BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Dapur Minimalis 2×2 untuk Lahan Mungil
0
0

10 Desain Dapur Minimalis 2×2 untuk Lahan Mungil

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Agu 11, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
desain dapur minimalis 2x2top-right-banner

Siapa bilang rumah berukuran kecil, seperti Puri Tenjo, tidak bisa punya desain dapur minimalis yang super menarik? Faktanya, ada beragam desain dapur minimalis 2×2 untuk lahan sempit yang bisa jadi pertimbangan. Pins juga tidak perlu khawatir karena rumah seken di Bogor dan sekitarnya akan tampak lapang dan berfungsi dengan baik.

Terlebih lagi, menata dapur di rumah yang mungil bisa menambah estimasi nilai properti kamu, lho. Lantas, apa saja desain dapur minimalis di lahan yang sempit yang bisa jadi pertimbangan? Simak inspirasinya di sini!

Rekomendasi Desain Dapur Minimalis 2×2

Di bawah ini telah terkumpul beberapa desain dapur minimalis 2×2 untuk lahan mungil yang cocok diaplikasikan di rumah minimalis Pins. Yuk kita simak bersama!

Baca juga: 15 Desain Dapur Kecil dan Tips Agar Terlihat Lebih Luas

1. Desain Dapur Minimalis Ruang Belakang Rumah

desain dapur minimalis 2x2
Source : berita konstruksi

Desain dapur minimalis 2×2 meter untuk lahan mungil yang pertama memanfaatkan area kosong ruang belakang. Area dapur ini memanfaatkan ruang kosong antara pintu belakang dan kamar mandi. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri. Pasalnya, ketika memasak, asap masakan akan langsung keluar dari jendela belakang.

Selain itu kamu juga bisa langsung dengan mudah mengakses kamar mandi di sebelah kanan. Pemanfaatan storage di bagian bawah kompor serta di atas kitchen sink bisa menjadi terobosan bagi Pins yang mendambakan suasana dapur lebih simpel dan sederhana.

2. Desain Dapur Minimalis dengan Storage di Atas

Source : berita konstruksi

Pemanfaatan ruang bagian atas biasanya adalah opsi paling tepat untuk membuat storage. Area storage merupakan ruang penyimpanan barang seperti piring, mangkok, dan perabotan dapur lainnya. 

Pada dasarnya ini adalah cara cerdas menata dapur apabila area yang Pins miliki untuk dapur minimalis adalah 2×2 meter saja. 

Di bagian bawah kitchen sink kamu bisa memanfaatkannya sebagai ruang untuk oven, aliran air dari wastafel, atau tempat meletakkan sabun cuci piring dan lantai.

3. Desain Dapur Minimalis Menyatu Dengan Meja Makan

Source : informazone

Pada praktiknya, pemanfaatan ruang untuk dapur bisa digabungkan dengan area makan. Apabila memiliki area rumah yang tidak lapang, strategi ini sangat pas untuk kamu aplikasikan. Manfaatkan meja makan berbentuk mini bar lalu area masak bisa berada di seberangnya. 

Selain itu, untuk mempermanis area dapur Pins bisa menggunakan elemen kayu sebagai bahan meja, kursi dan pintu storage di bawah tempat cuci piring. Tambahkan juga tanaman indoor seperti tanaman lidah mertua untuk menyerap racun di sekeliling dapur.

4. Desain Dapur Minimalis Letter L

desain dapur minimalis 2x2
Source : informazone

Area dapur yang sempit bisa kamu siasati dengan membuat dapur letter L. Letak dapur bisa Pins posisikan di pojok belakang rumah dan memanfaatkan sudut tersebut. Desain dapur minimalis 2×2 meter ini masih memanfaatkan area atas sebagai tempat penyimpanan barang.

Kelebihan ruangan dapur yang mini seperti ini adalah Pins akan hemat dari segi penerangan. Hal ini karena lampu yang kamu gunakan tidak banyak. Kamu hanya perlu memanfaatkan lampu hemat energi dengan ukuran yang besar agar mampu menerangi seluruh area dapur.

Baca juga: 37 Desain Dapur Terbuka Minimalis yang Menarik

5. Desain Dapur Minimalis Kotak Dengan Partisi

Source : rupawon

Desain dapur ukuran 2×2 meter selanjutnya adalah seperti gambar di atas. Kamu bisa menonjolkan keberadaan dapur modern dengan partisi dari tembok yang dicat dengan biru yang menawan. Ini akan memperlihatkan kepada siapapun yang berkunjung ke rumah Pins bahwa area dapur ada di posisi tersebut. 

Bagian meja di seberang kitchen sink bisa menjadi meja mini bar, dan juga di bawahnya bisa menjadi ruang penyimpanan barang. Kamu bisa mendesain area ini lebih estetik dengan tampilan seperti bar coffee shop, lengkap dengan hiasan dinding, lampu dan tata penyusunan bumbu dapur yang rapi.

6. Desain Dapur Minimalis Letter U

desain dapur minimalis 2x2
Source : rupawon

Ketika Pins bingung untuk membangun sebuah dapur di ruangan yang mini, cobalah dapur dengan letter U, atau dapur dengan membentuk huruf U. Ini benar-benar menghemat ruang gerak.

Kamu bisa sekaligus meletakkan perabotan listrik seperti oven dan kulkas yang dekat dengan kompor, meja dapur dan wastafel. 

Penempatan jendela lagi-lagi juga menjadi trik untuk memberikan suasana lega agar tidak penat. Storage di bagian bawah pun masih tetap menjadi andalan untuk menyimpan banyak barang. 

7. Desain Dapur Minimalis Warna Putih

Source : informazone

Cat warna putih memang mempunyai kekuatan magic untuk membuat ruangan terlihat lebih lapang. Inilah yang akan kamu lihat dari kondisi desain dapur minimalis 2×2 meter di atas. Pemanfaatan pojok ruangan yang diisi dengan kompor, dispenser serta wastafel secara berdekatan masih memberikan fungsi optimal bagi area dapur tersebut. 

Trik jitu yang dimiliki desain dapur di atas adalah pencahayaan. Lokasi dapur sengaja diberikan jendela agar sumber pencahayaan bagus sehingga tidak membuat ruangan penat. Jendela tersebut juga berfungsi untuk ventilasi udara ketika Pins memasak.

Baca juga: Inspirasi Desain Beserta Tips Desain Dapur Minimalis Paling Indah dan Mewah

8. Desain Dapur Minimalis Mini

desain dapur minimalis 2x2
Source : Dekoruma

Apabila mempunyai ruang atau luas area rumah yang terbilang kecil, kamu memang perlu berputar otak untuk memanfaatkan segala tempat. Seperti gambar di atas, kamu akan menemukan betapa sempitnya ruang tersebut namun masih bisa berfungsi dengan baik sebagai dapur rumah.

Dapur ini masih memanfaatkan storage di bawah kitchen sink. Hal yang perlu Pins pahami ketika mempunyai dapur yang mini adalah jangan terlalu banyak menyimpan atau membeli perabotan dapur. Pastikan kamu membeli peralatan dapur sesuai kebutuhan.

Hal ini bertujuan agar kamu tidak terlalu banyak menimbun barang yang akhirnya membuat rumah makin sempit. Perhatikan saja kulkas yang dipilih pada desain dapur di atas adalah kulkas mini yang juga tak kalah berperan dalam rumah tangga seperti kulkas reguler.

9. Desain Dapur Minimalis Estetik

Source : informazone

Walaupun dapur kamu berada di area yang mini, namun masih bisa dibentuk dengan apik kok, Pins. Dapur minimalis yang instagramable pun masih bisa kamu dapatkan di area 2×2 meter. Pins bisa meletakkan area kompor, meja dapur untuk kebutuhan memotong serta wastafel dalam satu area.

Selain itu Pins juga bisa melihat bagian storage di bawah. Nah, untuk mempercantik ruangan agar kamu bisa makin kreatif dalam memasak, tambahkan tanaman indoor hidup dan sintetis pada area dapur. Dapur akan terlihat lebih segar. Penggunaan cat putih pun makin menegaskan kesan lapang pada area di atas.

10. Desain Dapur Minimalis Memanjang

Source : berita konstruksi

Apabila tidak mempunyai sudut rumah yang bisa dimanfaatkan untuk membentuk dapur letter U atau L, tidak ada salahnya merancang dapur dengan bentuk memanjang. 

Area memasak dan mencuci piring berada dalam satu jalur. Selain itu, lokasi meja makan pun dekat dengan area memasak sehingga memudahkan kamu dalam beraktivitas. Penambahan desain art deco dengan balutan warna pastel membuat dapur semakin nyaman untuk ditinggali lama-lama.

Baca juga: Area Dapur Kamu Terbatas? Terapkan 11 Desain Dapur Sederhana Tanpa Kabinet Ini!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download