Pinhome

5 Tips Merenovasi Rumah Dengan Tepat dan Hemat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Terkadang kita berpikir untuk merenovasi rumah apabila kondisi bangunanya sudah usang atau banyak bagian yang rusak. Bisa juga karena sudah bosan dengan model rumah yang lama sehingga ingin menyesuaikan dengan trend desain rumah terbaru. Tentu akan membutuhkan tips merenovasi rumah dengan tepat dan hemat. 

Pinhome – Ketika merenovasi dengan persiapan yang matang, segala sesuatunya akan lebih tertata. Apapun alasanya, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum merenovasi rumah, supaya dapat merenovasi dengan tepat dan juga hemat.

Baca Juga: 

5 Tips Merenovasi Rumah Dengan Tepat dan Hemat

Kita bisa bekerjasama dengan penyedia jasa desain renovasi rumah untuk membantu menuangkan keinginan kita kedalam gambar rumah terbaik. Berikut beberapa rahasia dalam merenovasi rumah dengan tepat dan hemat, antara lain :

Menentukan Bagian yang Ingin Direnovasi

tips merenovasi rumah dengan tepat dan hemat
(VCNYHome)

Sebelum kita menghubungi jasa desain rumah renovasi, sebaiknya kita tentukan terlebih dahulu bagian-bagian yang ingin dirubah dan ruangan apa saja yang hendak ditambah. Hal ini bertujuan supaya dapat memprediksikan biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah.

Konsultasikan juga tentang rencana renovasi tersebut supaya bisa mendapat saran dari tenaga yang lebih profesional. Kita siapkan data desain renovasi rumah yaitu denah ruangan beserta ukuran kondisi sekarang, foto rumah dan kebutuhan ruangan.

Baca Juga: 

Memilih Material dengan Harga bersahabat

(Griyasatria)

Pilihlah material rumah dengan harga yang lebih miring. Kita dapat mencari referensi lewat internet, majalah, atau buku tentang renovasi rumah. Biasanya di beberapa sumber tersebut akan ada referensi mengenai renovasi rumah beserta biayanya.

Tetapi perlu diingat bahwa jangan hanya memilih material karena harga saja. Perhitungkan juga faktor dari kualitas material itu sendiri, karena sayang jika barang murah tetapi mudah rusak sehingga harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk perbaikan.

Baca Juga:

Membeli Sendiri Material Bahan Bangunan

tips merenovasi rumah dengan tepat dan hemat
(Dekoruma)

Untuk menghemat biaya renovasi kita bisa melakukan survei dan membeli bahan bangunan secara mandiri. Dari beberapa toko yang sudah disurvey, bandingkan juga harga material yang sama dari satu toko dengan toko yang lainnya.

Hal ini karena bukan tidak mungkin jika material yang sama tetapi mempunyai harga yang berbeda. Oleh karena itu jangan malas untuk melakukan survei bahan bangunan supaya mendapat harga yang terbaik.

Baca Juga:

Memilih Sistem Pembayaran Tukang

tips merenovasi rumah dengan tepat dan hemat
(Hexagonppm)

Secara umum ada 2 sistem pembayaran tukang untuk mengerjakan renovasi rumah, yaitu harian atau borongan. Dengan sistem borongan, kita tidak perlu takut jika tukang berlama-lama karena tukang harus menyelesaikan pekerjaan dalam kurun waktu tertentu. Tetapi biasanya membuat tukang bekerja menjadi kurang maksimal.

Sementara apabila harian, maka pekerjaan akan lebih bagus tetapi tukang cenderung mengulur-ulur waktu. sehingga akibatnya biaya yang dibutuhkan menjadi membengkak. Sebagai solusinya, kita harus mengontrol langsung pekerjaan tukang.

Jangan Merenovasi Saat Musim Hujan

(Realhomes)

Hindari renovasi rumah saat musim hujan, supaya biaya renovasi sesuai dengan rencana. Hal itu karena jika kita merenovasi saat musim hujan, ada kemungkinan waktu pengerjaan akan terganggu saat hujan sedang turun. Sehingga akibat dari gangguan tersebut biaya tukang bisa menjadi membengkak karena waktu pengerjaan yang tertunda.

Itulah beberapa rahasia merenovasi rumah dengan tepat dan hemat menurut jasa desain rumah renovasi. Kita dapat memperbaiki rumah dengan biaya yang terjangkau. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Sebuah perusahan tentu tak bisa berdiri sembari. Untuk memperluas cangkupan bisnis diperlukan kerja

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia