menciptakan suasana damai dan damai. Pada bagian dekorasi, terdapat lampu sorot yang menambah sentuhan dramatis pada area fasad rumah.

3. Rumah Cina Kuno

Source : Dreams Time

Rumah-rumah kuno Cina di atas yang dibangun dengan unsur tradisional khas bisa menjadi inspirasi pilihan Kamu. Atap rumah cina dengan atap melengkung terlihat anggun. Saat ini dinding rumah terbuat dari kayu. Tidak jarang ditemukan dekorasinya dengan ukiran kayu dan batu yang sangat indah.

4. Rumah Cina Tradisional

Source : Design Miami

Desain rumah tradisional Cina bisa menjadi inspirasi rumah pribadi Kamu. Segala sesuatu di rumah ini terbuat dari kayu, mulai dari lantai, dinding, pintu, dan kusen jendela. Taman depan yang indah seringkali dihiasi dengan taman-taman kecil yang penuh makna, seperti fitur air dan tanaman yang melambangkan kebahagiaan dan kesuburan.

5. Rumah Cina Modern

Source : Art Fasad

Desain rumah Cina modern di atas berdiri tegak sesuai dengan besarnya bangunan. Rumah ini terlihat semakin menarik dengan dindingnya yang berwarna putih bersih dan atap bukit yang melorot, ciri khas bangunan Tionghoa. Jendela besar membanjiri ruangan dengan cahaya alami, menciptakan kesan terang dan udara segar. Taman indah dengan kerikil dan pasir putih mengelilingi rumah, menciptakan harmoni antara alam dan arsitektur.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download