BlogPemilik PropertiFinansial8 Daftar Reksadana Syariah Terbaik
0
0

8 Daftar Reksadana Syariah Terbaik

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
8 Daftar Reksadana Syariah Terbaiktop-right-banner

Masing-masing calon investor tentu punya pandangan sendiri ketika memilih instrumen investasi. Ini termasuk preferensi mereka untuk memilih reksadana syariah sebagai instrumen investasi yang berlangsung sesuai dengan ajaran agama Islam. Lantas, apa saja rekomendasi produk reksadana syariah terbaik?

Reksadana syariah memang menjadi pilihan untuk calon investor pemula yang berniat melakukan investasi minim risiko dan sesuai dengan syariat Islam. Tak hanya itu, bentuk investasi ini juga tidak memerlukan modal besar dan menawarkan keuntungan yang cukup menjanjikan. 

Baca juga: Berniat Investasi? Cek Cara Daftar Reksadana BCA dan Jenis Produknya Ini

Pilihan Reksadana Syariah Terbaik

Source : Freepik

Kalau kamu ingin mencoba berinvestasi melalui reksadana berbasis syariah, berikut beberapa rekomendasinya yang bisa kamu pertimbangkan:

Reksadana Syariah Bank Mandiri

Pilihan pertama yaitu reksadana syariah dari Bank Mandiri yang menawarkan likuiditas yang tinggi. Ini berarti, kamu bisa mencairkan atau menariknya setiap saat. Produk ini juga memberikan angka pemasukan investasi yang sangat menarik dan berlangsung sesuai dengan prinsip pasar modal syariah Indonesia.

Bank Mandiri menawarkan pilihan reksadana pasar uang yang mana semua dananya akan masuk pada instrumen pasar uang. Pembelian minimum adalah Rp100 ribu, sedangkan penjualan minimumnya Rp10 ribu. Tentunya, ini menjadi pilihan investasi yang menarik untuk calon investor konservatif karena risikonya juga terbilang kecil.

Reksadana Syariah Bank BNI

Source : Pinterest

Reksadana syariah terbaik lainnya yaitu milik Bank BNI. Melalui BNI-AM Saham Syariah Musahamah, Bank BNI menawarkan kenaikan nilai investasi yang cukup menarik. Semua dana investasi akan masuk pada instrumen efek syariah yang memiliki sifat ekuitas dan instrumen deposito syariah atau pasar uang syariah. 

Meski risikonya terbilang tinggi, potensi keuntungan atau imbal hasil yang kamu dapatkan melalui instrumen investasi ini juga cukup tinggi. Tidak ada salahnya untuk kamu coba, Pins!

Reksadana CIMB Syariah

Berikutnya adalah reksadana milik Bank CIMB Syariah. Produk reksadana syariah ini mempunyai tujuan untuk memaksimalkan peluang keuntungan dalam waktu yang lebih panjang melalui penempatan aset pada instrumen saham. 

Jenis reksadana ini juga memiliki risiko yang terbilang cukup tinggi. Inilah sebabnya, kamu sebaiknya mengambilnya untuk tujuan investasi dalam jangka yang lebih lama.

Baca juga: Lebih Untung Reksadana atau Saham?

MNC Dana Syariah

Source : Pinterest

Tak ketinggalan, produk reksadana syariah yang berasal dari MNC Dana Syariah. Lembaga ini berada di bawah pengelolaan PT MNC Asset Management bersama PT Bank Negara Indonesia (BNI). Produk reksadana ini menjadi populer karena menawarkan imbal hasil atau keuntungan yang terbilang cukup baik. 

Bahkan, kamu sangat mungkin untuk mendapatkan profit hingga 4,52% hanya dalam waktu sekitar 1 tahun dan mencapai 19,82% dalam jangka waktu kurang lebih selama 3 tahun. 

Simas Syariah Unggulan

Pilihan reksadana syariah terbaik lainnya adalah Simas Syariah Unggulan, yang menjadi milik PT Sinarmas Asset Management. Reksadana ini sangat pas untuk kamu yang berniat berinvestasi dalam jangka panjang. Sebab, keuntungannya juga baru bisa kamu dapatkan dalam jangka panjang, Pins. 

Setidaknya, selama kurang lebih 3 tahun belakangan ini, Simas Syariah Unggulan bisa mendapatkan profit sampai 22,4%. Kini, beberapa perusahaan telah menjadi pemegang saham, mulai dari PT Bank BRI Syariah, PT Multistrada Arah Sarana, PT HK Metals Utama, PT Integra Indocabinet, dan PT M Cash Integrasi sebagai pemegang saham teratas Simas Syariah Unggulan. 

Bahana Likuid Syariah

Source : Pinterest

Bahana Likuid Syariah menjadi reksadana syariah terbaik dari kepemilikan PT Bahana TCW Investment Management. Produk ini rilis secara resmi pada publik pada Januari 2015 silam. 

Reksadana syariah ini juga menawarkan profit yang cukup tinggi nilainya, yaitu sebesar 5,87% pada 2019 kemarin. Bahana Likuid Syariah sendiri menjalin kerja sama dengan bank kustodian Bank Standard Chartered dan sukses mendapatkan profit yang tinggi setiap tahunnya. 

Emco Liquid Syariah

Berada dalam kepemilikan PT Emco Asset Management dengan Bank Mandiri sebagai bank kustodian terbesar, Emco Liquid Syariah menjadi produk reksadana syariah yang memiliki nilai NAB yang terbilang stabil. Tak heran jika banyak investor yang tertarik untuk memilih produk reksadana ini, apa lagi risikonya juga terbilang rendah. 

Angka profit dari Emco Liquid Syariah sangat menjanjikan, Pins. Angka imbal hasilnya bahkan mencapai 4,57%. Semua dana yang terkumpul dari investor dalam reksadana ini akan masuk pada instrumen pasar uang dan deposito syariah. 

Baca juga: Reksadana Riba atau Tidak? Begini Penjelasannya

BNP Paribas Pesona Syariah

Source : Freepik

Rekomendasi reksadana syariah terbaik yang terakhir adalah BNP Paribas Pesona Syariah. Imbal hasil dari reksadana syariah ini juga cukup tinggi, Pins. Nilainya bahkan sampai lebih dari 7%. Selain Rupiah, BNP Paribas Pesona Syariah juga tersedia dalam Dollar Amerika (USD)

Reksadana ini juga menanamkan sahamnya pada berbagai perusahaan ternama. Sebut saja PT Unilever Indonesia, PT Telkom Indonesia, PT Indofood Sukses Makmur, dan PT Astra Internasional. 

Itu tadi beberapa rekomendasi reksadana syariah terbaik yang bisa kamu pertimbangkan sebagai investasi pertama. Pastikan kamu menilai untung dan ruginya dengan sangat cermat, ya, Pins. Jadi, kamu bisa mendapat untung maksimal dan tidak mengalami rugi. Selamat mencoba!

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Samesta Griya Martubung dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download