10 Inspirasi Kaligrafi Simple Untuk Hiasan Ruangan

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ October 31, 2022 ∙ 7 menit membaca

Menghias rumah sebagai tempat tinggal adalah hal yang penting dilakukan karena rumah harus memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Dalam menghias rumah, ada banyak cara yang dapat Pins lakukan. Mulai dari memilih cat rumah, hingga memasang hiasan kaligrafi simple pada dinding ruangan.

Mendengar kata kaligrafi atau calligraphy, pasti Pins langsung teringat dengan tulisan Arab yang indah dan menawan. Jika mengingat kaligrafi, mungkin Pins bisa menemukannya di dinding-dinding masjid. Lukisan atau gambar kaligrafi kini sudah terkenal hampir di setiap penjuru negara. 

Dengan tulisan Arab yang berlekuk indah menjadikan calligraphy sebagai seni yang cocok untuk menghias ruangan rumah. Namun sebelum itu, mari kenali lebih lanjut tentang seni calligraphy dan berbagai jenisnya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Hiasan Dinding Sederhana untuk Dekorasi Rumah

Mengenal Seni Kaligrafi

(Pinterest)

Kaligrafi adalah salah satu seni tulis yang menuliskan suatu teks dengan tulisan yang berbentuk lukisan indah. Dalam aplikasi seni kaligrafi menggunakan alat-alat seperti kuas, pena, dan alat tulis seni lainnya yang dapat diterapkan pada suatu media tertentu. 

Dahulu kala, penulisan calligraphy dituangkan pada media tulis kertas papyrus. Seiring perkembangan zaman, seni calligraphy beralih ke media yang lebih bervariasi seperti kanvas, dinding, keramik, kain sutra, dan lain-lain. 

Beralih kepada sejarah asal mula seni calligraphy, pertama kali calligraphy diaplikasikan pada abad ke-16 masehi. Pada saat itu, seni calligraphy pertama kali dituliskan dalam bentuk risalah dengan gaya tulisan yang berformula dalam bentuk baku. 

Beberapa contoh calligraphy yang dituangkan pada risalah yaitu Al-Qur’an dan syair-syair Islam dengan gaya calligraphy dari berbagai aliran. Pada saat itu calligraphy memegang peran penting dalam perkembangan kebudayaan Islam.

Seni calligraphy tidak hanya menggunakan tulisan Arab saja, variasi dan aplikasinya tidak terbatas, dapat menggunakan jenis tulisan dari negara manapun, dan juga dapat diaplikasikan pada media seni tulis apapun.

Jenis Kaligrafi Islam

kaligrafi simple
(Pinterest)

Dalam kaligrafi Islam, ada beberapa jenis tulisan yang mendeskripsikan bentuk dan gayanya. Dari setiap jenis calligraphy tersebut mempunyai bentuk huruf yang berbeda dan fungsi yang berbeda juga. Berikut ini beberapa jenis calligraphy Islam beserta penjelasannya. 

Kaligrafi Khat Riq’ah

Jenis calligraphy Arab yang pertama adalah Riq’ah yang berarti tambalan. Dahulu kala jenis calligraphy yang satu ini menggunakan kulit hewan yang sudah dipotong atau menggunakan potongan kayu sebagai media tulisnya. 

Jenis calligraphy ini berasal dari bangsa Turki Usmani yang pada saat itu dipimpin oleh Sultan Abdul Majid Khan tahun 1280 hijriyah. Kaligrafi Riq’ah ini biasa digunakan oleh bangsa Turki Usmani karena jenis ini merupakan yang terbilang paling mudah dan cepat untuk dituliskan. 

Kaligrafi Khat Naskhi

Jenis calligraphy Islam selanjutnya adalah calligraphy khat naskhi. Kaligrafi ini adalah jenis yang menggunakan antonim huruf dengan yang ditulis pada Al-Qur’an. Arti dari calligraphy naskhi sendiri adalah menghapus, di mana jenis calligraphy ini untuk pengganti khat kufi yang merupakan calligraphy tertua di Arab. 

Ciri dari calligraphy yang satu ini memiliki penulisan huruf yang tidak menumpuk, tidak terlalu rapat, dan lebih mudah untuk dibaca. Kaligrafi ini sering dijumpai pada media umum seperti pada buku, majalah, dan media lain yang dibaca orang umum.

Kaligrafi Khat Farisi

Kaligrafi Islam yang berjenis khat farisi ini adalah calligraphy yang pertama kali berkembang di Persia, tepatnya yang sekarang bernegara Iran, Pakistan, dan Turki. Ciri-ciri dari calligraphy khat farisi ini memiliki bentuk tulisan yang ditulis miring ke bawah, dari kanan ke kiri. Jenis calligraphy ini juga kerap dapat ditemukan pada media cetak umum seperti majalah dan surat kabar.

Baca juga: 13 Dekorasi Ramadhan Simple yang Pastinya Membuat Hunian Syahdu

Inspirasi Kaligrafi Simple untuk Hiasan Ruangan

Menghiasi ruangan dengan ornamen calligraphy adalah pilihan yang tepat. Seperti pada masjid atau mushola yang memiliki dinding-dinding indah dengan lukisan calligraphy Islam. Nah, berikut ini adalah beberapa inspirasi hiasan calligraphy untuk ruangan rumah. 

Kaligrafi Simple Asmaul Husna

kaligrafi simple
(Pinterest)

Contoh hiasan kaligrafi pertama yang dapat Pins gunakan untuk mempercantik ruangan adalah calligraphy dengan kalimat asmaul husna atau nama-nama Allah SWT. Pins dapat menggunakan bingkai foto yang kemudian diisi dengan kertas yang bertuliskan 99 asmaul husna.

Dengan nama-nama Allah SWT yang banyak dan beragam, menjadikan ornamen hiasan calligraphy ini pilihan yang cocok untuk menghiasi ruangan di rumah Pins. 

Kaligrafi Simple Ayat Kursi

kaligrafi simple
(Pinterest)

Ornamen hiasan kaligrafi yang satu ini berisikan ayat kursi yang bersumber dari ayat Qur’an dalam tulisan Arab. Bagi Pins yang ingin menghiasi rumah dengan nuansa Islami dengan mengesakan Allah SWT melalui ayat Al-Qur’an, ornamen calligraphy dengan ayat kursi ini adalah hiasan yang cocok untuk ruangan Pins.

Ornamen ini dapat terlihat sangat cantik dengan perpaduan warna yang lembut. Jika Pins ingin memasang hiasan ini dinding rumah, Pins dapat menggunakan bingkai sebagai penyangganya. 

Kaligrafi Simple Ayat Al-Qur’an Besar

kaligrafi simple
(Pinterest)

Contoh ornamen hiasan calligraphy berikutnya adalah yang berisikan ayat Al-Quran. Kaligrafi pada hiasan ini bertuliskan ayat Al-Qur’an dengan ukuran yang besar. Ayat Al-Qur’an yang digunakan untuk ornamen ini adalah satu ayat penuh yang biasa berisikan tentang amalan baik atau ayat yang melambangkan kebesaran Allah SWT.

Baca juga: Tips Mendekorasi Kamar Tidur dengan Barang Bekas

Kaligrafi Simple Untuk Ruang Tamu

kaligrafi simple
(Pinterest)

Selanjutnya adalah kaligrafi untuk ruang tamu. Ruang tamu merupakan salah satu tempat yang paling mencolok dan menjadi pusat perhatian untuk para tamu yang datang ke rumah. Tak heran jika banyak orang yang memasang hiasan kaligrafi pada dinding ruang tamu.

Pins bisa meletakkan kaligrafi berukuran besar dan memanjang di antara dua kursi pada ruang tamu. Untuk mempercantik ruangan, Pins juga bisa menambahkan meja hias dan beberapa dekorasi di atas meja tersebut agar tampilan ruang tamu menjadi lebih mengagumkan.

Kaligrafi Simple Untuk Kamar Tidur

(Pinterest)

Selain ruang tamu, pins juga bisa meletakkan hiasan calligraphy sebagai dekorasi kamar tidur. Pins bisa memilih calligraphy berupa ayat-ayat suci Al-qur\’an dan sebagainya. Selain mampu mempercantik kamar tidur, hiasan calligraphy pada kamar tidur ini juga mampu memberikan kesan ketenangan saat Pins berada di sana.

Kaligrafi Simple Untuk Ruang Minimalis

kaligrafi simple
(Pinterest)

Jika Pins memiliki ruangan minimalis, Pins bisa menggunakan calligraphy dengan bentuk persegi panjang seperti pada gambar di atas. Hiasan kaligrafi model ini mampu memberikan kesan yang lebih luas pada ruangan minimalismu di rumah.

Dekorasi Kaligrafi Terpisah

(Pinterest)

Jika sebelumnya kamu sudah melihat berbagai dekorasi calligraphy dinding dengan satu bingkai, sekarang kami akan memberikan inspirasi calligraphy dengan 3 bingkai terpisah seperti pada gambar di atas. Sebagai inspirasi, Pins bisa menggunakan kalimat bismillahirohmanirohim, lahfaz Allah SWT, dan lahfaz nabi Muhammad SAW.

Dekorasi Kaligrafi Modern Mewah

(Pinterest)

Berbicara tentang mewah tentu tak pernah lepas dari warna keemasan. Jika Pins ingin menambah kesan mewah pada ruangan, mungkin inspirasi calligraphy yang satu ini cocok untuk Pins pilih. Gunakan aksen gold dengan finishing yang nampak berkilau untuk hiasan calligraphy dinding mewah di rumahmu!

Dekorasi Kaligrafi Simple Hitam

kaligrafi simple
(Pinterest)

Untuk para penggiat desain rumah monokrom, mungkin calligraphy yang satu ini cocok untuk kamu gunakan di rumah. Desain simpel dengan warna hitam dan tulisan putih tentunya akan sangat cocok jika dipadukan dengan warna ruangan monokrom yang netral.

Dekorasi Kaligrafi Ala Turki

kaligrafi simple
(Pinterest)

Rekomendasi selanjutnya adalah calligraphy model Turki. Desain ala turki ini memang kerap menjadi pilihan favorit sebagai hiasan rumah. Mulai dari karpet, hingga pajangan dinding ala Turki bisa kamu gunakan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah.

Itulah informasi mengenai calligraphy yang dapat dijadikan sebagai hiasan ruangan rumahmu beserta jenis yang biasa digunakan dalam penulisannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Pins untuk menghias ruangan!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen 

Editor: Syahya Rembulan

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial 9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki rumah idaman

Finansial
Finansial Cicilan DP Rumah Sebaiknya ke Developer atau Bank Ya?

Sekarang, bank bukan lagi menjadi satu-satunya tempat yang menawarkan uang muka tanpa bunga atau ci

Finansial
Finansial Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan untuk KPR BTN

Membeli rumah dengan KPR, misalnya di Bank BTN membuat kamu wajib melakukan pembayaran cicilan seti

Gadget
Gadget 9 Cara Membuat PowerPoint di HP, Lengkap dan Mudah

Membuat presentasi dadakan akan sangat mudah jika dilakukan lewat HP. Hal ini dapat dilakukan tanpa

Finansial
Finansial Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Cara KPR rumah bekas tanpa DP kini jadi incaran karena bisa jadi pilihan tepat untuk mereka yang in

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia