Pinhome

Finansial

Tips Agar Tidak Terjerat Utang Kredit Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mempunyai tempat tinggal yang aman dan nyaman tentunya ingin dimiliki oleh semua orang. Sebagian orang akan berpendapat bahwa jika memiliki rumah dianggap sebagai tingkat kemapanan seseorang. Membeli rumah tentunya bukan hal yang mudah, karena kita harus mengumpulkan sejumlah uang yang tidak sedikit. Pembelian rumah juga dapat dilakukan dengan cara mengajukan kredit ke bank. Pengajuan kredit rumah juga harus mempertimbangkan beberapa aspek, salah satunya adalah jumlah uang yang kita miliki. Kebanyakan orang akan mengumpulkan sejumlah uang hanya untuk DP, tetapi mereka tidak memikirkan uang untuk mencicil rumah sehingga mereka terjerat hutang kredit. Berikut ini adalah beberapa tips agar tidak terjerat utang kredit rumah.

Anda harus mempunyai penghasilan tetap dan stabil

Hal utama yang harus diperhatikan saat berniat untuk mencicil rumah ialah harus mempunyai penghasilan stabil dan tetap. Pendapatan yang tetap setiap bulannya tentu dapat digunakan untuk mencicil kredit rumah. Usahakan ketika mencicil rumah Anda mempunyai pekerjaan yang tetap.

Seseorang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap akan terancam di PHK sehingga Anda terancam terlilit hutang pada bank. Carilah pekerjaan sampingan atau cadangan sebelum Anda di PHK, karena biasanya perusahaan akan memberikan surat pemberitahuan terlebih dahulu. Jika tidak ada pemasukan sama sekali Anda akan mengalami kesulitan untuk bertahan hidup.

Anda harus mempunyai dana cadangan

Dana cadangan atau dana darurat memang harus dimiliki semua orang. Biasanya dalam hidup kita harus mengeluarkan biaya yang tak terduga, seperti biaya berobat, asuransi, dan lainnya. Apalagi ketika kita sudah membeli rumah pastinya kita butuh sejumlah dana untuk melakukan pengecatan dan renovasi.

Sisihkan pendapatan Anda setiap bulannya untuk ditabung sebagai dana cadangan. Hal tersebut wajib dilakukan untuk mencegah hal-hal buruk seperti kehabisan uang saat atap rumah bocoh serta tidak dapat berobat ketika sakit karena tidak mempunyai dana.

Simpan uang muka rumah anda dengan aman

Kendala utama yang dihadapi setiap orang yang mengajukan kredit rumah ialah menyiapkan sejumlah uang muka atau DP rumah. Uang tersebut tentunya tidak sedikit. Simpanlah uang tersebut dengan aman dan jangan sampai digunakan untuk keperluan lainnya. Ketika kita hendak membeli rumah, tentu kita tidak hanya harus mempunyai uang DP tetapi juga untuk keperluan lainnya. Keperluan tersebut misalnya untuk biaya listrik, air, dan internet.

Itulah beberapa tips agar Anda tidak terjerat utang kredit rumah. Biasakanlah pola hidup hemat dan sederhana. Menabung setiap bulannya dapat membantu untuk menghadapi kesulitan ekonomi Anda. Saat ini mungkin tidak ada biaya yang dikeluarkan, tetapi tabungan tersebut pasti berguna bagi masa yang akan datang. Akhirilah kebiasaan boros dan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak berguna mulai dari sekarang.

Tags :

Bagikan Artikel