BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Cara Membuat Relief Tebing Taman yang Mudah
0
0

11 Cara Membuat Relief Tebing Taman yang Mudah

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Apr 17, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara membuat relief tebing tamantop-right-banner

Bagi yang sudah merancang desain eksterior rumah dengan adanya taman, mungkin sebagian besar dari Pins ingin membuat sudut khusus. Salah satunya adalah dengan membuat relief yang ada di satu sisi dinding. Bisa dirancang di luar maupun semi outdoor, ternyata cara membuat relief tebing taman ini terbilang sederhana.

Relief dinding taman ini bisa menonjolkan kesan yang mirip dengan bebatuan alam yang ada di tebing dan air terjun. Kamu bisa memboyong nuansa alam yang dekat dengan tempat tinggalmu. Di spot ini, kamu bisa menjadikan areanya sebagai tempat pot kecil yang kokoh. 

Pins juga bisa menemukan rumah dengan halaman yang cukup besar di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat membeli rumah KPR incaran kamu yang belum selesai pembayarana angsuran oleh pemiliknya menggunakan Take Over KPR.

Baca juga: Apa Itu Relief Tebing di Dinding? Begini 7 Cara Membuatnya!

Cara Membuat Relief Tebing Taman yang Mudah

Untuk mewujudkan dan mempercantik spot ini, kamu bisa membayar jasa profesional untuk hasil yang maksimal dan sesuai dengan angan-angan. Untuk Pins yang ingin mencoba sendiri, bisa menjajal cara dan langkah di bawah ini. Bisa disesuaikan dengan selera mulai dari bentuk hingga pewarnaannya.

1. Menentukan Desain dan Area

Langkah pertama dalam membuat relief tebing dinding adalah dengan menentukan area yang akan dibuat. Kamu bisa memilih area tembok yang berada di luar maupun semi outdoor yang menghadap ke dalam rumah. Di waktu yang sama, Pins juga harus sudah menemukan desain yang akan ditirukan. 

Baca juga: 20 Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

2. Menyiapkan Bahan dan Peralatan

alat dan bahan relief dinding taman
Source : Unsplash

Setelah desain dan area ditentukan, Pins bisa mulai menyiapkan bahan dan peralatan untuk membuat relief taman yang secara umum terdiri dari:

  • Batu bata
  • Semen
  • Sekop kecil pengaduk semen
  • Cat tembok
  • Bahan tambahan lainnya

3. Menyusun Batu Bata

Siapkan semen yang sudah diaduk dan batu bata. Susun batu bata yang bagian bawahnya sudah dilapisi dengan semen di tembok. Pastikan tidak ada celah di sela-selanya untuk memastikan agar sisi tersebut kokoh dan tidak mudah rontok akibat kikisan air dan sinar matahari.

Baca juga: 5 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Menjadi Sejuk

4. Melapisi Bagian Batu Bata Luar

Setelah bagian dalamnya tersusun rapi, Pins juga wajib melapisi permukaan batu bata bagian luar dengan semen. Di tahap ini, kamu perlu memastikan jika lapisannya rapi terlebih dahulu. Pastikan proses ini dilakukan dengan cepat sebelum semen kering.

5. Menebalkan Semen di Bagian Tertentu

Tahapan dalam cara membuat relief dimulai di sini. Di bagian tertentu, kamu bisa mulai menebalkan semen di area tertentu yang akan dibuat relief. Kamu bisa mulai membuka sketsa desain yang sudah ditentukan di awal. Ketebalan dan tipis bagian itu disesuaikan dengan selera.

Untuk mencetaknya, kamu bisa membuatnya dengan bantuan sekop kecil yang sudah dipakai untuk mengaduk dan meratakan semen di dinding.

Baca juga: 10 Desain Taman Toga Kreatif

6. Memberikan Efek Menonjol di Area Tengah

Efek menonjol di area tengah
Source : Unsplash

Desain relief dinding taman minimalis bisa dibuat dengan memberikan efek menonjol di area tengah dinding. Beri batu bata yang di bagian atas dan bawahnya dipasang paku yang bertujuan supaya area ini bisa lebih kokoh. Kamu bisa memberi jarak untuk relief lainnya dan menerapkan cara yang sama dengan menambah batu bata terlebih dahulu.

7. Melapisi Kembali dengan Semen

Setelah tambahan batu bata ditempel, kamu bisa kembali melapisi dengan semen di permukaannya. Tak perlu terlalu rapi, bisa disesuaikan ketebalannya sesuai dengan desain sketsa relief. Tak perlu terlalu rapi juga karena akan ada proses lanjutan di bagian finishing-nya.

Baca juga: 15 Inspirasi Membuat Taman Kering Ala Jepang

8. Mengikis Bagian Luar

Untuk meninggalkan kesan yang alami, kamu bisa mengikis bagian luar yang sudah dilapisi semen dengan bantuan plastik tebal. Pins perlu memastikan jika permukaan dinding masih setengah kering supaya proses ini bisa lebih mudah.

9. Melubangi Bagian Tertentu

melubangi relief taman
Source : Unsplash

Relief akan terkesan semakin nyata jika ada area beberapa yang cekung ke dalam. Kamu bisa membuat aksen ini dengan melubangi area tertentu secara random dan justru tidak sejajar lurus. Pins bisa memakai bagian ujung gagang palu juga.

Baca juga: 15 Desain Roof Garden Taman di Atas Rumah

10. Melapisi dan Merapikan Relief

Jika dirasa ketebalan masih kurang, kamu bisa merapikan relief dengan menebalkan semen di bagian luarnya. Cara membuat relief tebing taman ini disesuaikan dengan desain yang sudah dipilih tadi. Kamu bisa mengulangi langkah di atas hingga mendapatkan ketebalan yang diinginkan.

11. Proses Pengecatan

Setelah relief jadi, kamu bisa menunggu semen mengering terlebih dahulu. Lalu, Pins bisa melakukan persiapan untuk pengecatan sebagai tahap finishing. Kamu bisa memakai cat tembok dari merek apa saja.

Warnanya pun bisa disesuaikan dengan selera. Biasanya, kamu bisa memilih warna abu-abu, coklat, merah, dan lainnya dalam tone yang gelap supaya meninggalkan kesan natural. Setelah dicat, tinggal ditunggu kering dan tebing taman siap untuk mempercantik area di sudut rumahmu.

Cara membuat relief tebing taman di atas terbilang cepat untuk dibuat sendiri bahkan oleh pemula. Budget yang perlu disiapkan juga relatif terjangkau. Pins dituntut untuk konsisten dan sabar untuk mengerjakan prosesnya sejak pemilihan desain, sketching, pembuatan, hingga finishing-nya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: LiveLessOrdinary


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Nismara Harapan Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download