BlogPemilik PropertiDesain HunianBeragam Ukuran Meja Makan, Jangan Salah Pilih!
0
0

Beragam Ukuran Meja Makan, Jangan Salah Pilih!

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 10, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
ukuran-meja-makantop-right-banner

Makan bersama keluarga adalah hal yang mungkin dinanti-nanti oleh banyak orang. Tidak hanya momentum, beberapa keluarga menerapkan kegiatan makan bersama setiap hari di rumah. Tentu hal ini dapat menambah kekompakan dan kedekatan dalam hubungan keluarga. Namun tentunya, hal ini harus didukung dengan ruang makan yang nyaman. Seperti halnya memilih ukuran meja makan yang tepat. Simak artikel ini untuk mengetahui ukuran meja makan yang ideal!

Kamu dapat menemukan rumah idaman yang cocok dengan keinginan kamu di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Apabila kamu berkeinginan untuk membangun dengan desain milikmu sendiri, kamu dapat memanfaatkan Program KPR Bank dengan mendapatkan harga terbaik.

Baca juga: 10 Harga Meja Makan Dibawah 1 Juta yang Berkualitas

Beragam Ukuran Meja Makan

Mengapa perlu menentukan ukuran meja makan yang ideal? Karena apabila ukuran meja makanmu tidak sesuai dan tidak ideal, maka kamu akan merasa kurang nyaman. Ditambah lagi ketika kamu memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, tentunya ukurannya akan menyesuaikan.

Tidak semua rumah memiliki ukuran meja dan kursi makan yang standar. Padahal meja makan harus menampung setiap lauk lezat untuk keluarga, serta menjadi tempat berkumpul saat makan bersama. Bagi Pins yang penasaran, simak yuk beragam ukuran meja makan mulai dari yang standar, minimalis, hingga mewah.

Penting untuk mengetahui ukuran meja makan yang sesuai dengan kebutuhan anggota keluarga kita! Berikut ini ukuran-ukuran tersebut:

1. Ukuran Standar Kursi Makan

Source : Pinterest

Jika mengikut standar, ukuran kursi makan umumnya sebesar 46 cm sampai 50 cm dari lantai ke bantalan kursi. Hal ini memang hampir mirip dengan kursi kerja atau kursi untuk meja belajar. 

Perlu diingat, umumnya kursi makan lebih tinggi dari pada sofa atau kursi santai, karena orang harus duduk dengan sempurna saat makan di meja makan. Jadi, ketinggian kursi makan benar-benar harus diukur supaya anggota keluarga bisa makan dengan nyaman di meja makan. 

Pada kelebaran kursi makan, juga tidak terlalu lebar. Jadi bantalan kursi dengan sandaran dibuat sekitar 45 cm hingga 55 cm. Kemudian untuk sandaran kursi, tidak perlu dibuat terlalu tinggi. 

Sandaran umumnya dibuat ¾ punggung, supaya punggung pengguna bisa bersandar dengan nyaman di kursi. Tinggi sandaran kursi makan rata-rata adalah sebesar 45 cm – 60 cm. Perlu dicatat, bahwa kursi makan jarang sekali menggunakan lengan kursi (arm chair). Hal ini karena kursi makan akan dimajukan ke dalam bawah meja ketika pengguna telah selesai makan. 

Namun, jika Pins ingin menggunakan kursi yang terdapat sandaran tangan, umumnya tinggi sandaran tangan untuk kursi makan berkisar antara 19 cm sampai 25 cm.

Baca juga: 10 Desain Meja Makan Lipat Dinding yang Hemat Ruang

2. Ukuran Standar Meja Makan

Source : Pinterest

Pada ukuran meja makan, umumnya memiliki tinggi sekitar 76 cm sampai 80 cm dari permukaan lantai. Namun pada beberapa model yang lebih santai, tinggi meja makan juga dibuat lebih pendek dengan ketinggian sekitar 70-75 cm.

Umumnya, meja makan memiliki kolong meja terbuka, sehingga kaki pengguna bisa diletakkan di kolong meja saat makan. Tidak hanya itu, kolong meja yang terbuka juga membuat kursi makan bisa dimajukan ke dalam kolong meja saat selesai makan. 

Hal ini akan membuat kursi dan meja makan lebih rapi. Meja makan standar memiliki tinggi kolong bersih sekitar 10-12 cm di bawah tinggi meja atau sekitar 68 sampai 70 cm.

Kemudian untuk panjang dan lebar meja makan ini disesuaikan kembali dengan kapasitas meja yang bisa menampung berapa banyak orang. Meja makan ini juga memiliki berbagai bentuk mulai dari lingkaran, persegi, persegi panjang, oval dan masih banyak lagi. 

Namun untuk meja makan dengan kapasitas dua orang yang duduk berhadapan, maka ukuran standar meja yang dibutuhkan sebesar 60×60 cm dengan ukuran persegi. Sedangkan meja makan untuk 4 orang dengan ukuran persegi dibutuhkan ukuran 36-48 inci dan 60×60 inci untuk kapasitas 6 orang.

Jika Pins memiliki keluarga dengan jumlah yang besar, Pins bisa menggunakan ukuran meja yang lebih besar juga. Kapasitas meja 8 orang umumnya memiliki ukuran 72×72 inci untuk meja berbentuk persegi.

Rekomendasi Bentuk dan Jenis Meja Makan

Setelah mengetahui ukuran ideal meja dan kursi makan, kamu beralih ke rekomendasi bentuk dan jenis meja makan untuk diletakkan di ruang makan kamu Pins. Bentuk dan jenis meja makan ini dapat kamu sesuaikan dengan luas dan lebar ruang makan milik kamu.

Berikut ini rekomendasinya:

1. Meja Makan Oval

ukuran meja makan
Source : Pinterest

Rekomendasi pertama adalah meja makan berbentuk oval. Meja makan dengan bentuk oval sangat terlihat mewah dan dapat digunakan sebagai tempat meletakkan berbagai hidangan lezat secara luas.

Ukuran meja makan 6-8 kursi ini memiliki panjang sekitar 130 cm yang bisa kamu hitung tepat pada bagian tengah meja, serta lebar yang mencapai 90 cm. Sedangkan tinggi meja makan ini berkisar 71-75 cm.

Jika kamu memiliki keterbatasan ruang, tidak disarankan menggunakan meja oval. Hal ini dikarenakan meja oval sangat luas.

Baca juga: Mudah! Cara Membuat Meja Makan dari Kayu

2. Meja Makan Persegi

ukuran meja makan
Source : Pinterest

Rekomendasi kedua adalah meja makan berbentuk persegi. Biasanya, meja makan dengan bentuk ini menggunakan 4 hingga 6 kursi. Kamu juga bisa menggunakan meja makan model ini sebagai meja makan khusus tamu di rumah.

Rata-rata, ukuran bentuk persegi memiliki tinggi sekitar 78 cm. Sedangkan untuk lebar dan panjangnya berkisar 100 cm x 100 cm.

Tak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki lahan yang luas untuk menggunakan meja makan 6 kursi ini. Faktanya, kini kamu bisa menemukan berbagai produsen meja makan 6 kursi minimalis yang bisa kamu pilih untuk ruang makan yang sempit.

3. Meja Makan Persegi Panjang

Source : Pinterest

Rekomendasi ketiga adalah meja makan berbentuk persegi panjang. Kamu bisa memilih meja makan minimalis 4 kursi atau bahkan 6 dengan ukuran sesuai dengan luas ruang makan di rumahmu. Sebaiknya, pilihlah meja makan yang tidak terlalu besar agar tidak memakan ruang untuk orang berlalu-lalang.

Terdapat banyak ukuran meja makan yang cukup besar untuk digunakan pada ruangan yang cukup luas. Selain itu, kamu juga bisa mengkustom meja makan agar lebih senada dengan desain ruang makan di rumahmu.

Biasanya memiliki ukuran panjang 120 cm, dengan lebar 80 cm, dan tinggi 71 cm.

Baca juga: 12 Model Meja Makan Aesthetic Unik

4. Meja Makan Bulat

Source : Pinterest

Rekomendasi keempat adalah meja makan berbentuk bulat. Kamu bisa menggunakan desain meja makan 3 kursi atau 4 kursi dengan model meja bulat untuk menghemat ruang.

Jika kamu ingin membuatnya terlihat lebih modern dan mewah, kamu bisa menambahkan aksen gold atau bahan marmer dan keramik pada meja makan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kursi makan yang dibalut bantalan sofa untuk membuat ruang makan terkesan lebih elegan.

Biasanya meja berbentuk bulat memiliki ukuran rata-rata antara 100-130 cm dengan tinggi sekitar 71-80 cm.

Baca juga: Tips Renovasi Ruang Makan Agar Terlihat Lebih Indah

Cara Menentukan Jarak Kursi dan Meja Makan

(Pinterest)

Jika kamu telah selesai menentukan ukuran, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui cara menentukan jarak kursi dan meja. Penting untuk menata jarak antara kursi dan meja. 

Umumnya aturan ini menggunakan metode role of thumb (aturan ibu jari) yang sebenarnya tidak baku maupun tertulis. Namun nyatanya, di lapangan banyak sekali orang yang menerapkan peraturan ini lho! Bagaimana aturannya? Simak poin-poin berikut ini:

  • Berikan jarak 25 cm – 30 cm antara kursi makan dengan meja makan sebagai sirkulasi bangu dan duduknya pengguna di meja makan.
  • Berikan jarak 18 cm – 20 cm di antara kursi agar saat makan, tangan pengguna tidak bersentuhan dengan orang di sebelahnya.
  • Setiap pengguna mendapatkan ruang lebih sebesar 60 cm sampai 75 cm di meja makan untuk menghindari bersenggolan satu sama lain.
  • Pada meja makan persegi panjang, maka tambahkan 25 cm – 30 cm jika ada yang duduk di kepala dan kaki meja (duduk di ujung meja makan dengan arah melintang).
  • Beri jarak setidaknya 80 cm sampai 90 cm antara meja makan dengan dinding atau perabotan lain di ruang makan sebagai sirkulasi bergerak.

Itulah informasi mengenai ukuran meja makan yang bisa kamu terapkan di rumah agar kegiatan makan bersama keluarga menjadi semakin nyaman. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Rustic


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Agathis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download