Pinhome

Tips Properti

5 Rahasia Merenovasi Rumah Dengan Tepat dan Hemat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Terkadang kita berpikir untuk merenovasi rumah apabila kondisi bangunanya sudah usang atau banyak bagian yang rusak, atau bisa juga karena sudah bosan dengan model rumah yang lama sehingga ingin menyesuaikan dengan trend desain rumah terbaru. Apapun alasanya, beikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum merenovasi rumah, supaya dapat merenovasi dengan tepat dan juga hemat.

5 Rahasia Merenovasi Rumah Dengan Tepat dan Hemat

Kita bisa bekerjasama dengan penyedia jasa desain renovasi rumah untuk membantu menuangkan macam-maam keinginan kita kedalam gambar rumah terbaik. Mungkin kita berpikit bahwa rumah sudah lama ditempati atau jenuh dengan bentuknya, sehingga kita memutuskan untuk melakukan renovasi. Tetapi sebelum merenovasi rumah kita harus merencanakan beberapa hal dengan detail, karena jika tidak direncanakan dengan baik maka biayanya dapat membengkak. Berikut benerapa rahasia dalam merenovasi rumah dengan tepat dan hemat, antara lain :

Menentukan bagian yang ingin direnovasi

Sebelum kita menghubungi jasa desain rumah renovasi untuk merancang perubahan bangunan, sebaiknya kita tentukan terlebih dahulu bagian-bagian yang ingin dirubah dan ruangan apa saja yang hendak ditambah. Hal ini bertujuan supaya dapat memprediksikan biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah. Konsultasikan juga tentang rencana renovasi tersebut supaya bisa mendapat saran dari tenaga yang lebih profesional. Kita siapkan data desain renovasi rumah yaitu denah ruangan beserta ukuran kondisi sekarang, foto rumah dan kebutuhan ruangan.

Memilih material rumah dengan harga bersahabat

Pilihlah material rumah dengan harga yang lebih miring. Kita dapat mencari referensi lewat internet, majalah, atau buku tentang renovasi rumah. Biasanya di beberapa sumber tersebut akan ada referensi mengenai renovasi rumah beserta biayanya. Tetapi perlu diingat bahwa jangan hanya memilih material karena harga saja. Perhitungkan juga faktor dari kualitas material itu sendiri, karena sayang jika barang murah tetapi mudah rusak sehingga harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk perbaikan.

Membeli sendiri material bahan bangunan

Untuk menghemat biaya renovasi kita bisa melakukan survei dan membeli bahan bangunan secara mandiri. Dari beberapa toko yang sudah disurvey, bandingkan juga harga material yang sama dari satu toko dengan toko yang lainnya. Hal ini karena bukan tidak mungkin jika material yang sama tetapi mempunyai harga yang berbeda. Oleh karena itu jangan malas untuk melakukan survei bahan bangunan supaya mendapat harga yang terbaik.

Memilih sistem pembayaran tukang

Secara umum ada 2 sistem pembayaran tukang untuk mengerjakan renovasi rumah, yaitu harian atau borongan. Dengan sistem borongan, kita tidak perlu takut jika tukang berlama-lama karena tukang harus menyelesaikan pekerjaan dalam kurun waktu tertentu, tetapi biasanya membuat tukang bekerja menjadi kurang maksimal. Sementara apabila harian, maka pekerjaan akan lebih bagus tetapi tukang cenderung mengulur-ulur waktu. sehingga akibatnya biaya yang dibutuhkan menjadi membengkak. Sebagai solusinya, kita harus mengontrol langsung pekerjaan tukang.

Jangan merenovasi rumah saat musim hujan

Hindari renovasi rumah saat musim hujan, supaya biaya renovasi sesuai dengan rencana. Hal itu karena jika kita merenovasi saat musim hujan, ada kemungkinan waktu pengerjaan akan terganggu saat hujan sedang turun. Sehingga akibat dari gangguan tersebut biaya tukang bisa menjadi membengkak karena waktu pengerjaan yang tertunda.

Itulah beberapa rahasia merenovasi rumah dengan tepat dan hemat menurut jasa desain rumah renovasi. Kita dapat memperbaiki rumah dengan biaya yang terjangkau. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel