Ternyata, Begini Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah - Pinhome

Pinhome

Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Kegiatan merenovasi rumah bisa jadi membutuhkan biaya jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya. Oleh karena itu diperlukan perencanaan yang baik sehingga dapat diketahui berapa sebenarnya biaya yang dibutuhkan. Tentunya, membutuhkan juga cara menghitung biaya renovasi rumah yang tepat.

cara menghitung biaya renovasi rumah
(Growingmagazine.com)

Kalaupun hasil perhitungan ternyata lebih tinggi dari budget yang tersedia maka bisa dilakukan perubahan desain. Agar bisa lebih murah atau bisa juga dengan melakukan renovasi secara bertahap. Termasuk menggunakan beberapa tips seperti berikut. 

Baca Juga: 

Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah

cara menghitung biaya renovasi rumah
(Safeclimate.com)

Renovasi rumah membutuhkan beberapa perhitungan penting, berikut cara menghitung biaya renovasi rumah secara tepat dan mudah: 

  1. Sebelumnya kita buat terlebih dahulu data exsisting rumah yang akan direnovasi. Dari data tersebut maka kita bisa memperkirakan bagian mana yang akan dibongkar, diganti atau dibiarkan begitu saja. Semakin bagus dan lengkap data existing rumah maka perhitungan bisa semakin mendekati kebenaran.
  2. Membuat gambar desain rencana renovasi rumah sehingga dapat digunakan sebagai acuan menghitung biaya RAB, mengurus IMB,  dan untuk pedoman pelaksanaan pembangunan.
  3. Pehitungan biaya renovasi rumah bisa menggunakan system analisa harga satuan dengan cara mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan.
  4. Menjumlahkan semua harga masing-masing pekerjaan sehingga didapatkan angka total yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah.

Baca Juga: Peraturan Melakukan Renovasi Rumah

Urutan Perhitungan Biaya 

(Realhomes.com)

Agar tidak melakukan kesalahan saat melakukan perhitungan, simak urutan yang tepat berikut ini:

  • Membuat gambar rumah.
  • Menentukan spesifikasi bangunan.
  • Menghitung volume masing-masing item pekerjaan.
  • Mencari data harga bahan bangunan, dan upah tenaga kerja perhari.
  • Mencari data analisa harga satuan pekerjaan, bisa dari SNI standar nasional Indonesia, analisa BOW, standar perusahaan atau membuat analisa sendiri berdasarkan pengalaman.
  • Mengalikan voume dengan analisa harga satuan pekerjaan.
  • Jika semua pekerjaan sudah diketahui harganya maka bisa dilanjutkan dengan membuat jomlah total biaya keseluruhan.
  • Membuat rekapitulasi biaya renovasi rumah.

Demikian kurang lebih uraian tentang cara memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah tinggal. Tentunya, akan membutuhkan pembelajaran sehingga bisa menghitung biaya renovasi rumah secara tepat. Jika sudah dihitung dengan matang maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengendalian biaya saat pelaksanaan agar tidak terjadi pembengkakan.

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel