Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana ∙ 14 August 2022 ∙ 7 menit membaca

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya penggunaannya pun berkaitan dengan teguran atau utang-piutang. Lalu, sebetulnya apa itu dan contoh surat somasi?

Nah, untuk mengetahui pengertian, fungsi, serta contoh surat somasi kamu perlu menyimak ulasan ini sampai selesai. Berikut dipaparkan beberapa contoh surat somasi perdata dan pidana yang bisa menjadi gambaran untukmu. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya!

1. Apa Itu Surat Somasi?

surat somasi
(Pxabay)

Sebelum membahas pengertian surat somasi, kamu perlu tahu dulu somasi itu apa. Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), somasi adalah teguran untuk membayar atau sebagainya. Lalu, Jonaedi Efendi dalam Kamus Istilah Hukum Populer menyebut bahwa somasi adalah teguran terhadap pihak calon tergugat. Lebih lanjut, Efendi juga menjelaskan bahwa somasi bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon tergugat untuk berbuat sesuatu atau menghentikan suatu perbuatan seperti tuntutan penggugat.

Dalam praktiknya, somasi tidak hanya mengenai penipuan atau ingkar janji, tapi juga tindakan melawan hukum lainnya. Misalnya penggelapan dana atau penipuan. Walau berisi teguran tapi sebetulnya somasi pun bisa menjadi penengah kedua pihak yang berseteru. Bahkan, bisa dibilang, somasi memberikan jalan agar masalah diselesaikan secara kekeluarga.

Nah, membaca ulasan di atas, maka surat somasi dapat disebut sebagai surat resmi berdasar hukum yang berisi teguran kepada pihak tergugat. Dasar hukum aturan somasi pun termuat dalam Pasal 1238 KUHP Perdata yang berbunyi, “Si berhutang adalah lalai, apabila ia dengan surat perintah atau dengan sebuah akta sejenis itu telah dinyatakan lalai, atau demi perikatannya sendiri, ialah jika ini menetapkan, bahwa si berhutang harus dianggap lalai dengan lewatnya waktu yang ditentukan.”

 Jika calon tergugat mengabaikan somasi, maka ia dikategorikan telah melakukan wanprestasi. Hal ini diatur dalam Pasal 1243 KUH Perdata. Pasal ini berbunyi, “Penggantian biaya, kerugian dan bunga karena tak dipenuhinya suatu perikatan mulai diwajibkan, bila debitur, walaupun telah dinyatakan Ialai, tetap lalai untuk memenuhi perikatan itu, atau jika sesuatu yang harus diberikan atau dilakukannya hanya dapat diberikan atau dilakukannya dalam waktu yang melampaui waktu yang telah ditentukan.“

Baca Juga: Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

2. Fungsi Surat Somasi

somasi
(Pinhome.id)

Sebelum membahas contoh surat fomasi, ketahui dulu fungsinya. Dilansir dari berbagai sumber, fungsi pemberian surat somasi merupakan teguran atau peringatan agar debitur tidak lalai atau mengabaikan tanggung jawabnya. Selain itu, somasi juga bisa menjadi bukti atau itikad baik kreditur untuk melakukan tanggung jawabnya.

Lebih lanjut, surat somasi diberikan dengan tujuan agar tergugat menghentikan perbuatannya sebagaimana tuntutan penggugat. Lalu, debitur pun tetap bertanggung jawab pada kewajibannya. Di samping itu, surat somasi juga bisa jadi kesempatan untuk kedua belah pihak dalam pencari solusi bersama.

Bisa dibilang, somasi pun turut membuka ruang diskusi dan negosiasi. Khususnya untuk pihak yang melalaikan kewajibannya, sebelum dibawa ke meja hukum.

Baca Juga: Ini Dia Contoh Surat Hibah Tanah yang Baik dan Benar

3. Cara Membuat Surat Somasi

tanda tangan somasi
(Unsplash)

Cara membuat surat somasi sebetulnya tidak sulit, sebab biasanya sudah dilakukan oleh petugas hukum. Nah, berikut langkah pembuatan surat somasi yang umum dilakukan:

  • Menuliskan kop surat sesuai instansi atau lembaga terkait
  • Menjelaskan identitas calon tergugat yang dituju dengan jelas, bisa perorangan atau instansi
  • Menuliskan dengan tepat poin dan perkara yang dipermasalahkan dan hal yang dituntut
  • Memberikan jarak waktu yang sesuai kepada si calon tergugat untuk memenuhi prestasi 
  • Menentukan upaya hukum lanjutan yang akan ditempuh terhadap calon tergutat apabila tidak memenuhi prestasi yang dituntut
  • Menorehkan tanda tangan dan nama jelas.

Terkait aturan yang perlu dimuat dalam contoh surat somasi yang hendak dibuat, diterangkan Efendi, tidak ada aturan pasti atau baku dalam perumusan surat somasi. Pihak yang hendak mengirimkan somasi dapat dengan bebas menentukan isinya.

Dari hal di atas, dapat disimpulkan bahwa ada empat hal yang harus dicantum dalam surat somasi, yaitu:

  1. pihak yang dituntut;
  2. pihak yang menuntut;
  3. hal yang dituntut; dan
  4. dasar dari tuntutan yang harus dilakukan.

Lalu, terdapat pula empat poin penting yang wajib ada, berikut uraiannya:

  • Surat somasi menyatakan teguran atau perintah untuk melaksanakan tanggung jawab, meminta ganti rugi, atau mengakhiri perjanjian
  • Permintaan harus jelas, seperti membayar berapa kerugian atau mengakhiri perjanjian kerja sama
  • Membuka ruang negoasi sebelum menentukan putusan
  • Membuat latar belakang masalah berdasarkan fakta sebenarnya

Baca Juga: Surat Pernyataan Kehilangan, Cara Mengurus dan Contohnya

4. Contoh Surat Somasi

surat
(Unsplash)

Sebagai gambaran, berikut beberapa contoh surat somasi yang bisa diikuti. Ada contoh surat somasi tanpa pengacara juga, lho!

a. Contoh surat somasi tanpa pengacara

Perihal: Somasi Pertama

Yth. Ardhito Pratama
Di tempat

Perbuatan yang saudara lakukan telah merusak kendaraan pribadi saya bernopol AE 1234 BE secara sengaja pada 8 Oktober 2022 telah menyebabkan kerugian materil.

Dengan demikian, melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Citra A
Jenis kelamin: Perempuan
Alamat: Jalan Mantan Indah No.98 Serang
Pekerjaan: Pegawai swasta

Memberikan surat somasi pertama kepada saudara agar meminta maaf dan mengganti kerusakan kendaraan tersebut. Jika dalam 2×24 jam saudara tidak meminta maaf dan mengganti semua kerusakan, maka saya akan melaporkan tindakan saudara kepada polisi disertai bukti CCTV pada hari kejadian tersebut.

Atas perhatian saudara, saya ucapkan terima kasih.

Salam hormat,

Citra A

b. Contoh surat somasi advokat

Hal: Somasi Pertama

Kepada Bpk. Indra Hermawan

di Jl. Manggis No. 78, Surabaya

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Aninda Nita

Alamat: Jl. Ajudan No.95, Surabaya

Sebagai advokat atas nama klien kami Putri Asih dengan alamat Jl. Mawar Hitam No.75 Surabaya, ingin menyampaikan surat somasi pertama kepada saudara berdasarkan Surat Kuasa tertanggal 19 April 2022 (terlampir).

Berkenaan dengan persoalan perebutan hak guna atas tanah dengan rincian:

Kompleks: Perumahan Citra Bangsa

Lokas : Jl. Damai No. 51, Surabaya

Luas tanah: 1200 meter persegi

Bahwa tanah tersebut merupakan milik dari klien kami Putri Asih berdasarkan sertifikat kepemilikan tanah bernomor 29/SK/0228/TNH. Namun, saudara secara sengaja telah membangun sebuah bangunan hingga mengambil tanah klien kami, seluas 400 meter persegi di bagian barat. tanah.

Atas dasar hal tersebut klien kami mengajukan kepada saudara untuk melakukan perobohan bangunan dan ganti rugi atas penggunaan secara sengaja dan tanpa izin atas hak guna tanah.

Klien kami memberikan waktu bagi saudara untuk melakukan perobohan bangunan yang menyerobot tanah sekurang-kurangnya dalam waktu 14 hari setelah surat somasi diterbitkan.

Apabila dalam waktu yang telah ditentukan saudara tidak melakukan sesuai dengan yang diminta maka klien kami akan mengajukan gugatan hukum kepada pihak berwajib.

Demikian surat somasi ini dilayangkan agar menjadi perhatian.

Hormat kami,

c. Contoh surat somasi penagihan hutang

Perihal: Somasi Hutang

Yth. Adam P
di Tempat

Dengan hormat,

Berkaitan dengan belum dilaksanakannya kewajiban pembayaran uang pinjaman tanah sebesar Rp19.000.000 oleh Anugrah kepada Bahtera, maka kami sampaikan somasi sebagai berikut:

  1. Pada tangga 19 April 2022, saudara Anugrah meminjam uang sebesar Rp19.000.000 untuk keperluan membeli tanah dengan komitmen pengembalian pinjaman pada tanggal 1 April 2022.
  2. Saudara melalui pesan singkat pada tanggal 25 Maret 2022 menyatakan bahwa pinjaman tersebut akan dibayarkan dengan cara dicicil sampai dengan tanggal 15 April 2022.
  3. Namun, sesuai dengan janji tersebut, ternyata saudara tidak juga melaksanakan kewajibannya membayar hutang
  4. Oleh karena itu, melalui surat ini, saya melayangkan surat somasi hutang kepada saudara agar dapat membayar hutang tersebut sampai tanggal 30 April 2022
  5. Jika sampai tanggal tersebut saudara tidak juga berniat membayar hutang maka saya meminta aset saudara sebagai jaminan dengan nilai yang sama.

Apabila saudara mengindahkan surat somasi pertama ini, saya akan melayangkan surat somasi kedua dan disusul penyelesaian secara hukum perdata.

Demikian Somasi ini disampaikan untuk menjadi perhatian.

Hormat saya,

Demikian contoh surat somasi yang bisa jadi rujukan. Semoga berguna, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternya

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia