Pinhome

Tips Properti

Cara Mendapat Dana Renovasi Rumah dari Bank

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Cara mendapat dana tunai dari Bank untuk renovasi rumah cukup mudah namun ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan, inti dari persyaratan tersebut adalah adanya jaminan atau agunan dengan harga lebih dari dana yang diajukan, kejelasan informasi data diri serta adanya penghasilan minimal tiga kali lipat besarnya  angsuran. Disini kita akan mencoba menguraikan cara mengajukanya dari awal sampai proses, semoga dapat membantu bagi yang membutuhkan dana untuk merenovasi rumah.

Cara mendapat dana untuk merenovasi rumah dari Bank

  1. Sebelumnya kita siapkan terlebih dahulu data agunan yang mau dijadikan jaminan, bisa berupa rumah yang akan direnovasi sehingga perlu menyiapkan dokumen sertifikat tanah dan rumah, IMB izin mendirikan bangunan. Atau bisa berupa kendaraan yaitu BPKB motor atau mobil, bisa juga berupa tabungan deposito.
  2. Memilih Bank yang akan diajak kerjasama. Misalnya dengan program KGM kredit griya multi Bank BTN, Kerdit Multi guna Bank mandiri atau yang lainya.
  3. Datang ke Bank tersebut untuk minta pejelasan mengenai cara pengajuan kredit, minta formulir dan persyaratan apa saja yang dibutuhkan, contohnya bisa dilihat disini.
  4. Menyiapkan semua dokumen persyaratan dan mengajukan kembali ke Bank.
  5. Pihak Bank akan melakukan survey ke lokasi rumah dan menganalisa apakah pengajuan kredit kita disetujui atau ditolak.
  6. Jika di setujui maka kita melakukan akad kredit dengan menandatangani dokumen perjanjian, jika sudah berkeluarga maka duperlukan juga kehadiran pasangan untuk menyetujui perjanjian.
  7. Sampai disini maka dana tunai yang kita ajukan sudah bisa masuk ke rekening dan bisa ditarik tunai.

Saran penting dari penulis adalah mengajukan kredit ke Bank apabila benar-benar membutuhkan tujuan, tapi bukan untuk tujuan konsumtif. Mengingat besarnya bunga Bank yang harus ditanggung sehingga hutang kita bisa berlipat ganda. Jadi perlu dilakukan analisa apakah keuntungan yang kita dapatkan melalui kredit tersebut bisa lebih dari poko hutang ditambah bunga bank. Misalnya melakukan renovasi rumah untuk meningkatkan harga jual sehingga memperoleh keuntungan lebih. Selamat mempertimbangkan atau mencobanya semoga lancar dan berhasil 🙂

Tags :

Bagikan Artikel