BlogPemilik PropertiDesain HunianPertanyaan Sebelum Membeli Rumah Kepada Developer
0
0

Pertanyaan Sebelum Membeli Rumah Kepada Developer

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Jul 26, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
pertanyaan yang wajib ditanyakan ke developer sebelum membeli rumahtop-right-banner

Uang muka sudah terkumpul, rumah idaman sudah dipilih, informasi tentang KPR sudah dikantongi, sekarang tinggal membayar tanda jadi ke developer. Tunggu dulu, Pins! Sebelum lanjut, ajukan dulu beberapa pertanyaan yang wajib ditanyakan ke developer sebelum membeli rumah ini.

Pinhome – Bisnis properti merupakan investasi yang bernilai amat tinggi. Tak hanya untuk calon pembeli, tetapi juga untuk para developer. Dengan membayar tanda jadi, maka pengembang setuju untuk “menyimpankan” kavling pilihan Pins. Setelah uang muka dan dana dari KPR berhasil dicairkan, baru pihak pengembang akan menggunakan uang tersebut untuk membangun rumah impianmu.

Baca Juga: 

Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Ke Developer Sebelum Membeli Rumah

Pins harus benar-benar teliti melakukan transaksi properti. Selain cek rekam jejak developer dengan seksama, ada beberapa pertanyaan yang wajib ditanyakan ke developer sebelum beli rumah. Berikut diantaranya:

Apakah Pembangunan Sudah Dimulai dan Kapan Perkiraan Waktu Selesai

pertanyaan yang wajib ditanyakan ke developer sebelum membeli rumah

Hal ini penting ditanyakan terutama untuk Pins yang tertarik untuk membangun proyek yang masih dalam tahap perencanaan. Biasanya mereka memiliki tenggat waktu ataupun kuota tertentu sebelum pembangunan proyek tersebut benar-benar direalisasikan. Selain itu, tanyakan juga kapan perkiraan waktu selesai sehingga Pins bisa menghitung resiko dari transaksi properti tersebut.

Baca juga:

Apakah developer Memiliki Surat Izin Untuk Membangun Proyek

Hal ini penting untuk ditanyakan, Pins! Jika pihak pengembang tidak memiliki izin yang diperlukan untuk membangun proyek tersebut, maka sama saja bangunan yang kamu beli tidak legal. Oleh sebab itu, pastikan developer-mu dapat menunjukkan paling tidak sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebelum setuju untuk melakukan transaksi.

Baca juga:

Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Ke Developer Sebelum Membeli Rumah, Apa Saja Spesifikasi Bangunan yang Akan Dibeli

Supaya lebih yakin sebelum beli rumah, ada baiknya Pins menanyakan secara detil spesifikasi bangunan yang ditawarkan oleh developer. Hal ini meliputi luas tanah, luas bangunan, fasilitas umum di sekitar kawasan hunian tersebut, hingga kondisi lingkungan sekitar. Pastikan hunian yang Pins beli dibangun dengan material berkualitas terbaik.

Baca Juga: 

Skema Pembayaran Apa yang Ditawarkan

Ada beberapa developer yang menawarkan piihan skema pembayaran; mulai dari tunai, cash bertahap, hingga KPR. KPR ini pun juga banyak macamnya. Ada program DP 0%, KPR inden melalui bank penyalur, hingga KPR in-house milik pengembang itu sendiri.

Paling aman, Pins memilih KPR inden milik bank karena lebih terjamin keamanannya. Namun, jika developer yang Pins pilih sudah sangat terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan, KPR in-house bisa menjadi pertimbangan.

Baca juga:

Apakah Ada Biaya Tambahan yang Harus Ditanggung Oleh Kita

pertanyaan yang wajib ditanyakan ke developer sebelum membeli rumah

Prosedur beli rumah ini membutuhkan proses yang cukup panjang. Pun banyak pihak yang terlibat di dalamnya, dan masing-masing akan membutuhkan biaya terpisah dari harga yang disepakati oleh Pins dan developer. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menanyakan apakah ada biaya-biaya tambahan yang harus ditanggung, seperti biaya provisi bank dan biaya notaris.

Baca juga: 

Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan ke Developer Sebelum Membeli Rumah, Perkiraan Waktu Penyerahan Kunci

Setelah penandatanganan akad kredit, Pins tetap harus menunggu selama beberapa waktu lagi untuk pengurusan sertifikat. Selain itu, jika Pins membeli proyek yang masih dalam pembangunan, akan ada beberapa tahapan lagi, seperti proses desain rumah, pembangunan, penyelesaian, hingga serah terima kunci. Pins perlu memastikan estimasi waktu yang realistis kapan dapat menempati rumah yang Pins beli.

Kembali ke pernyataan awal tadi, Pins, beli rumah adalah investasi dengan nilai yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk ajukan beberapa pertanyaan ke developer seperti di atas, ya!

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download