BlogPemilik PropertiDesain HunianBagaimana Cara Menyemen Tanpa Pasir dengan Semen Instan?
0
0

Bagaimana Cara Menyemen Tanpa Pasir dengan Semen Instan?

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara menyemen tanpa pasirtop-right-banner

Semen merupakan salah satu bahan yang umum digunakan dalam konstruksi. Pembangunan jembatan, gedung, hingga perumahan pun menggunakan bahan satu ini sebagai media perekat. Semen memiliki kemampuan merekatkan keramik, batu, batako, batu bata dan bahan bangunan lainnya. Namun, apa Pins pernah mendengar cara menyemen tanpa pasir?

Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas mengenai metode menyemen tanpa pasir. Tentunya ada informasi tambahan mengenai bahan yang digunakan beserta kekurangan dan kelebihannya yang bisa Pins gunakan untuk mempertimbangkan metode ini. Simak ulasannya sampai selesai ya!

Baca juga: Cara Pemakaian dan Pencampuran Semen yang Baik

Mengenal Cara Menyemen Tanpa Pasir

cara menyemen tanpa pasir
Source : Freepik

Metode terbaru dalam membuat adonan semen tanpa pasir ini memang berasal dari kemajuan teknologi. Adonan semen yang pada dasarnya memerlukan campuran pasir ini memang memakan banyak waktu dalam pembuatannya. Untuk itulah muncul cara menyemen tanpa pasir yang bisa mempercepat proses tadi.

Lantas bagaimana bila tidak menggunakan campuran pasir? Langkah demi langkah untuk menggunakan semen tanpa pasir akan Pinhome informasikan di sini ya.

Baca juga: Lantai Semen Kekurangan Dan Kelebihannya Yang Harus Kamu Ketahui

Bahan Untuk Menyemen Tanpa Pasir

adonan semen
Source : Businesslive

Hal pertama yang perlu kita bahas mengenai metode ini adalah bahan atau material yang digunakan yakni semen instan. Penggunaan semen instan atau disebut juga dengan mortar ini adalah kunci atas penggunaan semen tanpa perlu pasir.

Pins bisa membeli semen instan dengan mudah di berbagai toko bangunan terdekat. Saat ini, pilihan merek semen instan juga sangat beragam. Kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi budget dan kebutuhan kualitas semen itu sendiri.

Persiapan untuk menggunakan semen instan cukup mudah. Kuncinya adalah kamu tidak perlu lagi mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya seperti salah satunya adalah pasir.

Baca juga: Kelebihan Batako Dibanding Batu Bata Merah

Kegunaannya sama dengan semen pada umumnya, perbedaannya adalah dari segi waktu. Kamu hanya perlu menyiapkan ember, masukan semen instan kemudian air dan campur menjadi satu adonan. Mudah sekali bukan?

Semen instan sendiri sudah mengandung bahan-bahan terbaik yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Tercatat bahan pasir khusus, PC1, zat aditif dan premium filler sudah masuk dalam kandungan semen instan.

Karena itu, tidak heran jika kekuatan perekatannya tidak kalah dengan campuran semen biasa dan pasir. Bahkan beberapa pembangunan justru mengandalkan semen instan ini sebagai bahan utama, lho.

Baca juga: Menghitung Pembuatan 1m2 Gudang Semen dan Peralatan

Menyemen Tanpa Pasir Untuk Plester Dinding

cara menyemen tanpa pasir
Source : Freepik

Untuk penerapan cara menyemen tanpa pasir yang dikhususkan untuk plester dinding atau acian, kamu harus memperhatikan apakah dinding sudah sesuai dengan kriteria.

Salah satunya adalah memastikan dinding tetap lembab dan tidak kering. Bila dalam keadaan kering, kamu bisa mengakalinya dengan menambah kelembaban. Caranya dengan menyiram dinding menggunakan air.

Namun Pins tetap perlu memperhatikan tingkat kelembapannya. Jangan sampai dinding menjadi terlalu basah karena kebanyakan disiram.

Baca juga: Cara Memplester Tembok Batu Bata Terbaik

Kelebihan Bahan Semen Instan

Source : Unsplash/Haneen Krimly

Ada beberapa kelebihan dari semen instan yang membuatnya naik ke unggulan teratas di kategori material bangunan.

  • Mortar mempunyai komposisi bahan yang menyesuaikan dengan jenisnya. Seperti semen instan yang digunakan pada acian atau plesteran akan berbeda dengan yang digunakan hanya untuk merekatkan batu bata. Ini membuat semen instan bisa menjadi pilihan di berbagai proses konstruksi.
  • Penggunaannya yang mudah dan pastinya anti ribet. Pins tidak perlu ribet mencampurnya dengan bahan lain seperti pasir. Kamu hanya perlu menggunakan air untuk mengencerkan sesuai dengan kebutuhan.
  • Semen instan juga aman digunakan karena tidak mengandung bahan-bahan yang beracun.
  • Daya rekatnya terbukti kuat, kedap air dan tidak menyebabkan korosi dikarenakan kandungan bahan yang berkualitas. Tidak heran semen instan lebih dipilih untuk bangunan-bangunan dengan jenis high risk.
  • Hasil akhir finishing kerap jauh lebih halus dan rata. Hal ini menjadikan semen instan lebih baik dari segi tampilan.
  • Penggunaan semen instan pada bangunan juga mampu meminimalisir adanya retak rambut yang biasanya terjadi pada beberapa dinding bangunan lho!

Wah, lumayan banyak juga ya keunggulan semen instan ini? Dari nilai plus di atas, tentunya Pins sudah bisa mengambil kesimpulan sementara mengenai value dari penggunaan mortar bukan?

Baca juga: Penyebab Permukaan Beton Keropos Setelah Di Cor

Kekurangan Semen Instan

Source : Healthline

Meski memiliki cukup banyak kelebihan yang membuat metode ini populer, namun Pins juga perlu mempertimbangkan kekurangannya.

Secara umum, kekurangan utama dari cara menyemen tanpa pasir menggunakan semen instan adalah biaya yang tidak sedikit. Kualitas yang ditawarkan semen satu ini memang sebanding dengan harganya.

Apalagi jenisnya beragam menyesuaikan dengan jenis dari bahan perekat, untuk itu pastinya biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar daripada penggunaan semen biasa.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Pasir dan Semen pada Plesteran Dinding Rumah

Dari ragam keunggulan yang sebelumnya telah dipaparkan, biaya menjadi salah satu kelemahan dari semen instan. Namun bila Pins telusuri lebih lanjut, hal ini pula dapat mengurangi biaya pembelian pasir dari semen biasa maupun dalam segi biaya tenaga kerja.

Di sisi waktu pun penggunaan semen instan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan penggunaan semen biasa. Dengan menggunakan mortar, luas area yang dikerjakan akan jauh lebih besar namun dalam rentan waktu yang bersamaan.

Itulah beberapa informasi cara menyemen tanpa pasir menggunakan semen instan. Pilihlah merek dan jenis semen instan yang tepat sesuai keperluan ya! Hal tersebut karena semen instan yang digunakan pada batu bata misalnya, berbeda dengan material untuk perekatan beton dan lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Pasir Untuk Pondasi Tower

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download