BlogPemilik PropertiDesain HunianBerencana Beli Rumah Lelang? Yuk, Ulik Kelebihan dan Kekurangannya!
0
0

Berencana Beli Rumah Lelang? Yuk, Ulik Kelebihan dan Kekurangannya!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jakarta, 11 Agustus 2022 – Rumah lelang adalah rumah yang berstatus sitaan dari bank yang kemudian dilelang karena debitur tidak mampu melunasi tagihan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau tersangkut perkara utang-piutang lainnya. Akibatnya, rumah yang dijaminkan akan dipindahtangankan melalui proses lelang untuk mencapai harga tertinggi guna melunasi utang penjamin rumah tersebut.

Kendati demikian, masih banyak masyarakat yang belum paham atau belum familiar dengan rumah lelang. Tak ayal, masih timbul pertanyaan bahkan memunculkan ketakutan tersendiri saat harus memutuskan bertransaksi jenis hunian yang satu ini. Dalam webinar Bahas Tuntas Properti by Property Academy by Pinhome, Vina Yenastri, Property Expert Pinhome dan Desi Fitriasih sebagai Marketing Manager Lelang Bank Mandiri menjelaskan kelebihan dan kekurangan rumah lelang. Webinar tersebut merupakan kolaborasi antara Pinhome dengan Bank Mandiri.

Vina menuturkan, kelebihan utama yang wajib diketahui ketika membeli rumah lelang adalah harga yang lebih murah sebesar 20-30 persen dari harga pasar. Hal ini disebabkan oleh batas minimum harga rumah yang telah diatur oleh bank. Bank tidak akan memasang harga terlalu tinggi supaya rumah sitaan tersebut lekas terjual. Calon pembeli juga bisa mengikuti lelang sesuai batasan budget yang diinginkan.

Source : Shutterstock

Vina menuturkan, kelebihan utama yang wajib diketahui ketika membeli rumah lelang adalah harga yang lebih murah sebesar 20-30 persen dari harga pasar. Hal ini disebabkan oleh batas minimum harga rumah yang telah diatur oleh bank. Bank tidak akan memasang harga terlalu tinggi supaya rumah sitaan tersebut lekas terjual. Calon pembeli juga bisa mengikuti lelang sesuai batasan budget yang diinginkan.

“Harganya itu bisa lebih murah 20-30% dari harga pasaran, karena pasti rumah lelang dari bank ini nggak akan ngebuka harga tinggi-tinggi juga. Sudah ada batas minimum dan akan ada bidding dari peserta lelangnya, siapa yang paling tinggi harganya.” ujar Vina.

Berbeda dengan rumah baru, rumah lelang pada umumnya terletak di daerah yang sudah berkembang dan lingkungan pemukiman yang sudah jadi, serta dalam kondisi unit ready bukan unit indent. Hal ini dikarenakan rumah lelang telah digunakan pemilik sebelumnya selama beberapa tahun. Keuntungan yang bisa didapatkan oleh calon pembeli adalah tidak perlu menunggu untuk bisa menghuni rumah lelang yang diminati. Sedangkan rumah baru terletak di area yang masih akan berkembang dan berada di lahan yang masih kosong. Kelebihan lainnya yaitu fasilitas existing rumah lelang masih bisa dipakai, contohnya kanopi, pagar, interior dapur, bahkan taman yang sudah jadi.

Meski rumah lelang menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan jenis hunian lainnya, tapi bukan berarti rumah jenis ini luput dari kekurangan. Lebih lanjut, Vina mengatakan pentingnya mengetahui kekurangan dari membeli rumah lelang. Kekurangan dari rumah lelang juga perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli. Beberapa kekurangan yang ditemui adalah sebagian banyak kondisi rumah lelang tidak terawat dikarenakan penghuni lama sudah pindah dan tidak ada yang merawat atau memperbaiki rumah. Contoh
lainnya yaitu penghuni lama memang masih menempati rumah, tapi biasanya terjadi masalah sengketa yang menyebabkan penghuni lama tidak mau keluar dari rumah tersebut.

“Ada lagi masalah pembelian rumah lelang, masalah sengketa atau penghuni lama tidak mau keluar. Terkadang pemenang lelang harus membuat Akta Pengosongan apabila masalah tersebut terjadi, akhirnya prosesnya jadi panjang lagi.” tuturnya.

Kekurangan lain dari rumah lelang adalah pada skema pembayarannya. Rumah lelang harus segera dilunasi dalam waktu singkat. Apabila tidak dilunasi sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, uang jaminan atau down payment (DP) yang sudah dibayarkan akan hilang. Calon pembeli harus memperhitungkan sejak awal apabila skema pembayaran yang dipilih bukanlah pembayaran cash melainkan KPR. Proses aplikasi KPR harus dilakukan oleh calon pembeli di awal proses sebelum lelang dimulai.

“Uang jaminan atau uang DP-nya akan hilang kalau calon pembeli menang lelang tapi nggak dilunasi, beda sama yang nggak menang lelang uang jaminan tersebut akan kembali lagi. Jadi kalau bayar KPR, setelah pilih properti dan menang lelang kita sudah punya surat persetujuan kredit dari bank sebagai pelunasannya.” tambahnya.

Di mana mencari rumah lelang?

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait rumah lelang yang tersedia di pasaran, Desi menuturkan bahwa calon pembeli dapat mengakses beberapa situs yang dimiliki oleh Bank Mandiri. Penjualan aset Mandiri lelang ada di berbagai platform seperti Rumah Idamanku (RIKu) yang merupakan mobile application hasil kerja sama eksklusif antara Bank Mandiri dengan startup proptech atau teknologi properti Pinhome. Kunjungi website rumah lelang Pinhome di sini, dan website rumah lelang Bank Mandiri di sini, Instagram @mandiri.lelang, Twittter Mandiri Lelang, Facebook Mandiri Lelang, dan brosur serta balai lelang lainnya.


TENTANG PINHOME

Pinhome adalah pionir platform e-commerce properti satu atap (end-to-end) yang memiliki jaringan luas agen properti individu dan kantor profesional. Didirikan oleh CEO-Founder Dayu Dara Permata dan CTO-
CoFounder Ahmed Aljunied pada September 2019, Pinhome resmi beroperasi pada Januari 2020.

Pinhome menjalin kemitraan dengan berbagai stakeholders seperti bank, kontraktor, notaris, serta penyedia jasa bidang properti lainnya untuk mempermudah proses transaksi properti. Agen dan kantor properti dapat mengunduh aplikasi Rekan Agen Pinhome melalui Appstore di iOS atau Play Store di Android untuk mendapatkan pengalaman transaksi properti yang lebih menguntungkan.

Untuk konsumen, Pinhome menyediakan aplikasi transaksi properti satu atap mencakup panduan membeli properti, mulai dari cek budget ideal, cek properti, opsi pembayaran, kontak agen, kunjungan properti, estimasi harga, panduan KPR, memulai transaksi, dokumen penting, hingga proses serah terima. Semua tahapan tersebut dilakukan seamless lewat satu aplikasi. Aplikasi Pinhome dapat diunduh di Appstore atau Play Store.

Selain itu, Pinhome juga merambah sektor home service dan gaya hidup dengan menyediakan jasa kebersihan rumah, cuci AC, cuci mobil, disinfectant fogging, perbaikan AC, dan massage melalui Pinhome Home Service. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Pinhome dan telah melayani lebih dari 34 kota serta kabupaten di Indonesia.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download