BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiWajib Tahu! Ini 10 Cara Mencari Rumah Murah dan Bagus
0
0

Wajib Tahu! Ini 10 Cara Mencari Rumah Murah dan Bagus

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 20, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Mencari rumah murahtop-right-banner

Adakah yang tahu sebenarnya bagaimana cara mencari rumah murah? Bagi yang sering bergelut dengan dunia properti tentu punya trik khusus sehingga bisa mendapatkan rumah incaran dalam waktu cepat dan harga semurah mungkin. Mau tahu bagaimana cara mencari rumah murah?

Hal ini seringkali menjadi rahasia karena menyangkut persaingan bisnis sehingga tidak banyak masyarakat umum yang tahu. Ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang sedang mencari rumah eksklusif, seperti rumah di Cipayung atau Mutiara Gading City. Oleh karena itu mari kita lihat cara cari rumah murah di sekitar Stasiun Bogor dalam ulasan berikut ini!

Baca juga: Tips Mencari Rumah Sewa yang Menguntungkan

Cara Mencari Rumah Murah yang Bagus

Tidak perlu khawatir akan ada banyak pesaing karena membagikan salah satu rahasia sukses bisnis properti ini. Dengan membagikan ilmu yang kita miliki berarti akan ada ilmu baru dari arah tak terduga, Pins bisa mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus. Misalnya, memperoleh pahala, ilmu baru yang lebih bagus, menjadi orang yang bermanfaat.

Sebagai permulaan Pins buat terlebih dahulu beberapa hal yang mungkin dilakukan sehingga mudah dalam mencari rumah murah yang bagus dan terjamin.

1. Kumpulkan Informasi Melalui Internet

cara cari rumah murah
Source : Liputan6

Zaman sekarang, semua informasi dapat kamu temukan dengan mudah melalui internet. Banyak platform online yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu estimasi harga rumah di daerah yang ingin kamu tinggali. Memanfaatkan website jual beli rumah di internet, banyak perusahaan maupun pribadi yang telah membuatnya lengkap dengan foto, harga dan informasi pendukung lainya.

Cara mudah lainnya adalah dengan menggunakan estimator properti online, seperti Pinvalue. Tinggal masukkan lokasi yang ingin dicari, dan Pinvalue akan langsung mengarahkan ke properti yang sesuai. Setelah itu, kamu tinggal membandingkan harga tanah dengan spesifikasi bangunan serta menentukan apakah investasi yang akan kamu keluarkan sudah sesuai dengan harapan.

2. Pantau Situs Rumah Subsidi

Khusus untuk Pins yang sedang mencari rumah pertama, kamu bisa memantau situs-situs rumah subsidi. Proyek-proyek rumah subsidi ini biasanya diawasi oleh bank, sehingga legalitasnya lebih terjamin. Harganya pun bisa lebih murah daripada harga pasaran. Kamu bisa mencari informasi lebih lengkap mengenai rumah subsidi di sini.

3. Hemat Uang dengan Rumah Lelang

Jangan pandang rumah lelang dengan sebelah mata, Pins! Jika teliti mencari, kamu bisa mendapatkan rumah lelang berkualitas bagus dengan harga yang jauh dari pasaran. Informasi mengenai rumah lelang bisa kamu cari di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Negara atau di beberapa situs bank atau Ikut lelang penjualan rumah yang dilakukan oleh BANK penyedia KPR, pemerintah maupun perusahaan swasta.

Jika kamu mencari properti berkualitas dan rutin dikurasi, Pinhome juga memiliki list properti lelang yang bisa kamu ikuti.

4. Jangan Ketinggalan Informasi di Media Sosial

cara cari rumah murah
Source : Pulse Nigeria

Sekarang ini banyak agen dan kantor properti yang melakukan pemasaran lewat media sosial, lho! Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok pun sudah ada informasi-informasi mengenai properti atau proyek baru yang menarik. Ada beberapa pengembang bahkan memiliki promo khusus untuk yang melihat iklan lewat media sosial, lho!

Baca juga: Langkah Mudah Membeli Rumah KPR

5. Kunjungi Event Pameran Properti

Semenjak pandemi COVID-19, memang kegiatan pameran properti sudah jauh berkurang, bahkan hampir tidak ada sama sekali. Namun, bukan berarti ini menyurutkan semangat para pengusaha di bidang properti! Pinhome, misalnya, sudah beberapa kali mengadakan pameran properti virtual dan open house yang bisa dikunjungi lewat Zoom atau Google Meeting.

6. Lihat Prospek Lingkungan

Melihat prospek suatu lingkungan untuk beberapa tahun kedepan, bisa jadi rumah yang kita beli saat ini akan naik berkali lipat karena kemajuan daerah yang sangat pesat sehingga membutuhkan area hunian dalam jumlah besar.

Selain itu, kamu juga harus melihat harga standar NJOP (nilai jual objek pajak) tanah dan bangunan pada lokasi rumah berada, dari harga tersebut maka bisa diperkirakan mahal atau murahnya sebuah rumah.

7. Pilih dan Bekerja Sama dengan Agen Properti Tepercaya

cara cari rumah murah
Source : Savills

Menjadi agen broker properti atau bekerja sama dengan makelar rumah tersebut, seseorang cenderung datang ke ahlinya ketika hendak menyelesaikan sesuatu. Misalnya kita ban bocor kita mencari tukang tambal ban, ketika sakit kita mencari dokter. Nah, ketika hendak menjual rumah maka bisa jadi tujuan pertama yang didatangi adalah broker properti.

8. Pilih Notaris Berpengalaman

Bekerjasama dengan notaris atau PPAT pejabat pembuat akta tanah untuk mengecek surat-surat rumah, jangan sampai kita mendapat harga murah ternyata kondisi bangunan dalam status sengketa atau suratnya palsu sehingga membutuhkan banyak energi dan biaya untuk menyelesaikan masalah.

9. Cari Rumah Bekas

cara cari rumah murah
Source : iStock

Pins dapat menemukan rumah bekas yang dijual, biasanya dengan harga terjangkau, tetapi harga lahan mungkin sediki mahal. Kamu bisa membeli dan mengubah rumah tua menjadi rumah yang baru, terik ini sering juga disebut fix upper.

10. Menemukan Rumah yang Tidak Laku

Mungkin ada rumah yang telah dipasarkan selama satu tahun tetapi belum dibeli; coba periksa wilayah sekitar Pins. Rumah yang tidak laku biasanya memiliki banyak masalah; oleh karena itu, kamu harus menentukan sebabnya. Pins dapat bernegosiasi harga dengan penjual untuk menurunkan harga jika harga terlalu mahal.

Itulah 10 cara mencari rumah murah yang bisa kamu terapkan ketika akan membeli rumah. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

Source Feaure Image: Abisgajian


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download