BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Inspirasi Desain Rumah Gaya Art Deco yang Menawan
0
0

15 Inspirasi Desain Rumah Gaya Art Deco yang Menawan

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 7, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Menyukai desain dengan banyak detail tetapi tidak terlalu berukir seperti rumah klasik? Salah satu gaya desain yang mungkin cocok adalah desain rumah Art Deco. Namun, seperti apa desain Art Deco?

Kesederhanaan dan bentuk geometris murni adalah ciri yang paling utama. Seperti yang diketahui ada empat jenis Art Deco: floral deco, streamline deco, zigzag deco, dan neo-classical deco. Di Indonesia, hanya dua jenis digunakan, yaitu floral deco dan streamline deco, jenis ketiga dan keempat jarang ditemukan.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Sejarah Singkat

Bisa dibilang, langgam Art Deco adalah periode arsitektur yang unik terjadi antara dua Perang Dunia, pada tahun 1920 dan 1939. Sekitar tahun 1950-an dan setelahnya, masih ada karya arsitektur bernafaskan Art Deco, tetapi hanya mengikuti tren dari periode sebelumnya. Art Deco pada dasarnya berasal dari gerakan modernisme, yaitu tuntutan estetika menuju bentuk sederhana, yang membebaskan arsitektur klasik.

Penampilan Art Deco di Fasad Rumah

Berikut ini tampilan art deco fasad rumah:

1. Ciri Geometris Art Deco

Source : Vogue

Fasad bangunan dapat menampilkan kembali romansa art deco pada hunian modern. Dengan sentuhan sederhana tanpa banyak detail yang memenuhi fasad bangunan, ciri hunian art deco yang vokal terhadap bentuk geometris dan melengkung dapat dipadukan dengan nuansa modern.

2. Palet Warna yang Menarik

Source : Flickr

Untuk mempertahankan tampilan sebuah rumah lama, nuansa art deco yang ‘playful’ dengan permainan palet warna cerah dan bentuk fasad berbentuk melenkung dan garis simetris bisa menjadi pilihan. Dengan menambah lebih banyak bukaan ruang, memberi rumah tampilan baru tanpa menghilangkan tampilan aslinya.

3. Pencahayaan yang Dramatis

Source : Eco Outdoor

Memiliki rumah peninggalan yang biasa dengan gaya art deco dapat direvitalisasi untuk membuatnya tampil lebih modern dan kekinian. Untuk mendapatkan tampilan baru yang lebih menyegarkan di rumah, beberapa hal penting yang harus dilakukan adalah mengatur bukaan ruang dan metode pencahayaan.

Desain Kamar Keluarga yang Menarik

Simak desain keluarga art deco yang bagus:

1. Profil adalah Komponen Utama

Source : Hunker

Profiling adalah jenis ornamen yang dipasang pada permukaan, seperti dinding atau ceiling. Fungsinya sebagai elemen estetika tambahan, yang biasanya ditemukan dalam gaya klasik atau art deco. Art Deco adalah gaya desain yang dramatis dan penuh detail. Meskipun ada banyak jenis pembuatan yang berbeda, pembuatan crown biasanya digunakan dalam gaya Art Deco.

2. Lampu Gantung sebagai Dekorasi Utama

Source : Hemoon

Furnitur bergaya Art Deco, mulai dari sofa, meja kopi, hingga lampu gantung, biasanya berukuran besar. Pola yang berulang, simetris, dan dramatis adalah ciri khas desain lampu gantung. “Bold” adalah kata kunci yang perlu diingat dalam desain Art Deco.

3. Pilihan Warna untuk Art Deco

Source : Vw Art Club

Umumnya warna yang kontras dan mencolok menjadi ciri khas gaya Art Deco. Tetapi, tidak berarti bahwa itu harus dilakukan setiap saat. Jika ingin tampilan yang lebih lembut, dinding ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur biasanya dihiasi dengan warna beige atau cream. Sehingga, dapat membuat kontras warna dengan memadukan furnitur kayu atau karya seni.

