BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Brand Cat Kolam Ikan yang Aman dan Berkualitas
0
0

7 Brand Cat Kolam Ikan yang Aman dan Berkualitas

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia dan Diperbarui oleh Disfira Ika Amelia

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cat kolam ikantop-right-banner

Tertarik untuk membuat kolam ikan di rumah? Jangan lupakan satu aspek penting yang juga perlu disiapkan sejak awal yakni cat kolam ikan. Bukan memakai cat tembok rumah biasa, dalam pemilihannya juga menentukan keawetan warna. Selain itu, Pins juga harus memastikan jika kandungan dari cat tersebut tidak akan membahayakan nyawa sang ikan setelah spot tersebut  direndam dengan air.

Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi produk yang dimiliki oleh brand berkualitas. Sangat bisa diaplikasikan untuk cat kolam koi dan spesies ikan lainnya. Setelah menemukan cat yang tepat, barulah kamu mulai memikirkan untuk pemilihan warnanya. Cukup sederhana bukan langkahnya.

Aquaproof

cat untuk kolam ikan Aquaproof
Source : harga.web.id

Harga: mulai dari Rp60.000

Brand cat untuk kolam ikan yang banyak direkomendasikan adalah dari Aquaproof. Selain mampu menahan kebocoran pada dinding dan lapisan genteng, merek ini juga bisa dipilih untuk mencegah kebocoran air pada sela-sela tembok dan batu di kolam. Setelah dicat, Pins tidak boleh langsung memasukkan air dan ikan ke dalamnya. Paling tidak, beri jeda selama kurang lebih 1 bulan untuk membuat bahan kimianya menguap sementara waktu.

Bondall Aquatite

cat kolam ikan anti bocor bondall aquatite
Source : tokopedia

Harga: mulai dari Rp148.000

Alternatif merk cat kolam ikan terbaik yang sudah tidak perlu diragukan kualitasnya adalah Bondall Aquatite. Brand asal benua tetangga Australia ini sudah terbukti ketahanannya dalam menghalau kebocoran dinding hingga 15 tahun. Meskipun bukan diformulasikan khusus untuk kolam ikan, Pins bisa memberi jeda beberapa minggu dan menetralisirnya dengan mengganti airnya beberapa kali sebelum memasukkan ikannya.

Baca juga: Hal Penting Sebelum Membuat Kolam Ikan di Dalam Rumah

Flexy Coat Waterponding

cat kolam ikan anti lumut Flexy Coat Waterponding
Source : Blibli

Harga: mulai dari Rp273.000

Rekomendasi cat kolam ikan anti lumut yang bisa diandalkan adalah Flexy Coat Waterponding. Brand ini terbilang cukup ramah kadar bahan kimianya. Maka dari itu, banyak orang yang akan membangun kolam untuk koi diberi masukan untuk memakai merek ini. Spesies yang sensitif ini pun bisa beradaptasi di tempat baru yang dicat dengan merek di atas. Beri waktu 1-2 minggu setelah dicat sebelum memasukkan gerombolan ikan ke dalam kolamnya.

Glotex

Glotex
Source : Shopee

Harga: mulai dari Rp68.000

Brand cat kolam ikan yang bisa dipilih adalah Glotex. Pada dasarnya, produk khusus yang menjadi bagian dari Pacific Paint ini adalah untuk mewarnai kolam renang. Bisa diaplikasikan untuk kolam ikan tapi tetap harus ada jeda selama beberapa minggu untuk menetralisir.

Baca juga: Kumpulan Contoh dan Tips Membuat Taman Rumah Sederhana

INDEKS

INDEKS
Source : tokopedia

Harga: mulai dari Rp65.000

Indeks merupakan merek cat khusus kolam ikan buatan dalam negeri yang memang sudah dibuat secara khusus. Selain itu, formulasinya mampu menahan bakteri jamur, lumut, serta tahan luntur. Dibuat dari bahan dasar air, sangat aman untuk ditinggali ikan bahkan setelah jeda beberapa hari dicat.

No Drop

No Drop
Source : Shopee

Harga: mulai dari Rp55.000

Dikenal mampu mencegah kebocoran pada dinding, cat kolam ikan anti bocor juga merupakan gelar untuk No Drop. Cat eksterior ini bisa dilapiskan ke permukaan dalam kolam paling tidak sebulan sebelum ikan dipindahkan habitatnya. Setelah cat kering, Pins bisa mengisi dengan air saja dan mengurasnya beberapa kali dalam kurun 30 hari tersebut.

Baca juga: Desain Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Propan Ultrapond

propan ULTRAPOND
Source : propanraya.com

Harga: mulai dari Rp145.000

Inovasi Propan juga terlihat dalam varian produk Ultrapond yang memang diformulasikan khusus untuk kolam ikan. Berbahan dasar air, dijamin aman untuk ikan yang akan menempati habitat buatan tersebut. Selain tidak beracun, produk ini juga memiliki klaim elastis, kedap air, praktis, dan tahan lama.

Referensi Warna Cat Kolam Ikan

Setelah menemukan merek yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada, Pins bisa mulai memilih warna yang akan menghiasi kolam ikan milikmu. Bisa mengusung konsep natural dengan pilihan warna earth tone ataupun yang cerah untuk kesan yang lebih modern. Di bawah ini ada beberapa opsi yang bisa dijadikan sebagai alternatif.

Abu-abu

cat kolam koi warna abu-abu
Source : Pexels

Jika ingin membuat kolam ikan berukuran besar, kamu bisa membuat desain yang menyerupai bak dengan warna dasar abu-abu. Tidak terlalu gelap tapi ikan juga seperti berada di dasar air yang didominasi dengan warna abu-abu hingga hitam.

Gelap

Gelap
Source : Pexels

Supaya bisa menyerupai habitat aslinya, Pins juga bisa memilih cat gelap sebagai dasar dan permukaan kolam. Supaya lebih menarik, kamu bisa memilih ikan koi yang didominasi dengan warna oranye, putih, dan merah saja.

Putih krem

putih krem
Source : Pexels

Untuk yang ingin kolam dengan warna terang, Pins bisa memilih cat kolam ikan dengan shade putih hingga krem. Meskipun mudah kotor dan menuntut kamu untuk sering mengganti air, paling tidak kamu bisa memantau kondisi ikan kapan saja.

Pilihan cat kolam ikan di atas terbilang terjangkau. Ranah yang dicakup juga tidak terlalu luas. Selain memastikan kondisi kolam bagus dan indah, Pins juga perlu memperhatikan kondisi sang ikan dan memberi perawatan yang baik supaya tetap sehat dan betah, ya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download