Pinhome

Tips Properti

Cara Jitu Menghemat Air Di Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Air merupakan hal penting bagi semua makhluk hidup di muka bumi ini. Tanpa adanya air maka sudah dapat dipastikan bahwa kehidupan akan musnah karena makhluk hidup yang ada mengalami dehidrasi yang berkepanjangan. Untuk mencegah hal buruk itu terjadi maka dibuatlah Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret untuk menghargai betapa pentingnya air sebagai sumber kehidupan. Hal ini dilakukan untuk membuat masyarakat lebih menghemat pemakaian air.

Semua orang membutuhkan air dan air lebih banyak dikeluarkan untuk mandi dibandingkan dengan kebutuhkan konsumsi. Itulah mengapa sangat perlu dilakukan penghematan untuk mencegah terjadinya kekurangan air atau kekeringan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghemat pemakaian air didalam rumah, antara lain:

Memanfaatkan Air Hujan

Hujan bukan berarti kendala besar yang patut diwaspadai pasalnya Anda dapat memanfaatkan jatuhnya puluhan ribu air hujan untuk menyirami tanaman-tanaman kesayangan Anda. Anda dapat membuat tampungan air hujan dengan membuat tampungan, misalnya saja berukuran 100 meter persegi yang nyatanya ukuran tersebut dapat menampung 2.270 liter air hujan. Melalui cara seperti ini maka Anda sudah mengikuti gerakan penghematan air dengan memanfaatkan air hujan.

Hemat Air Ketika Mandi

Mandi merupakan kewajiban untuk membuat tubuh menjadi harum dan bersih bebas dari kuman-kuman yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Banyak orang sangat menyukai mandi dan bermain air selama berjam-jam di kamar mandi. Hal ini justru merupakan tindakan yang salah, pasalnya pada saat mandilah air akan terbuang lebih banyak, terlebih lagi jika Anda mandi dengan menggunakan gayung atau bathtub, air yang terbuang pastinya banyak. Untuk itu gunakanlah shower ketika mandi untuk lebih menghemat  air yang dibuang. Penggunaan shower ini dapat menghemat air lebih dari 60%. Namun jika Anda masih menggunakan bak mandi atau bathtub maka tutuplah kran air jika air sudah penuh.

Menghemat Air Saat Cuci Piring dan Baju

Mencuci piring atau baju adalah rutinitas yang dilakukan setiap hari. Oleh karena itu matikan kram saat Anda sedang menyabuni berbagai peralatan masak dan makan. Selain itu cucilah pakaian secara hemat air, jangan terlalu banyak membuang air. Gunakanlah seperlunya saja, asalkan peralatan masak atau makan dan baju sudah tidak ada sabun atau busa maka hentikanlah pemakaian air tersebut.

Demikian beberapa cara untuk menghemat pemakaian air dalam aktivitas sehari-hari. Ketika didalam benak Anda sudah tertanam kata “hemat air” maka bukan tidak mungkin Anda akan memakai air seperlunya saja. Untuk menghemat pemakaian air, Anda dapat memulainya dari diri Anda terlebih dahulu dan hal ini berlaku untuk semua orang yang ada di belahan dunia manapun.

Tags :

Bagikan Artikel