Kamar Tidur Art Deco

Berikut ini kamar tidur dengan tema art deco:

1. Headboard dari Bahan Suade yang Halus

Source : Lord Decor

Untuk menerapkan gaya art deco dalam sebuah rumah, perlu memiliki jiwa seni dan imajinasi yang luar biasa untuk menghidupkan ruangan. Untuk melindungi punggung dan kepala saat duduk di kasur, headboard dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain memberikan kenyamanan, headboard dengan warna yang kontras dari busa yang ditutupi suade ini juga dapat mempercantik bentuk kasur secara keseluruhan.

2. Memilih Wallpaper Kesan Feminin

Source : Lord Decor

Dengan membawa kebebasan dalam mengekspresikan seni dalam ruangan, desain art deco menciptakan makna modern baik pada interior maupun arsitektur. Pemilihan dekorasi sangat penting untuk mengadopsi gaya ini, dan wallpaper seperti flamingo dan lampu hias dapat memberikan kesan art deco yang sangat kental.

3. Dekorasi Art Deco untuk Kamar Tidur yang Menarik Perhatian

Source : Lord Decor

Art deco tidak hanya muncul pada karya seni tetapi juga pada furnitur dan arsitektur baik interior maupun eksterior. Kesan mewah dan anggun menjadi ciri khas gaya desain dan arsitektur ini. Untuk menghidupkan gaya yang muncul pada tahun 1920-an ini, menambahkan elemen untuk hiasan dinding berwarna emas yang memiliki bentuk yang sederhana tetapi efektif.

Kamar Mandi Art Deco Berwarna Putih

Kamu bisa contek desain kamar mandi berikut ini:

1. Tipe Cermin yang disesuaikan dengan Ukuran Kamar Mandi

Source : Behance

Jika ingin memberikan sentuhan art deco ke kamar mandi, cermin yang meninggi tak akan terlihat salah. Di samping nilai fungsionalnya, dimensi yang besar dapat menjadi penekanan untuk desain interior. Selain itu, guratan garis-garis yang menghiasi cermin meningkatkan tampilan geometrisnya, yang merupakan salah satu kekhasan desain bernuansa art deco.

2. Ada Lampu Gantung di Kamar Mandi

desain rumah art deco
Source : Home and Garden

Kesan mewah adalah ciri khas gaya art deco. Setiap detail di dalamnya dipilih secara bebas, termasuk bahan. Misalnya, menggabungkan dinding marmer dengan bukaan kaca besar di satu sisi ruang akan membuat kamar mandi menjadi lebih menarik. Agar kemewahannya semakin terlihat, tambahkan hiasan seperti lampu gantung emas.

Art Deco pada Ruang Tamu

Berikut ini desain art deco pada ruang tamu rumah:

1. Aksen Logam

Source : Home Decor Bliss

Jika Kamu menyukai interior yang unik dan elegan, dekorasi besi dan logam bisa melengkapi desain interior rumah Kamu. Selain itu, Kamu juga bisa menambahkan aksesoris seperti meja tipis, patung, dan dekorasi lainnya yang sesuai dengan bahannya. Dekorasi metal mampu menambah sentuhan kemewahan pada interior.

2. Lampu Artistik

desain rumah art deco
Source : Art Fasad

Salah satu elemen yang dapat mempercantik tampilan sebuah ruangan adalah pencahayaan. Kamu dapat memilih jenis lampu  unik untuk menambah sentuhan artistik pada ruangan mana pun di rumah Kamu. Tak lupa, Kamu juga bisa menambahkan dekorasi sederhana seperti lukisan pada sudut-sudut ruangan.

3. Dengan Tekstur Kotak

Source : Art Fasad

Aksen bertekstur kotak-kotak kecil pada dinding rumah juga bermanfaat. Padukan aksen bertekstur dengan furnitur berwarna gelap untuk memberikan nuansa elegan pada ruangan, seperti terlihat pada gambar.

4. Modern Minimalis

desain rumah art deco
Source : Lord Decor

Siapa bilang gaya Art Deco dengan interior minimalis tidak bisa dipadukan?Beberapa lukisan cantik di sudut ruangan bisa menambah sentuhan artistik pada rumah modern minimalis Kamu. Kamu juga bisa memilih jenis lampu yang dapat mempercantik rumah Kamu.

Itulah dia desain art deco yang bisa kamu contoh untuk hunian Kamu!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download