BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Trik Jitu Desain Balkon Apartemen Kecil
0
0

10 Trik Jitu Desain Balkon Apartemen Kecil

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Balkon bisa mempercantik apartemen sekaligus penanda unit yang Pins tinggali. Desain balkon apartemen mempertimbangkan luasnya dan view yang ditawarkannya.

Desain balkon apartemen juga harus mempertimbangkan keamanan dengan railing yang kokoh dan tinggi. Fungsi balkon sendiri mampu memperluas ruangan serta bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan. 

Bermain Pola & Warna

Pexel

Balkon sempit harus memegang kunci minimalis. Dekorasi berlebihan akan membuat lahan terasa semakin sempit. Tentukan dulu konsep yang ingin diusung pada balkon.

Desain balkon apartemen dengan bermain pola dan warna. Warna putih atau pastel bisa mengesankan ruangan terasa lapang. Selain dari segi warna, pola garis juga menciptakan ilusi lebih luas pada ruangan.

Andalkan palet warna netral agar mudah menyesuaikan dengan furniture yang Pins gunakan. Sementara tampilan pagar balkon bisa memakai warna gelap sebagai penegas. Dengan begitu balkon terlihat cantik dan eksentrik.

Baca juga :

Manfaatkan Dinding Balkon

desain balkon apartemen dengan rak dinding
Unsplash

Apartemen umumnya memberikan luas balkon yang tidak begitu luas. Lebar rata-ratanya sekitar 1-15 meter sementara pada rumah bisa mencapai lebih dari 1.5 meter.

Ini artinya balkon tidak bisa memuat banyak furniture. Jika Pins ingin membuat desain balkon apartemen untuk bersantai manfaatkan dindingnya. Pins dapat membuat rak dinding sebagai tempat buku maupun tanaman.

Rak minimalis ini bisa menggunakan pintu atau terbuka. Posisikan rak pada ketinggian yang mudah untuk Pins jangkau. Rak bisa memakai material kayu maupun metal karena kuat dan mudah dibentuk.

Meja Minimalis

desain balkon apartemen dengan meja dan kursi minimalis
Unsplash

Pins bisa meletakan meja minimalis di balkon agar semakin cozy nongkrong disini. Gunakan meja rendah sehingga balkon tidak terasa sumpek. Meja rendah cocok sekali untuk balkon dengan tema lesehan.

Jika tak menyukai gaya lesehan gunakan meja dan kursi lipat. Saat tidak digunakan meja kursi bisa disimpan kembali di sudut balkon. Balkon tidak berantarakan dan tetap rapi.

Gunakan Daybed

Decoist

Daripada memakai sofa  Pins bisa menggunakan daybead atau lounge. Daybed merupakan tempat duduk panjang dengan tangan dan sandaran. Sofa seperti ini sangat nyaman untuk bersandar sehingga sering dijadikan tempat tidur tambahan.

Daybed sangat pas untuk balkon karena Pins bisa langsung melihat pemadangan luar sambil rebahan. Tambahkan cushion untuk menambah kenyamanan. Posisi daybed dapat diletakan di ujung balkon atau menghadap langsung ke railing.

Kursi Gantung

desain balkon apartemen dengan kursi gantung
Pexels

Kursi gantung dari rotan sintetis sering diletakan di balkon apartemen. Furniture ini cocok untuk desain balkon apartemen bergaya santai. Kursi gantung juga sangat nyaman untuk berbaring karena posisi tubuh vertikal sehingga lebih rileks.

Sesuaikan kursi gantung  dengan penggunaannya. Ada beberapa tipe kursi gantung yakni tipe standing dan suspended. Jenis suspended mudah dipasang di mana saja. Tinggi rendahnya bisa diatur sesuai keinginan penggunanya.

Tipe suspended bisa dilipat sehingga praktis jika ingin menyimpannya. Tipe ini bisa Pins gantung di langit-langit ruangan. Adanya kursi gantung di apartemen juga bisa menjadi area bermain anak-anak.

Apalagi ukurannya ada yang single dan double. Bahan kursi dari kanvas sering dipilih karena tahan air dan kuat. Sedangkan bahan mesh memberikan sirkulasi udara yang baik dan terasa sejuk.

Gelar Karpet

desain balkon apartemen dengan memakai karpet
Unsplash

Untuk mempertegas area balkon yang menjurus langsung ke kamar tidur dapat memakai karpet. Karpet bahan plastik sering dipilih karena anti air dan tidak licin. Selain itu mudah untuk dibersihkan daripada bahan lainnya.

Motif karpet juga beragam serta tidak menyerap noda. Karpet plastik cocok untuk balkon karena langsung berhadapan dengan area luar. Ini artinya debu dan kotoran lainnya mudah mengenai karpet.

Ukuran karpet dapat Pins sesuaikan dan harganya relatif terjangkau. Ditambah lagi bila disentuh terasa sejuk sehingga nyaman ketika dipijak maupun digunakan sebagai alas dudukan.

Tambahkan Kanopi

desain balkon apartemen dengan kanopi
Unsplash

Desain balkon apartemen biasa tidak dilengkapi dengan kanopi. Apalagi pada apartemen dengan unit kecil. Hal ini ditengarai area balkon hanya dipakai untuk menjemur pakaian saja.

Berikan perlindungan dengan memanfaatkan kanopi. Pins dapat memakai kanopi kain agar melindungi diri dari teriknya matahari. Pemasangan kanopi kain sederhana sehingga tak membutuhkan keahlian khusus.

Balcony Bar

Pinterest

Beberapa orang suka sekali minum kopi atau menyambut pagi dengan duduk di balkon. Area balkon yang tak terlalu luas membatasi pemakaian furniture. 

Gunakan balcony bar yakni meja yang langsung menempel di railing balkon. Meja ini memanjang seperti pada bar lengkap dengan kursi tanpa pegangannya.

Baca juga :

Beri Kesan Hijau

desain balkon apartemen dengan tanaman gantung
Pexels

Jangan lupa beri kesan hijau dengan menambahkan tanaman. Pins bisa membuat plant hanger untuk menghemat tempat. Tanaman digantung secara vertikal berjejer memanjang sehingga terlihat seperti dinding terbatas.

Tanaman juga langsung mendapatkan sinar matahari yang cukup karena posisinya langsung menghadap ke luar. Selain itu tanaman gantung bisa menjadi dekorasi yang cantik pada balkon sempit.

Baca juga : Mengenal Apartemen Penthouse & Kelebihannya

Pencahayaan Tambahan

Unsplash

Beri pencahayaan tambahan dengan lampu hias warna-warni. Pastikan instalasi listrik aman dan dirancang untuk luar ruangan. Dengan begitu keamanan tetap terjaga saat beraktivitas di balkon.

Desain balkon apartemen kecilpun tetap bisa cantik dan nyaman tanpa mengesampingkan keamanan. Area ini bisa menjadi tempat bermain anak selama beraktivitas di dalam apartemen. Bagaimana tertarik untuk menghias balkon Pins sekarang ?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image : Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download