BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiPilih Rumah Murah tapi Tranportasi Jauh atau Dekat tapi Mahal
0
0

Pilih Rumah Murah tapi Tranportasi Jauh atau Dekat tapi Mahal

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Des 30, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
beli rumah murah tapi transportasi jauhtop-right-banner

Beli rumah murah tetapi jauh jika dilihat dari sisi transportasi, seringkali menjadi pertimbangan bagi mereka yang bekerja di kota. Walaupun harus mengorbankan waktu dan tenaga setiap akan pergi bekerja. Apakah pilih rumah murah tapi tranportasi jauh atau dekat tapi mahal, yang mana menjadi pilihan yang terbaik? Simak artikel berikut ini!

Kamu dapat menemukan rumah yang memiliki akses transportasi dekat di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung untuk memudahkan mobilisasi kamu. Kamu juga dapat membangun rumah di daerah yang kamu sukai dan dengan desain yang kamu sukai dengan memanfaatkan Pengajuan KPR.

Baca juga: Gampang Banget! Ini Cara Mudah Cari Harga Rumah Murah

Beli Rumah Murah Tapi Transportasi Jauh atau Sebaliknya?

Source : iStock

Pekerja yang merantau pasti memikirkan di mana akan tinggal karena tidak ada rumah yang dimiliki. Hal ini sering kali menjadi bahan pertimbangan, apakah pilih rumah murah tapi tranportasi jauh atau dekat tapi mahal.

Meskipun dimudahkan dengan adanya internet untuk mencari informasi mengenai rumah yang dijual. Namun, memilih rumah tidaklah semudah yang dibayangkan karena ada banyak hal yang harus diperhatikan. Bukan hanya masalah harga, jauh dekatnya akses transportasi juga sering membuat Pins bimbang.

Inilah beberapa ulasan lengkap yang bisa kamu pertimbangkan agar mendapat pilihan terbaik:

1. Bandingkan dari Sisi Keuntungannya

beli rumah murah tapi transportasi jauh
Source : Inap2

Harga tanah dan rumah dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah lokasi di mana rumah tersebut berada. Semakin strategis lokasi, maka akan semakin mahal dan begitu juga sebaliknya. Selain lokasi, kualitas bangunan juga menjadi hal lain yang mempengaruhi murah atau mahalnya harga rumah tersebut.

Karakteristik desain rumah murah seperti ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah harganya lebih murah, sebab lokasi yang jauh dari fasilitas publik atau berada di desa punya valuasi lebih murah. Hanya saja, biaya transportasi akan lebih mahal karena jaraknya jauh.

Apabila Pins membeli rumah mahal tapi transportasi dekat. Pins harus mempersiapkan dana yang lebih besar untuk membeli rumah karena harga tanah dan rumah di lokasi strategis lebih mahal. Namun, Pins bisa menghemat biaya transportasi.

Baca juga: Faktor Penentu Harga Rumah Lebih Mahal

2. Pertimbangkan Koneksi Transportasi di Sekitar Rumah

Apabila Pins bekerja di kota besar seperti di perumahan Jakarta yang sering dipenuhi dengan masalah kemacetan, maka penting untuk mengetahui akses transportasi yang tersedia di sekitar rumah.

Walaupun harga rumah terjangkau, akses tranportasi yang sulit akan memberikan kerugian bagi Pins. Tak hanya masalah biaya, tapi juga masalah waktu dan tenaga. Kamu harus menyiapkan waktu dan tenaga lebih untuk menggunakan transportasi umum ketika berangkat ke kantor.

Di lain sisi, jika kamu memiliki kendaraan pribadi maka akan lebih mudah untuk menjangkau tempat kerja. Pins hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi yang lebih mahal karena pastinya pemakaian BBM juga lebih banyak untuk menempuh jarak yang jauh.

Baca juga: Pindah ke Rumah Baru? Lakukan 7 Hal Ini Agar Pindahan Jadi Menyenangkan

3. Pahami Kebutuhan Transportasi 

beli rumah murah tapi transportasi jauh
Source : Unsplash

Membeli rumah melibatkan jumlah uang yang tidak sedikit. Jangan sampai sudah membayar mahal tapi akhirnya menyesal karena ada hal yang terlupa diperhatikan. Meski begitu, masih ada rumah dengan harga murah dan bisa memenuhi kebutuhan transportasi ke kantor.

Kumpulkan informasi mengenai lokasi di sekitar rumah incaran, apakah mungkin mendapatkan koneksi transportasi yang dibutuhkan, seperti bus, angkutan umum, atau kereta api. Akan percuma jika Pins membeli rumah dengan harga murah, namun mendapatkan masalah setiap hari saat berangkat ke kantor karena tidak menemukan transportasi umum yang diperlukan.

Selain itu, lihat juga bagaimana rute jalan dari rumah menuju kantor sehingga Pins akan lebih mudah menemukan tempat-tempat pemberhentian, seperti halte, stasiun atau terminal. Jika Pins lebih membutuhkan transportasi bus, maka pilihlah rumah yang memberikan akses ke halte atau terminal terdekat.

Baca juga: Tips Agar Tidak Salah Pilih Lokasi Rumah

4. Pastikan Tidak Membeli Rumah Melebihi Budget

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah masalah budgeting yang dimiliki. Seperti yang Pins ketahui jika membeli rumah membutuhkan uang dalam jumlah besar.

Setiap daerah pasti memiliki harga pasaran yang menjadi patokan bagi penjual menentukan. Jadi, pastikan mencari informasi terlebih dahulu mengenai harga pasaran di daerah tersebut dan kemudian sesuaikan dengan budget yang  dimiliki untuk membeli rumah tersebut.

Membeli rumah memang bukan perkara mudah karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Masalah lokasi dan transportasi menjadi hal yang harus dipikirkan sebelum akhirnya memutuskan ingin pilih rumah murah tapi tranportasi jauh atau dekat tapi mahal. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Tiplets


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download