BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Arsitektur Terbaik di Dunia Tahun Ini
0
0

5 Desain Arsitektur Terbaik di Dunia Tahun Ini

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jan 16, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Arsitektur Terbaiktop-right-banner

Arsitektur adalah cerminan dari peradaban. Artinya, desain arsitektur selalu mengikuti pemikiran dominan pada suatu masa atau yang disebut dengan zeitgeist. Untuk itu, desain arsitektur terbaik di satu tahun tertentu akan berbeda dengan tahun yang lain. 

Dari situ, tak heran jika kita menemukan klasifikasi desain arsitektur yang mewakili zamannya. Misalnya desain arsitektur kuno, Romawi, hingga arsitektur modern yang biasa ditemui di masa ini.

Masing-masing desain arsitektur itu masih bisa kamu temui pada rumah-rumah yang mengusung masing-masing konsep seperti pada rumah eksklusif seperti  perumahan di Bekasi atau perumahan di BSD. Jika beruntung kamu juga bisa menemukan gaya arsitektur masa tertentu pada rumah bekas di Kec Tangerang.

Baca juga: 11 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas

Desain Arsitektur Terbaik

Desain Arsitektur Terbaik
Source : Pixabay

Karena mewakili masa tertentu, maka tak heran ada badan atau lembaga yang melakukan riset untuk melihat bangunan dengan arsitektur terbaik. Seperti dilansir dari Azure Magazine, ada beberapa bangunan dengan desain arsitektur terbaik tahun ini. 

Bangunan dengan desain terbaik itu termasuk ruang publik, interior, produk, dan rumah yang mengusung tema-tema dominan tahun 2023. Dalam hal tren estetika, batu bata sederhana tampaknya telah bangkit kembali. Ini seperti pada John Morden Center yang memenangkan Stirling Prize hingga Maroquinerie de Louviers di Normandia.

Berikut beberapa bangunan di seluruh dunia yang dinilai memiliki desain arsitektur terbaik tahun 2023. 

1. Quay Quarter Tower – Sydney

Quay Quarter Tower
Source : Azure

Quay Quarter Tower menegaskan kehadiran volume kaca dan baja yang ramping dan bersudut secara kontemporer di Sydney, Australia. Namun di bawahnya, kompleks perkantoran setinggi 49 lantai dan tinggi 206 meter ini merupakan struktur warisan budaya yang tiada duanya. 

Dirancang oleh arsitek Denmark 3XN dalam kemitraan dengan perusahaan lokal BVN, proyek ini menjadikan AMP Center yang berusia hampir 50 tahun. Bangunan ini secara efektif diubah menjadi ruang kerja baru yang terang dan fleksibel. 

Baca juga: 11 Rekomendasi Jasa Arsitek Surabaya Ternama dan Terbaik

2. The Leaf – Winnipeg, Kanada

Desain arsitektur terbaik
Source : Trip Advisor

Membawa ketenangan tropis ke salah satu kota terdingin di Kanada, The Leaf adalah landmark terbaru di Taman Assiniboine yang luas di Winnipeg. Bangunan ini yang memadukan keindahan alam dan teknologi bangunan. 

Didesain oleh KPMB Architects, bangunan berbentuk organik ini dibungkus dengan kaca. Namun bangunan ini tampak menyimpang dari tipologi yang diharapkan, yaitu adanya sebuah spiral yang radikal atap berbahan EFTE. 

Dibuat berdasarkan deret Fibonacci, struktur spektakuler ini meniru jaring spiral cangkang nautilus atau bunga matahari dan menutupi empat bioma botani yang terpisah namun saling berhubungan.

Selain lebih dari 12.000 bunga, pepohonan, dan semak di kebun raya, terdapat jalur kanopi tingkat atas yang mengarah ke Taman Kupu-Kupu Shirley Richardson. Kemudian ada Rumah Pajangan Babs Asper di permukaan tanah, semacam ruang galeri untuk pameran yang berputar secara musiman. 

3. AKG Art Museum – New York

Source : Buffalo

AKG Art Museum di New York telah lama dikenal karena koleksi seni modernnya yang luar biasa. Museum ini menyatukan karya-karya Pablo Picasso, Frida Kahlo, Joan Miró, dan master abad ke-20 lainnya. 

Ada sebuah bangunan mirip permata yang terbungkus dalam “selubung” lebih dari 540 panel kaca segitiga. Galeri luas menciptakan lingkungan menonton yang ideal untuk mengagumi tontonan kontemporer berskala besar. 

Strukturnya juga terasa terbuka lebar dan menyegarkan terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini terjadi berkat perimeter luar yang membungkus galeri interiornya yang lebih fokus. 

Dari segi material, rangka marmer totemik di sekeliling pintu bangunan berukuran besar berpadu dengan aksen industrial. Perpaduan ini menghasilkan suasana yang terasa megah dan tidak pernah kaku. Memang benar, Gedung Gundlach sepertinya ingin menunjukkan bahwa seni bisa menyenangkan.

Baca juga: Arsitektur Modern

4. Gabriel García Márquez Library – Barcelona

Desain arsitektur terbaik
Source : Azure

Dengan desainnya yang lucu namun rasional, Perpustakaan Gabriel García Márquez adalah bangunan sempurna untuk namanya. Gabriel García Márquez adalah seorang penulis terkenal Kolombia yang mempopulerkan genre sastra realisme magis. 

Didesain oleh praktik SUMA Arquitectura di Madrid, bentuknya mengingatkan pada tumpukan buku, dengan fasad potongan fiberglass prefab terlipat yang menyerupai halaman buku. Perpustakaan ini merupakan tambahan yang baik bagi distrik Sant Marti yang telah lama terabaikan di Barcelona, ​​​​yang sebelumnya kekurangan infrastruktur publik.

5. Pyramid Tirana – Albania

Source : NYT

Piramida Tirana, awalnya dibangun sebagai museum yang didedikasikan untuk diktator komunis Enver Hoxha. Namun bangunan ini kemudian diubah secara dramatis menjadi pusat budaya baru. 

Menggunakan kembali struktur beton, Piramida kini menjadi seperti patung terbuka di taman baru. Taman dan patung tersebut adalah rumah bagi serangkaian kotak warna-warni, tersebar di dalam dan di sekitar bangunan asli. 

Ada banyak sekali “tenant” di area tersebut, mulai dari kafe, studio, bengkel, kantor startup, inkubator, festival, dan ruang kelas. Di ruang kelas itu, muda-mudi Albania bisa mempelajari berbagai mata pelajaran teknologi secara gratis.

Pertama kali dibuka sebagai museum pada tahun 1988, Piramida Tirana telah menyebabkan banyak kehidupan. Sejak jatuhnya rezim komunis, gedung ini banyak digunakan sebagai stasiun radio, klub malam, tempat konferensi, pusat penyiaran.

Selama Perang Kosovo 1999, bangunan ini digunakan sebagai pangkalan NATO. Penggunaan yang terus berubah, serta rencana renovasi sebelumnya yang belum lengkap, meninggalkan perubahan tambal sulam yang membuat interiornya berantakan dan gelap. 

Itulah beberapa bangunan dengan desain arsitektur terbaik pada tahun 2023 ini. Kalau menurut kamu, mana bangunan yang paling bagus, Pins?

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Intan Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download