5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 26 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Para pengguna media sosial tentu sudah sering mendengar aplikasi TikTok. Media sosial berbasis video pendek ini semakin digemari oleh banyak kalangan dan popularitasnya semakin melejit. Apakah Pins tahu, selain untuk berbagi video, TikTok juga menjadi sebuah ladang usaha. Ada berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok yang banyak digunakan oleh kreator.

Pinhome – TikTok merupakan sebuah platform media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi video pendek. Aplikasi ini dirilis oleh perusahaan asal China bernama ByteDance. Dulunya, aplikasi ini diluncurkan dengan nama Douyin dan langsung mendapat popularitas yang tinggi di negara asalnya.

Baca Juga:

Sudah Digunakan di Seluruh Dunia

Aplikasi ini kini sudah banyak digunakan secara internasional. Namanya pun berganti menjadi TikTok dan sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, aplikasi video pendek ini telah digunakan oleh puluhan juta pengguna.

Banyaknya orang yang menggunakan aplikasi ini membuat TikTok menjadi salah satu tempat yang cocok untuk menghasilkan uang. Tidak hanya akun resmi sebuah brand, Pins juga bisa mengikuti cara mendapatkan uang dari TikTok di akun pribadi. Yuk, simak berbagai caranya di bawah ini!

Baca Juga:

Unggahan Bersponsor

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
(Detik)

Konten bersponsor merupakan salah satu cara yang sudah sering digunakan di media sosial. Seorang influencer akan bekerja sama dengan brand tertentu untuk mengunggah konten berisi produk dari brand tersebut.

Biasanya, brand akan memilih konten kreator yang cocok untuk mempopulerkan produk  miliknya. Beberapa hal yang akan diperhatikan yaitu seperti jumlah pengikut, demografi pengikut, konten yang sering diunggah, jumlah tayangan video, dan lain-lain. Jika konten kreator dirasa memiliki kriteria yang cocok, barulah brand akan mengajukan kerja sama.

Jika Pins ingin melakukan kerja sama dalam bentuk sponsored post ini, tentu harus menyesuaikan kriteria yang diinginkan oleh brand. Pins harus meningkatkan jumlah pengikut dan juga engagement sehingga bisa dilirik.

Meskipun banyak yang perlu diperhatikan, konten bersponsor akan sangat menguntungkan karena bayaran untuk 1 unggahan biasanya cukup besar. Selain itu, semakin banyak hal yang bisa Pins tawarkan seperti jumlah followers, maka Pins bisa mematok harga yang lebih tinggi.

Baca Juga:

Dapat Uang dari Payout Coins

(Lifewire)

Cara dapat uang dari TikTok yang berikutnya yaitu dengan menggunakan donasi followers atau Payout Coins. Saat akun yang dimiliki sudah memiliki banyak pengikut, Pins bisa melakukan siaran langsung atau live streaming. Saat melakukan siaran tersebut, pengikut bisa memberikan sticker gift yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang.

Sistem kerja hadiah dari pengikut ini sama dengan aplikasi live streaming lainnya. Pengikut perlu membeli koin terlebih dahulu. Setelah itu, koin yang didapatkan bisa digunakan untuk memberikan sticker gift kepada kreator. Koin yang diperoleh saat melakukan siaran kemudian bisa ditukar dengan uang tunai dari TikTok.

Baca Juga:

Menjadi TikTok Manager

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
(Later)

Baca Juga:

TikTok Manager juga bisa dijadikan pilihan jika ingin menghasilkan uang dari aplikasi ini. Cara ini bisa dilakukan dengan menawarkan jasa pengelolaan akun milik orang lain atau sebuah perusahaan. Pins cukup mengelola akun tersebut supaya bisa berkembang sesuai dengan perjanjian dengan penyewa jasa.

Jasa ini cukup populer di dunia media sosial. Ada banyak orang atau perusahaan yang memerlukan jasa seorang ahli marketing untuk mengelola media sosialnya. Di TikTok sendiri, biasanya tugas yang dikerjakan oleh TikTok Manager yaitu:

  • Meningkatkan engagement akun yang dikelola.
  • Mengatur strategi konten yang akan diunggah.
  • Mengembangkan ide-ide kreatif untuk konten.
  • Mengelola tawaran kerja sama yang masuk ke akun.

Jual Beli Akun

(Kompas)

Pins juga bisa melakukan jual beli akun untuk bisa menghasilkan uang dari TikTok. Sebelum itu, yang perlu diperhatikan adalah akun yang dapat dijual haruslah memiliki engagement atau performa yang baik. Hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement di antaranya yaitu:

  • Menentukan fokus topik dari akun.
  • Mengunggah video yang menarik.
  • Selalu konsisten dan membuat jadwal unggah.
  • Mengoptimalisasi akun yang dimiliki.
  • Mengikuti challenge viral dan disesuaikan dengan fokus topik akun.
  • Berkolaborasi dengan kreator lainnya.
  • Saling mengikuti akun dengan topik yang sejenis.
  • Sering menonton atau mencari video dengan topik yang mirip.
  • Mengunggah video buatan ke media sosial lain.
  • Memperhatikan waktu unggah konten.

Setelah berhasil meningkatkan engagement, barulah Pins bisa menawarkan akun tersebut. Cara yang bisa dilakukan yaitu mengincar perusahaan yang memiliki bisnis dengan fokus yang mirip dengan akun buatan Pins. Hal ini tentu akan menguntungkan pemilik bisnis karena pihak perusahaan tidak perlu membangun akun TikTok dari nol.

Baca Juga:

Pakai Strategi Marketing

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
(Maxmanroe)

Pins juga bisa menerapkan strategi marketing sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok. Strategi yang bisa digunakan yaitu dengan memanfaatkan TikTok Ads. Cara ini akan membuat konten yang telah Pins unggah bisa dilihat oleh banyak orang.

Sama seperti konsep iklan di platform media sosial lain, TikTok Ads akan membuat video milik Pins dilihat oleh pengguna yang sesuai. Algoritma TikTok akan memperlihatkan konten yang diiklankan ke pengguna yang mungkin berminat terhadap video milik Pins. 

Cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan jumlah tayangan, like, bahkan pengikut. Pins cukup membayar biaya penayangan iklan dan video yang dipilih akan ditampilkan oleh TikTok.

Buat Pins yang ingin menghasilkan uang dari media sosial, bisa mencoba berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok di atas. Cara ini cocok untuk kamu yang suka dengan dunia marketing dan media sosial.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Last Edited: Voni Sri Wijayanti

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia