BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti5 Contoh Surat Somasi Tanah Karena Penyerobotan
0
0

5 Contoh Surat Somasi Tanah Karena Penyerobotan

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 6, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Contoh surat somasi penyerobotan tanah yang benar dan baik perlu Kamu perhatikan dengan teliti agar tidak keliru ketika Kamu ingin membuatnya. Jangan sampai, surat tersebut tidak sah di mata hukum. Pada artikel ini, Pinhome akan memberikan beberapa contoh surat somasi tanah karena penyerobotan.

Kasus penyerobotan tanah saat ini masih kerap kali terjadi di Indonesia. Hal ini masih bisa ditemukan di beberapa daerah karena berbagai alasan. Salah satunya karena lahan yang dibiarkan atau tanah yang terlantar dalam jangka waktu yang cukup panjang. Alhasil, pihak yang tidak bertanggun jawab dapat mengakui dan menempati tanah tersebut.

Source : Pixabay

Penyerobotan tanah dapat dilakukan dengan membangun rumah semi permanen atau memanfaatkan tanah tersebut tanpa persetujuan dari pemilik yang sah. Jika hal tersebut terjadi, salah satu cara yang dapat Kamu lakukan yaitu memberikan somasi. Somasi menjadi sebuah solusi karena memberikan sebuah peringatan kepada orang yang diduga melakukan penyerobotan tanah tersebut.

Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Apa Itu Penyerobotan Tanah?

Source : Pixabay

Penyerobotan tanah merupakan perbuatan melawan hukum dengan mengambil ataupun menempati tanah milik orang lain secara sewenang-wenang tanpa dapat membuktikan haknya. Penyerobotan tanah telah diatur di dalam KUHP dan Perppu 51/1960 tentang larangan pemakaian tanah tanpa izin yang berhak atau kuasanya.

Tindakan penyerobotan tanah ini bisa digolongkan sebagai suatu tindak pidana juga. Di dalam KUHP, penyerobotan tanah dijelaskan dalam pasal 385 dengan ancaman penjara maksimal empat tahun. Perbuatan penyerobotan tanah milik orang lain bisa dikenakan pasal 167 KUHPidana serta hukum perdata pasal 1365 dan pasal 1366. Jika hal ini terjadi, maka hal yang dapat Kamu lakukan yaitu mengajukan upaya somasi pada pihak yang menempati tanah tersebut.

Surat somasi (ingebrekestelling) merupakan istilah untuk sebuah peringatan atau teguran terhadap pihak calon tergugat pada proses hukum. Surat somasi merupakan sebuah langkah awal sebelum Kamu mengajukan gugatan hukum ketika orang tersebut tidak menyadari perbuatannya.

5 Contoh Surat Somasi Penyerobotan Tanah yang Benar

Source : Pixabay

Surat somasi menjadi salah satu langkah awal dalam penyelesaian konflik penyerobotan tanah. Namun, penyelesaian yang berhasil sering membutuhkan lebih dari sekadar proses hukum. Komunikasi yang terbuka, negosiasi harga beli properti yang cermat, dan kesediaan untuk mencari solusi yang adil seringkali menjadi kunci untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang paling memuaskan bagi semua pihak yang terlibat. Berikut ini beberapa contoh surat somasi penyerobotan tanah yang benar

1. Contoh Surat Somasi Penyerobotan Tanah

11 November 2022

Hal: Somasi Pertama

Yth. Bapak Asep Rosidin
di Tempat

Dengan hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Jajang Rachmat
Alamat: Kantor Hukum Jajang Rachmat dan Rekan Jalan Buah Batu No.66, Bandung

Sebagai advokat dan konsultan hukum bertindak atas nama klien kami Rendi Rizki yang beralamat di Jln. Antapani No. 3 Bandung, dengan ini menyampaikan surat somasi pertama kepada saudara berdasarkan Surat Kuasa tertanggal 8 November 2022 (terlampir).

Berkenaan dengan persoalan perebutan hak guna atas tanah dengan rincian:

Kompleks: Gunadarma Regency
Lokasi: Jalan
Luas tanah: 300 meter persegi

Bahwa tanah tersebut merupakan milik dari klien kami berdasarkan sertifikat kepemilikan tanah bernomor 15/SK/0478638/TNH.

Namun, saudara diduga secara sengaja telah membangun sebuah bangunan semi permanen seluas 36 meter persegi di atas tanah tersebut tanpa izin.

Atas dasar hal tersebut, klien kami mengajukan somasi kepada saudara untuk segera merobohkan bangunan tersebut karena secara sengaja dan tanpa izin menggunakan hak guna tanah klien kami.

Apabila dalam waktu 7 hari setelah surat somasi ini diterbitkan saudara tidak melakukannya maka klien kami akan mengajukan surat somasi kedua dan gugatan hukum perdata maupun pidana kepada pihak berwajib.

Demikian surat somasi ini, atas perhatinnya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kuasa Hukum

Jajang Rachmat, SH

2. Contoh Surat Somasi Penyerobotan Tanah

………, ………

Perihal: Somasi

Yth.
Bpk/Ibu ………

di ………

Yang bertanda tangan di bawah ini,

(Nama Kuasa Hukum) advokat dan konsultan hukum yang beralamat di ………, berdasarkan surat khusus tertanggal (tanggal dikeluarkannya surat somasi) bertindak untuk dan atas nama klien kami (nama dan identitas klien).

Sehubungan dengan adanya pengaduan dari klien kami (nama klien) yang menyatakan adanya dugaan tindakan penyerobotan tanah yang dilakukan saudara di atas tanah yang beralamat ………

Berdasarkan bukti-bukti, tanah tersebut merupakan milik dari klien kami ……… berdasarkan sertifikat kepemilikan tanah bernomor ………

Hal ini telah melanggar ketentuan undang-undang (Pasal ……… ) tentang ……….

Berdasarkan uraian di atas, kami selaku kuasa hukum memberikan SOMASI kepada saudara untuk:

  • Segera membongkar bangunan tersebut dan menyatakan permohonan maaf secara langsung kepada klien kami (nama klien) paling lambat 1×24 jam sejak surat ini diterima.
  • Memperingatkan saudara untuk tidak kembali membangun kembali bangunan tanpa alasan apa pun.

Apabila surat somasi ini diabaikan maka kami akan mengambil langkah hukum berupa pengaduan kepada pihak kepolisian.

Demikian surat peringatan ini kami sampaikan, atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kuasa Hukum

3. Contoh Surat Somasi Pertama Penyerobotan Tanah

SURAT SOMASI TANAH

Bandung,17 Agustus 2019

Perihal: Somasi Tanah 

Yth. Aldila Jelita

Di tempat 

Dengan hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dzikir Djajuli 

Alamat: Kantor Hukum Putera Sejahtera

Sebagai advokat serta konsultan hukum pada kesempatan ini bertindak atas nama klien kami Adira Diba yang bertempat tinggal di Jalan Angkasa Raya, dengan ini menyampaikan surat somasi pertama kepada Saudara Aldila Jelita berdasarkan surat kuasa pada 10 Agustus 2019. 

Berkenaan dengan masalah perebutan hak guna atas tanah dengan detail berikut:

Kompleks: Ratu Sejagat

Lokasi: Jln Angkasa Biru 

Luas Tanah: 500 m2

Bahwa tanah tersebut adalah hak milik klien dengan nomor sertifikat 1234 5678 4533. Namun, saudara justru membangun bangunan permanen dengan luas 300 m2 di atas tanah tersebut tanpa izin pemilik. 

Oleh karena itu, kami melayangkan somasi untuk saudara dengan merobohkan bangunan tersebut segera dalam waktu 1 minggu. Jika tidak dilakukan, maka kami akan melayangkan somasi kedua kepada pihak berwajib. 

Demikian surat somasi ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami, 

Kuasa Hukum

4. Surat Somasi Penyerobotan Tanah

Perihal: Somasi Penyerobotan Tanah

Yth.

Ibu Andin

Di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Andini Maria advokat dan konsultan hukum yang beralamat di Jalan Sudirman Purwokerto, berdasarkan surat khusus tertanggal 10 Februari 2000 bertindak untuk dan atas nama klien kami Muhammad Asta.

Sehubungan dengan adanya pengaduan dari klien kami Muhammad Asta yang menyatakan adanya dugaan tindakan penyerobotan tanah yang dilakukan saudara di atas tanah yang beralamat di Jalan Kartini Purwokerto.

Berdasarkan bukti-bukti, tanah tersebut merupakan milik dari klien kami Muhammad Asta berdasarkan sertifikat kepemilikan tanah bernomor 18/SK/0472435/TNH

Berdasarkan uraian di atas, kami selaku kuasa hukum memberikan SOMASI kepada saudara untuk:

1.   Segera membongkar bangunan tersebut dan menyatakan permohonan maaf secara langsung kepada klien kami (nama klien) paling lambat 1×24 jam sejak surat ini diterima.

2.   Memperingatkan saudara untuk tidak kembali membangun kembali bangunan tanpa alasan apa pun.

Apabila surat somasi ini diabaikan maka kami akan mengambil langkah hukum berupa pengaduan kepada pihak kepolisian.

Demikian surat peringatan ini kami sampaikan, atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kuasa Hukum

5. Contoh Surat Somasi

Source : Scribd

Itu dia beberapa contoh surat somasi penyerobotan tanah beserta penjelasannya. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download