Pelajari Beragam Ukuran Meja Makan Mulai dari yang Standar

Pinhome

Pelajari Beragam Ukuran Meja Makan Mulai dari yang Standar

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 20 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Makan bersama keluarga adalah hal yang mungkin dinanti-nanti oleh banyak orang. Tidak hanya momentum, beberapa keluarga menerapkan makan bersama keluarga setiap hari di rumah. Tentu hal ini dapat menambah kekompakan dan kedekatan dalam hubungan keluarga. Dengan adanya makan bersama ini membuat keluarga jadi memiliki momen berkumpul setiap hari. Tentu hal ini harus didukung dengan ruang makan yang nyaman. Salah satu komponen pada ruang makan yang paling penting dalam momen makan bersama adalah ukuran meja makan.

Pinhome – Tidak semua rumah memiliki ukuran meja makan yang standar. Padahal meja makan harus menampung setiap lauk lezat untuk keluarga, serta menjadi tempat berkumpul saat makan bersama. Bagi Pins yang penasaran, simak yuk beragam ukuran meja makan mulai dari yang standar lewat ulasan berikut ini!

Pentingnya Menggunakan Meja Makan Ukuran Standar

(Pinterest)

Meja makan akan digunakan sebagai tempat meletakkan berbagai hidangan lezat, serta menjadi tempat berkumpulnya keluarga saat makan. 

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan meja makan dengan ukuran standar, supaya meletakkan hidangan untuk keluarga menjadi lebih mudah, dan keluarga nyaman saat makan di meja makan. 

Sayangnya, tidak semua meja makan menggunakan ukuran standar. Terdapat banyak aturan yang mengatur standar panjang, lebar dan tinggi kursi dari meja makan. 

Terlebih, meja makan harus dibuat satu set dengan kursi, supaya ukuran kursi juga sesuai dengan meja makan yang dibuat. Hal ini juga berkaitan dengan kenyamanan saat duduk di meja makan.

Ukuran Standar Meja Makan

(Pinterest)

Pada ukuran meja makan, umumnya memiliki tinggi sekitar 76 cm sampai 80 cm dari permukaan lantai. Namun pada beberapa model yang lebih santai, tinggi meja makan juga dibuat lebih pendek dengan ketinggian sekitar 70-75 cm.

Umumnya, meja makan memiliki kolong meja terbuka, sehingga kaki pengguna bisa diletakkan di kolong meja saat makan. Tidak hanya itu, kolong meja yang terbuka juga membuat kursi makan bisa dimajukan ke dalam kolong meja saat selesai makan. 

Hal ini akan membuat kursi dan meja makan lebih rapi. Meja makan standar memiliki tinggi kolong bersih sekitar 10-12 cm di bawah tinggi meja atau sekitar 68 sampai 70 cm.

Kemudian untuk panjang dan lebar meja makan ini disesuaikan kembali dengan kapasitas meja yang bisa menampung berapa banyak orang. Meja makan ini juga memiliki berbagai bentuk mulai dari lingkaran, persegi, persegi panjang, oval dan masih banyak lagi. 

Namun untuk meja makan dengan kapasitas dua orang yang duduk berhadapan, maka ukuran meja makan standar yang dibutuhkan sebesar 60×60 cm dengan ukuran persegi. 

Sedangkan meja makan untuk 4 orang dengan ukuran persegi dibutuhkan ukuran 36-48 inci dan 60×60 inci untuk kapasitas 6 orang. Jika Pins memiliki keluarga dengan jumlah yang besar, Pins bisa menggunakan ukuran meja yang lebih besar juga. 

Kapasitas meja 8 orang umumnya memiliki ukuran 72×72 inci untuk meja berbentuk persegi.

Baca juga: Desain Meja Makan Minimalis Dengan 4 Kursi

Ukuran Standar Kursi Makan

(Pinterest)

Jika mengikut standar, ukuran kursi makan umumnya sebesar 46 cm sampai 50 cm dari lantai ke bantalan kursi. Hal ini memang hampir mirip dengan kursi kerja atau kursi untuk meja belajar. 

Perlu diingat, umumnya kursi makan lebih tinggi dari pada sofa atau kursi santai, karena orang harus duduk dengan sempurna saat makan di meja makan. Jadi, ketinggian kursi makan benar-benar harus diukur supaya anggota keluarga bisa makan dengan nyaman di meja makan. 

Pada kelebaran kursi makan, juga tidak terlalu lebar. Jadi bantalan kursi dengan sandaran dibuat sekitar 45 cm hingga 55 cm. Kemudian untuk sandaran kursi, tidak perlu dibuat terlalu tinggi. 

Sandaran umumnya dibuat ¾ punggung, supaya punggung pengguna bisa bersandar dengan nyaman di kursi. Tinggi sandaran kursi makan rata-rata adalah sebesar 45 cm – 60 cm.

Perlu dicatat, bahwa kursi makan jarang sekali menggunakan lengan kursi (arm chair). Hal ini karena kursi makan akan dimajukan ke dalam bawah meja ketika pengguna telah selesai makan. 

Namun jika Pins ingin menggunakan kursi yang terdapat sandaran tangan, umumnya tinggi sandaran tangan untuk kursi makan berkisar antara 19 cm sampai 25 cm.

Baca juga: Contoh Meja Makan Marmer Terbaik Dengan Desain Mewah

Jarak Kursi dan Meja Makan

(Pinterest)

Jika kamu telah selesai menentukan ukuran kursi dan meja makan, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari jarak kursi dan meja makan. Penting untuk menata jarak antara kursi dan meja. 

Umumnya aturan ini menggunakan metode role of thumb (aturan ibu jari) yang sebenarnya tidak baku maupun tertulis. Namun nyatanya, di lapangan banyak sekali orang yang menerapkan peraturan ini lho! Bagaimana aturannya? Ini dia!

  • Berikan jarak 25 cm – 30 cm antara kursi makan dengan meja makan sebagai sirkulasi bangu dan duduknya pengguna di meja makan.
  • Berikan jarak 18 cm – 20 cm di antara kursi agar saat makan, tangan pengguna tidak bersentuhan dengan orang di sebelahnya.
  • Setiap pengguna mendapatkan ruang lebih sebesar 60 cm sampai 75 cm di meja makan untuk menghindari bersenggolan satu sama lain.
  • Pada meja makan persegi panjang, maka tambahkan 25 cm – 30 cm jika ada yang duduk di kepala dan kaki meja (duduk di ujung meja makan dengan arah melintang).
  • Beri jarak setidaknya 80 cm sampai 90 cm antara meja makan dengan dinding atau perabotan lain di ruang makan sebagai sirkulasi bergerak.

Itulah informasi mengenai ukuran meja makan standar yang bisa kamu terapkan di rumah, supaya kegiatan makan bersama keluarga menjadi semakin nyaman. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel