BlogPemilik PropertiFinansial5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Mudah
0
0

5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara mendapatkan uang dari tiktoktop-right-banner

Para pengguna media sosial tentu sudah sering mendengar aplikasi TikTok. Media sosial berbasis video pendek ini semakin digemari oleh banyak kalangan dan popularitasnya semakin melejit. Apakah Pins tahu, selain untuk berbagi video, TikTok juga menjadi sebuah ladang usaha. Ada berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok yang banyak digunakan oleh kreator.

Pinhome – TikTok merupakan sebuah platform media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi video pendek. Aplikasi ini dirilis oleh perusahaan asal China bernama ByteDance. Dulunya, aplikasi ini diluncurkan dengan nama Douyin dan langsung mendapat popularitas yang tinggi di negara asalnya.

Baca Juga:

Sudah Digunakan di Seluruh Dunia

Aplikasi ini kini sudah banyak digunakan secara internasional. Namanya pun berganti menjadi TikTok dan sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, aplikasi video pendek ini telah digunakan oleh puluhan juta pengguna.

Banyaknya orang yang menggunakan aplikasi ini membuat TikTok menjadi salah satu tempat yang cocok untuk menghasilkan uang. Tidak hanya akun resmi sebuah brand, Pins juga bisa mengikuti cara mendapatkan uang dari TikTok di akun pribadi. Yuk, simak berbagai caranya di bawah ini!

Baca Juga:

Unggahan Bersponsor

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Source : Detik

Konten bersponsor merupakan salah satu cara yang sudah sering digunakan di media sosial. Seorang influencer akan bekerja sama dengan brand tertentu untuk mengunggah konten berisi produk dari brand tersebut.

Biasanya, brand akan memilih konten kreator yang cocok untuk mempopulerkan produk  miliknya. Beberapa hal yang akan diperhatikan yaitu seperti jumlah pengikut, demografi pengikut, konten yang sering diunggah, jumlah tayangan video, dan lain-lain. Jika konten kreator dirasa memiliki kriteria yang cocok, barulah brand akan mengajukan kerja sama.

Jika Pins ingin melakukan kerja sama dalam bentuk sponsored post ini, tentu harus menyesuaikan kriteria yang diinginkan oleh brand. Pins harus meningkatkan jumlah pengikut dan juga engagement sehingga bisa dilirik.

Meskipun banyak yang perlu diperhatikan, konten bersponsor akan sangat menguntungkan karena bayaran untuk 1 unggahan biasanya cukup besar. Selain itu, semakin banyak hal yang bisa Pins tawarkan seperti jumlah followers, maka Pins bisa mematok harga yang lebih tinggi.

Baca Juga:

Dapat Uang dari Payout Coins

Source : Lifewire

Cara dapat uang dari TikTok yang berikutnya yaitu dengan menggunakan donasi followers atau Payout Coins. Saat akun yang dimiliki sudah memiliki banyak pengikut, Pins bisa melakukan siaran langsung atau live streaming. Saat melakukan siaran tersebut, pengikut bisa memberikan sticker gift yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang.

Sistem kerja hadiah dari pengikut ini sama dengan aplikasi live streaming lainnya. Pengikut perlu membeli koin terlebih dahulu. Setelah itu, koin yang didapatkan bisa digunakan untuk memberikan sticker gift kepada kreator. Koin yang diperoleh saat melakukan siaran kemudian bisa ditukar dengan uang tunai dari TikTok.

Baca Juga:

Menjadi TikTok Manager

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Source : Later

Baca Juga:

TikTok Manager juga bisa dijadikan pilihan jika ingin menghasilkan uang dari aplikasi ini. Cara ini bisa dilakukan dengan menawarkan jasa pengelolaan akun milik orang lain atau sebuah perusahaan. Pins cukup mengelola akun tersebut supaya bisa berkembang sesuai dengan perjanjian dengan penyewa jasa.

Jasa ini cukup populer di dunia media sosial. Ada banyak orang atau perusahaan yang memerlukan jasa seorang ahli marketing untuk mengelola media sosialnya. Di TikTok sendiri, biasanya tugas yang dikerjakan oleh TikTok Manager yaitu:

  • Meningkatkan engagement akun yang dikelola.
  • Mengatur strategi konten yang akan diunggah.
  • Mengembangkan ide-ide kreatif untuk konten.
  • Mengelola tawaran kerja sama yang masuk ke akun.

Jual Beli Akun

Source : Kompas

Pins juga bisa melakukan jual beli akun untuk bisa menghasilkan uang dari TikTok. Sebelum itu, yang perlu diperhatikan adalah akun yang dapat dijual haruslah memiliki engagement atau performa yang baik. Hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement di antaranya yaitu:

  • Menentukan fokus topik dari akun.
  • Mengunggah video yang menarik.
  • Selalu konsisten dan membuat jadwal unggah.
  • Mengoptimalisasi akun yang dimiliki.
  • Mengikuti challenge viral dan disesuaikan dengan fokus topik akun.
  • Berkolaborasi dengan kreator lainnya.
  • Saling mengikuti akun dengan topik yang sejenis.
  • Sering menonton atau mencari video dengan topik yang mirip.
  • Mengunggah video buatan ke media sosial lain.
  • Memperhatikan waktu unggah konten.

Setelah berhasil meningkatkan engagement, barulah Pins bisa menawarkan akun tersebut. Cara yang bisa dilakukan yaitu mengincar perusahaan yang memiliki bisnis dengan fokus yang mirip dengan akun buatan Pins. Hal ini tentu akan menguntungkan pemilik bisnis karena pihak perusahaan tidak perlu membangun akun TikTok dari nol.

Baca Juga:

Pakai Strategi Marketing

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Source : Maxmanroe

Pins juga bisa menerapkan strategi marketing sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok. Strategi yang bisa digunakan yaitu dengan memanfaatkan TikTok Ads. Cara ini akan membuat konten yang telah Pins unggah bisa dilihat oleh banyak orang.

Sama seperti konsep iklan di platform media sosial lain, TikTok Ads akan membuat video milik Pins dilihat oleh pengguna yang sesuai. Algoritma TikTok akan memperlihatkan konten yang diiklankan ke pengguna yang mungkin berminat terhadap video milik Pins. 

Cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan jumlah tayangan, like, bahkan pengikut. Pins cukup membayar biaya penayangan iklan dan video yang dipilih akan ditampilkan oleh TikTok.

Buat Pins yang ingin menghasilkan uang dari media sosial, bisa mencoba berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok di atas. Cara ini cocok untuk kamu yang suka dengan dunia marketing dan media sosial.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Last Edited: Voni Sri Wijayanti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download