Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Yuk Intip Keunikan Gambar Rumah Joglo Beserta Dekorasinya yang Menarik

Tips Properti

Yuk Intip Keunikan Gambar Rumah Joglo Beserta Dekorasinya yang Menarik

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 16 March 2021 ∙ 5 menit membaca

Kekentalan suasana Jawa pada desain rumah disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia yang cenderung menyukai barang-barang antik dan sejenisnya. Dengan desain gambar rumah joglo yang unik, dipadupadankan dengan dekorasi Jawa yang kental, membuat suasana rumah seperti berada pada zaman dahulu kala.

Untuk Pins yang ingin melihat keunikan rumah Joglo pada pengaplikasian desain modern. Pins dapat menyimaknya pada ulasan dibawah ini.

Desain Rumah Joglo Modern dan Dekorasi di dalamnya

Rumah Joglo berasal dari Jawa tengah dan juga merupakan salah satu nama rumah tradisional Indonesia yang pada umumnya terbuat dari kayu. Bentuk rumah Joglo khas terlihat dari atap nya yang cenderung mengerucut membentuk layaknya sebuah gunung. Hal lain yang membuat bangunan ini menonjol dibandingkan bangunan lainnya adalah ornamen-ornamen kayu pada bagian-bagian rumah yang kental dengan desain ornamen Jawa. Rumah Joglo asli memiliki ketentuan pembangunannya yaitu mempunyai tiang-tiang penyangga atap yang disebut soko guru dan pintu serta jendelanya yang terbuat dari kayu dihiasi ukiran.

Untuk Pins yang ingin memiliki rumah dengan desain rumah Joglo, Pins dapat memodifikasinya. Pins dapat membuat desain rumah joglo modern yang minimalis tetapi masih kental dengan suasana dan atap khas rumah Joglo pada umumnya. Terlampir beberapa keunikan rumah Joglo beserta dekorasinya yang bisa Pins contoh untuk membuat rumah masa depan Pins kelak.

Rumah Joglo Paviliun

(Pinterest)

Untuk Pins yang menyukai tema rumah model paviliun atau layaknya berada di sebuah bangunan lebar yang memiliki banyak tempat untuk bercengkrama, Pins dapat memadupadankan dengan kolam ikan kecil di depannya. Rumah yang yang dikelilingi kolam, akan terasa sejuk dan nyaman, apalagi dengan full desain kayu dalam material bahan rumah. Suasana kental Jogja akan terasa di rumah Pins. Gambar rumah Joglo diatas dapat diukir beserta dengan dinding kayu dengan ornamen khas Jawa modern.

Rumah Joglo Minimalis

(deagamdesign.com)

Selanjutnya untuk Pins yang masih ingin mempertahankan keunikan rumah Joglo pada pengaplikasian desain minimalis, Pins dapat mencontohnya seperti gambar diatas. Perpaduan atap yang khas dari rumah Joglo di padukan dengan desain batu bata yang cantik dan juga taman kecil di bagian depan akan membuat desain rumah Joglo Pins semakin unik.

Rumah Joglo Atap Dekorasi

(desain.id)

Rumah Joglo modern yang Pins inginkan, dapat terwujud bila Pins tetap mempertahankan suasana khas dari atap Joglo itu sendiri. Seperti Gambar rumah Joglo diatas yang mengedepankan desain atap dengan ornamen emas di bagian ujung-ujung atap ataupun dekorasi sejenisnya yang dapat membantu pengaplikasian rumah Joglo modern yang Pins inginkan.

Rumah Joglo Dekorasi

(pagarminimalisteras.com)

Bila Pins tidak menyukai atap rumah Joglo yang cenderung menjadi ciri khas, Pins dapat memilih pengaplikasiannya lewat dekorasi khas rumah tersebut. Salah satunya adalah dengan menambahkan pintu gebyok khas kejawen dari rumah Joglo yang dapat Pins jadikan pintu utama di rumah Pins. Lihat deh, walaupun rumah minimalis, kesan kayu gebyok dapat menambah keunikan tersendiri pada rumah Pins.

Rumah Joglo Modern Minimalis

(Kaskus)

Nah, bagi Pins yang masih belum menemukan perpaduan yang pas antara bangunan minimalis dan aksen atap rumah Joglo, Pins dapat mencontohnya dari gambar rumah Joglo modern diatas. Bangunan minimalis kekinian dipadupadankan dengan atap khas rumah Joglo membuat bangunan terlihat modern. Jarak antara bangunan yang terkesan terpisah, dapat Pins satukan lewat pilar-pilar penyangga. Menarik bukan?

Dekorasi Khas Rumah Joglo

Setelah melihat contoh-contohnya diatas, pengaplikasian desain rumah joglo memang tidak ada habisnya. Bisa dilihat dari ukiran, atap dan masih banyak lagi. Untuk Pins yang ingin mengetahui dekorasi rumah yang pas dengan tema rumah Joglo, lihat yuk beberapa barang dibawah ini yang dapat Pins padu padankan dalam rumah Pins yang minimalis.

Baca Juga: Nama dan Keunikan Rumah Adat Bali

Atap rumah Joglo

(Pinterest)

Atap berbentuk gunung dengan ciri khas mengerucut ke atas.

Pintu Kayu Gebyok

(bramblefurniture.com)

Pintu dengan unsur kayu ukiran khas masyarakat jawa, yang tidak pernah terlepas dari dekorasi rumah Joglo asli.

Ukiran Lukisan Kayu

(Pinterest)

Lukisan-lukisan kayu estetika tentang perjuangan zaman dahulu yang diukir diatas kayu dengan kesan tiga dimensi.

Lampu Antik

(Kaskus)

Lampu khas era zaman dahulu yang ditaruh diatas ruang keluarga atau ruang tamu dengan aksen gantung menyerupai lampion.

Interior Rumah Joglo

(weddingbali.com)

Desain interior yang mengedepankan bahan kayu jati kuat dengan warna coklat hangat di dalam rumah.

Mebel dari Ukiran Kayu

(Pinterest)

Perabot-perabot kayu jati kekinian yang tidak ringan tetapi menambah kesan kejawen di dalamnya.

Barang-barang Antik Lainnya

(reddit.com)

Terakhir ada barang-barang antik, yang dapat Pins sertakan dalam aksesoris rumah Joglo modern yang akan Pins buat.

Jadi bagaimana Pins? Apa Pins sudah mulai tertarik untuk diaplikasikan dalam bangunan rumah Pins? Rumah Joglo dengan atap yang unik, memang mencuri perhatiannya sendiri. Apalagi untuk Pins yang menyukai suasana kental khas Jawa dengan dekorasi ukiran kayu menarik. Semoga artikel diatas dapat membantu Pins yang sedang mencari ide dekorasi rumah Joglo ya!


Untuk kalian yang sedang mencari rumah idaman, yuk langsung ke situs kami, Pinhome.id. Temukan beragam Daftar Properti terlengkap dan iklankan properti kamu di Jual Properti. Selain itu, jangan lupa untuk bergabung menjadi agen properti independen atau kantor properti kami di Rekan Pinhome.

Hanya di Pinhome.id yang memudahkan kalian untuk mencari properti hanya dalam genggaman. Pinhome – PINtar Jual Beli Sewa Properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Achlisia Putri

Tags :

Bagikan Artikel