BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali 10 Tipe Ukuran Kamar Apartemen & Keunggulannya
0
0

Kenali 10 Tipe Ukuran Kamar Apartemen & Keunggulannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apartemen memiliki berbagai tipe disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Semakin luas ukuran kamar apartemen dan unitnya maka akan mempengaruhi harga hunian tersebut.

Ada 10 jenis tipe apartemen yang bisa Pins pilih. Berikut penjelasan setiap tipe dan standar ukurannya : 

Studio

ukuran kamar apartemen tipe studio tanpa sekat
Shutterstock

Ruangan apartemen studio memiliki standar 20-35 meter persegi. Apartemen studio tidak memiliki sekat kecuali untuk area kamar mandi. Umumnya digunakan oleh mahasiswa atau pekerja kantoran yang belum berkeluarga.

Satu ruangan apartemen studio memiliki area dapur, kamar tidur, area makan dan ruang TV tanpa dinding pemisah. Konsepnya open plan agar ruangan terkesan lebih luas walau lahannya terbatas.

Tipe apartemen ini juga sering disebut dengan apartemen tipe 21 atau studio flat. Lahannya yang terbatas membuat apartemen studio tidak memiliki banyak perabotan. Ruangan mudah dibersihkan dan biaya pengelolaannya cenderung rendah.

1 BR, 2 BR & 3 BR

ukuran kamar apartemen dengan ruang TV dan kamar tidur
Shutterstock

Tipe apartemen ini paling banyak tersedia di Indonesia. BR disini merupakan singkatan dari bedroom. Apartemen 1 BR memiliki 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur dan ruang tengah.

Ukurannya bervariasi namun umumnya berada di kisaran 25 meter persegi. Modelnya mirip dengan tipe studio yang mana kamar mandi terpisah sementara ruang tengah dan dapur menyatu. 

Tipe 2 BR dan 3 BR merupakan apartemen untuk keluarga. Desainnya mirip dengan denah rumah tapak karena menyediakan kamar tidur lebih banyak serta kamar mandi lebih dari satu.

Bagian dapur, ruang makan dan dapur menyatu namun ada pula yang dibuat terpisah. Ukuran kamar apartemen 2 BR rata-rata 30 meter persegi sementara 3 BR mencapai 85 meter persegi.

Baca juga :

Loft

Shutterstock

Apartemen loft nampak seperti dua lantai walaupun pada dasarnya memanfaatkan plafon tinggi untuk menambah lantai. Umumnya apartemen loft memakai konsep mezzanine yang mana pada lantai atas digunakan untuk ruang bersantai, bekerja atau tidur.

Loft muncul pertama kali pada era 80-90an yang diperuntukan bagi individu atau pasangan baru tanpa anak. Luas apartemen loft berkisar 1.000-2.000 meter persegi dengan langit-langit 10 kaki.

Area bawah difungsikan untuk area keluarga, dapur dan kamar mandi. Ruangan didominasi dengan jendela besar agar terkesan luas.

Duplex

penampakan ukuran kamar  apartemen duplek alias berlantai dua
Shutterstock

Jenis apartemen ini terbilang jarang ditemukan di tanah air. Apartemen berupa dua unit berdempetan dalam satu bangunan. Kedua unit dapat berdampingan secara vertikal maupun horizontal.

Tipe ini berbagai satu halaman dan lahan serta bisa digunakan dua keluarga sekaligus. Luasnya sekitar 100 meter persegi dengan tinggi langit-langit minimum 2.5 meter.

Bangunan memiliki dua pintu terpisah sehingga setiap penghuni memiliki pintu masuk masing-masing. Unit dua lantai terhubung dengan tangga maupun lift dengan ruang bawah memiliki tingkat rendah.

Triplex & Fourplex

Shutterstock

Unit triplex merupakan bangunan tiga unit yang berdempetan dalam satu bangunan. Ruangan lebih banyak sehingga dapur, ruang keluarga dan ruang makan bisa terpisah.

Apartemen fourplex terdiri atas empat unit yang berdempetan dalam satu bangunan. Biasanya dihuni oleh beberapa keluarga sekaligus karena  kamar lebih banyak dan luas.

Area kamar tidur biasanya berada di lantai atas. Jarak setiap ruangan cukup luas dan sering digunakan sebagai tempat furniture.

Baca juga :

Classic Six

Freepik

Unit classic six sangat populer di kawasan Eropa dan Amerika Serikat. Apartemen memakai bangunan tua yang masih kokoh sebagai hunian. Terdiri atas 3 kamar dengan ukuran cukup luas.

Dapurnya cenderung besar dengan 3 kamar tidur sehingga cocok untuk keluarga. Kamar tidur lebih kecil biasa dipakai untuk kamar pembantu yang letaknya di luar dapur.

Dalam satu unit ini memiliki dua kamar mandi serta ruang cuci terpisah. Sementara dapur, ruang makan dan tamu menyatu alias tanpa sekat. 

Alcove

Freepik

Ukuran kamar apartemen alcove lebih besar daripada studio. Bentuknya letter L dengan kamar tidur berada pada belokan tersebut. Area tempat tidur dipisahkan dengan tembok sementara dapur dan ruang tamu tidak memiliki sekat.

Convertible

gambaran ukuran kamar apartemen convertible dengan TV
Freepik

Pada dasarnya apartemen convertible tak jauh berbeda dengan alcove. Ruangan kamar tidur dan ruang tengah dipisah dengan partisi. Pada apartemen alcove tidak bisa dipasang partisi karena ruangan tidak begitu luas.

Kamar tidur dirancang lebih privat bahkan bisa menempatkan TV pada dinding yang menjorok ke dalam. Desain dinding seperti ini juga mampu menghemat tempat.

Garden

ukuran kamar apartemen tipe garden yang menghadap langsung ke taman
Freepik

Tipe apartemen berada di lantai dasar dan mendapatkan akses langsung ke ruang luar pribadi serta menghadap ke taman. Ada pula apartemen garden pada apartemen low rise dengan taman maupun halaman luas.

Baca juga :

Penthouse

ukuran kamar apartemen penthouse yang berada di lantai paling atas
Unsplash

Lokasi apartemen ini berada di lantai teratas gedung apartemen. Unitnya terbatas dan eksklusif serta memakai satu lantai penuh. Istilah lainnya adalah griya tawang dengan akses rooftop.

Satu penthouse bisa berada di kisaran angka belasan miliaran terlebih di kota besar. Ukuran kamar apartemen ini mampu mencapai hingga 300 meter persegi. 

Dalam satu unit saja bahkan mampu menampung 20 orang sekaligus. Didukung pula dengan bahan material mewah seperti pemakaian marmer untuk dinding maupun lantainya.

Ukuran kamar apartemen menjadi pertimbangan dalam memilih hunian. Selain itu memberi pengaruh besar pada harga apartemen tersebut. Ruangan yang luas mampu memuat lebih banyak orang dan perabotan rumah tangga.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image : Unsplash

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download