BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPABeli Rumah Atau Apartemen, Mana yang Cocok Untuk Millenial?
0
0

Beli Rumah Atau Apartemen, Mana yang Cocok Untuk Millenial?

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mei 9, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
beli rumah atau apartementop-right-banner

Beli Rumah Atau Apartemen, Mana yang Cocok Untuk Millenial?

Generasi millenial adalah kelompok muda-mudi yang lahir pada awal 80-an hingga pertengahan tahun 90-an. Saat ini, generasi millenial tentu sudah mampu memutuskan sendiri apakah ia akan beli​ rumah atau apartemen sebagai huniannya.

Penduduk negara Indonesia semakin waktu semakin meningkat. Hal ini tentu saja berdampak pada semakin sedikitnya lahan hunian yang bisa dimanfaatkan oleh generasi millenial. Krisis lahan tersebut bermuara pada pertanyaan: lebih baik beli rumah atau apartemen​?​

Mengingat sekarang ini, pertanyaan mengenai beli​ rumah atau apartemen semakin sering lumrah dilontarkan. Tidak seperti jaman dahulu ketika hunian modern layaknya apartemen belum terlalu “hits”.

Sebagai pertimbangan, kamu pun memerlukan saran dari berbagai pihak Pins, agar bisa lebih mantap dalam memutuskan beli rumah atau apartemen.​

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Membeli Rumah Milenial #MulainyaDariSini

Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Hunian

desain rumah minimalis
Source : Architecture Beast

Memilih hunian baik apartemen atau rumah tidaklah semudah seperti yang Pins bayangkan. Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum suatu hunian dipilih. Ini dilakukan agar Pins tidak salah pilih dan bisa mendapatkan hunian impian yang nyaman.

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan rumah dan apartemen, Pins perlu membandingkan dulu beberapa faktor yang membedakan jenis hunian ini, di antaranya:

Lokasi

Sebelum menentukan pilihan antara apartemen atau rumah, Pins bisa melihat perbandingan kedua hunian tersebut dari sisi lokasi. Apartemen biasanya di bangun di tengah kota yang dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti perkantoran, swalayan, dan tempat hiburan.

Ini dilakukan agar penghuninya lebih mudah dalam melakukan mobilitas. Sebaliknya, pembangunan rumah biasanya tidak pernah melihat lokasi. Ada kalanya rumah di bangun dekat dengan pusat kota. Tidak jarang Pins menemui rumah yang berada di pinggiran kota jauh dari keramaian.

Baca juga: Strategis Banget! 7 Perumahan Serpong Mewah Bernuansa Tropis

Harga

Jika Pins mau membandingkan antara apartemen atau rumah, harga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Secara kasat mata, apartemen dapat dimiliki dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan rumah. Ini tidak mengherankan, sebab ketika Pins membeli apartemen, hanya bangunannya lah yang menjadi hak milik.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan pembelian rumah, dimana ketika Pins membeli rumah, tidak hanya bangunan saja yang dibeli melainkan juga dengan tanahnya.

Fasilitas

sewa rumah atau apartemen
Source : Shutterstock

Setiap hunian baik itu apartemen atau rumah pasti dilengkapi oleh fasilitas pendukung. Namun, ketika Pins membeli sebuah rumah di perumahan, fasilitas yang diberikan tidak akan selengkap apartemen.

Saat membeli sebuah apartemen, Pins biasanya juga bisa menikmati berbagai fasilitas apartemen yang disediakan oleh pihak pengelola seperti kolam renang, lobi, lapangan tenis hingga taman bermain.

Keamanan

Salah satu kelebihan apartemen dibandingkan dengan rumah adalah sistem keamanannya yang sangat ketat. Tidak sembarang orang diperbolehkan untuk masuk ke dalam apartemen. Kalaupun ada yang masuk, maka petugas keamanan akan melakukan pemeriksaan.

Tidak hanya itu, di sekitar apartemen biasanya juga dipasang kamera cctv untuk memantau lingkungan di sekitar apartemen.

Hal tersebut tidak akan ditemukan di lingkungan perumahan dimana biasanya hanya dilakukan penjagaan seadanya. CCTV juga biasanya hanya dipasang pada titik-titik tertentu bahkan terkadang tidak dipasang.

Baca juga: Daftar Biaya Pasang CCTV Rumah Terlengkap, Demi Keamaan

Ketersediaan Ruang

Sebenarnya baik apartemen atau rumah, keduanya memiliki ruang yang cukup bagi penghuninya. Namun, bagi Pins yang membutuhkan banyak personal space, tinggal di apartemen mungkin bukan pilihan terbaik. Ini dikarenakan ruang di apartemen sangat terbatas.

Ruangan yang Pins miliki saat membeli apartemen hanyalah ruang kamar. Taman, halaman dan teras merupakan ruang yang tidak akan bisa Pins nikmati dari sebuah apartemen.

Sebaliknya, sebuah rumah memiliki banyak ruang yang bisa Pins gunakan secara bebas. Pins bisa menggunakan taman, atau halaman dan teras sesuka hati karena kesemua itu adalah milik Pins pribadi.

Biaya Perawatan

lebih baik sewa rumah atau apartemen di jakarta
Source : Bisnis.com

Ketika Pins bimbang memilih apartemen atau rumah, biaya perawatan hunian bisa menjadi salah satu pertimbangan. Apartemen biasanya menarik biaya untuk melakukan perawatan. Karena itulah lingkungan di apartemen tidak pernah kotor.

Selain biaya perawatan, Pins juga harus membayar biaya listrik, air dan langganan parkir. Semua biaya tersebut tentu saja tidaklah murah.

Sementara itu, biaya perawatan rumah jauh lebih murah atau bahkan tidak ada jika Pins mau membersihkan lingkungan sendiri. Pins juga tidak perlu membayar parkir karena telah memiliki garasi sendiri.

Baca juga: Apartemen DP 0 Persen Jakarta? Apakah Ada?

Peraturan dan Larangan

Salah satu hal yang paling mencolok dari apartemen adalah adanya peraturan dan larangan yang harus dipatuhi oleh penghuninya. Ada kalanya peraturan dan larangan tersebut menyulitkan penghuni apartemen seperti larangan membawa hewan piaraan atau larangan memodifikasi ruangan.

Hal ini tentu tidak akan terjadi ketika Pins tinggal di rumah. Meskipun apartemen atau rumah sama-sama memiliki aturan, tetapi peraturan dan larangan di rumah adalah hal yang Pins tentukan sendiri. Ketika Pins tinggal di rumah, Pins juga bebas memodifikasi rumah atau memelihara seekor binatang.

Budget

Faktor terpenting saat memilih sebuah hunian entah apartemen atau rumah adalah budget. Pins harus bisa menyesuaikan budget dengan hunian yang akan dipilih. Jika Pins akan memilih apartemen, pilihlah jenis apartemen yang masih terjangkau oleh kantong.

Begitu juga apabila Pins akan membeli rumah. Jangan tergoda oleh ukuran rumah sehingga Pins harus mengeluarkan biaya jauh di atas kemampuan Pins. Over budget saat membeli apartemen atau rumah harus dihindari sebisa mungkin karena bisa menyusahkan.

Baca juga: Anggaran Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai dan Estimasinya

Lingkungan Sekitar

Satu hal lagi yang perlu Pins perhatikan sebelum memilih apartemen atau rumah, yakni lingkungan sekitar. Meskipun apartemen bisanya memiliki lingkungan yang lebih aman dibanding rumah, bukan berarti Pins bisa asal memilih apartemen. Perhatikan lingkungan geografi apartemen dan juga suasana sosial di gedung apartemen.

Baik bagi apartemen atau rumah, lingkungan sekitar merupakan hal yang penting. Ketika Pins memilih rumah, pastikan lingkungan sekitar aman dan nyaman untuk ditinggali, sehingga Pins akan merasa betah.

Baca juga: Tanda Lingkungan Rumah yang Nyaman Meskipun baru Dihuni

Dekat dengan Sekolah

Bagi Pins yang sudah berkeluarga dan memiliki anak usia sekolah, faktor jarak sekolah dengan apartemen atau rumah yang akan dipilih perlu dipertimbangkan. Sebaiknya Pins memilih hunian yang dekat dengan sekolah agar tidak merasa repot mengantar anak ke sekolah.

Meskipun Pins sekarang belum memiliki anak, tidak ada salahnya memilih hunian baik itu apartemen atau rumah yang dekat dengan sekolah. Bisa saja dimasa depan, hunian yang dekat dengan sekolah tersebut bisa dijadikan investasi.

Tetangga

Pins harus ingat bahwa Pins tidak tinggal sendirian baik itu di apartemen atau rumah. Ada orang lain di sekitar Pins yang disebut tetangga. Oleh karena itu, sebelum memilih hunian tidak ada salahnya jika Pins memeriksa kebiasaan calon tetangga.

Pastikan bahwa tetangga di apartemen atau rumah yang akan Pins pilih tidak menimbulkan rasa tidak nyaman, karena memiliki perbedaan mendasar. Dengan begitu Pins akan merasa nyaman dan betah tinggal di hunian tersebut.

Baca juga: 

Beli Rumah atau Apartemen?

beli rumah atau apartemen
Source : Shutterstock

Hunian berbentuk apartemen semakin berkembang selaras dengan kemajuan teknologi serta perkembangan jaman. Mungkin generasi millenial sekarang ini sedang bingung memikirkan mending​ beli rumah atau apartemen.​ ​

Keduanya memiliki berbagai plus minus yang bisa dijadikan pertimbangan. Berikut ini berbagai hal yang harus kamu tahu tentang kekurangan dan kelebihan beli rumah vs apartemen Pins. Yuk, check it out​​!

Baca juga: Model Perumahan Minimalis yang Cocok untuk Para Milenial di Jakarta dan Sekitarnya

Beli Apartemen Seringkali Lebih Mudah

Beli rumah atau apartemen memang bisa menjadi hal yang membingungkan. Kebanyakan orang menganggap administrasi atau birokrasi sebagai masalah utama. Namun harus kamu tahu Pins, beli bangunan apartemen seringkali lebih mudah dibandingkan dengan rumah biasa.

Hal ini dikarenakan ketika kamu membeli apartemen, hanya bangunan saja yang akan menjadi milikmu. Sedangkan jika membeli rumah, kamu harus membeli tanah beserta bangunannya.

Sehingga birokrasinya pun juga akan semakin sulit Pins. Kamu harus kesana kemari untuk mengurus perijinan atau balik nama sertifikat tanah, yang tidak akan kamu alami jika membeli apartemen. Untuk itu, bagi generasi millenial yang tidak ingin ribet​ ​, apartemen bisa dijadikan pilihan pertama.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Memilih Rumah atau Apartemen sebagai Hunian

Desain Rumah Lebih Fleksibel daripada Apartemen

beli rumah atau apartemen
Source : Dekoruma.com

Ada pertimbangan lain yang bisa dipikirkan oleh generasi millenial yang pusing pilih beli​ rumah atau apartemen,​ yaitu dalam hal desain. Beli apartemen memang mudah, namun kamu harus siap menerima desain yang telah disediakan kontraktor Pins.

Hal ini tentu saja membuat banyak orang kurang berminat​, karena tidak semua orang memiliki selera yang sama. Biasanya, orang yang ingin mendesain sendiri bentuk huniannya, akan memilih rumah daripada apartemen.

Bayangkan, jika kamu membeli apartemen kamu hanya akan mendapatkan fasilitas standar seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan kamar tamu. Sebaliknya, jika kamu beli rumah maka kamu bisa menambahkan berbagai fasilitas lain Pins. Kolam renang pribadi, misalnya.

Baca juga: Mengenal Transit on Demand (TOD), Trend Baru Hunian Milenial

Harga Apartemen Jauh Lebih Terjangkau

beli rumah atau apartemen

Sudah bukan rahasia umum lagi Pins, jika harga apartemen lebih terjangkau daripada rumah. Margin​ ​harga yang tinggi seringkali disebabkan oleh perbedaan fasilitas yang akan didapat ketika beli rumah atau apartemen.​

Ketika kamu beli rumah, kamu akan mendapatkan tanah beserta bangunannya Pins. Berbeda dengan pembelian apartemen yang membuat pembeli hanya mendapatkan hak beli bangunan, tidak dengan tanahnya.

Untuk generasi millenial yang memiliki tingkat penghasilan tidak terlalu tinggi, disarankan untuk membeli apartemen. Pun demikian dengan orang-orang yang hidup di kota dengan tingkat pertumbuhan penduduk tinggi seperti Jakarta.

Apartemen sangat memungkinkan kamu menghuni bangunan tanpa ada keharusan membeli lapak tanah.

Baca juga: Hijau dan Smart, Ini Tren Rumah 2020 ala Milenial

Rumah Sangat Cocok Jika Kamu Menginginkan Lingkungan Sosial

beli rumah atau apartemen

Sebagai warga Indonesia, tentunya ada orang yang menginginkan lingkungan hunian yang ramah terhadap orang baru. Tingkat sosial yang tinggi akan lebih mudah didapatkan jika kamu membeli rumah biasa Pins. Berbeda dengan lingkungan apartemen.

Sebagian besar apartemen pasti dibangun di dekat pusat kota, untuk menjangkau  “target pasar” yang mencari hunian di lahan yang sempit. Letak pembangunan apartemen tersebut mempengaruhi perilaku para pemilik bangunan, tentu saja.

Tidak heran jika orang-orang yang tinggal di apartemen lebih suka mengurung diri jika tidak ada kepentingan. Karena mereka termasuk orang yang “sibuk”.

Hal ini ada bagusnya Pins, kesibukan sehari-harimu tidak akan terganggu jika memilih apartemen. Kamu tinggal menyesuaikan pemilihan berdasarkan kebutuhanmu, ya​.

Baca juga: Untuk Milenial, Lebih Baik Sewa Rumah atau Apartemen di Jakarta?

Apartemen Identik dengan Lokasi Strategis

Source : Shutterstock

Terletak di dekat jantung kota menyebabkan banyak milenial yang memilih apartemen daripada rumah. Karena beli​ rumah atau apartemen seringkali harus mempertimbangkan akses ke berbagai fasilitas publik.

Perlu kamu tahu Pins, bahwa mayoritas pemilik apartemen menonjolkan kemudahan akses ke berbagai fasilitas publik sebagai kelebihannya. Mereka tidak segan-segan secara eksplisit mengajak calon pembeli untuk menjadi bagian mereka agar bisa “meraih” kepraktisan tersebut.

Contohnya saja, “Hanya 5 menit akses dari Plaza XXX”. Kalimat tersebut sangat mudah ditemui di berbagai iklan apartemen. Sehingga, kamu yang ingin mendapatkan lokasi yang strategis, bisa memilih apartemen.

Beli Rumah Lebih Unggul dalam Hal Kepemilikan

Ketika beli​ rumah atau apartemen,​ pasti yang kamu pikirkan adalah model sertifikat kepemilikan bangunan tersebut. Ya, benar sekali Pins, jika membeli rumah kamu akan mendapatkan SHM atau Sertifikat Hak Milik.

Sedangkan apartemen berdiri di berbagai jenis lahan, diantaranya Tanah Hak Milik, Tanah Negara, hingga Tanah Pengelolaan. Sehingga kepemilikannya dibagi bersama dengan pemilik apartemen lainnya. Dan ketika ada masalah dengan lahan yang dihuni, keberadaanmu akan terancam Pins.

Ruang Gerak akan Lebih Leluasa Jika Beli Rumah

Source : Shutterstock

Membeli apartemen dengan harga yang lebih terjangkau membuat kamu kurang memiliki ruang gerak. Akses yang akan kamu miliki pastinya hanya berkutat di dalam ruangan yang telah kamu bayar lunas.

Berbeda halnya jika kamu memilih rumah ketika mempertimbangkan akan beli​ rumah atau apartemen.​ Kamu akan bisa bercocok tanam di halaman belakang, memelihara hewan kesayangan di luar rumah, hingga memiliki taman pribadi untuk bermain anak-anak.

Belilah rumah jika kamu menginginkan kebebasan hidup, Pins. Walaupun pengeluaran akan lebih besar, namun hal tersebut akan sepadan dengan kebahagiaan yang akan kamu dapat seumur hidup.

Sistem Keamanan 24 Jam

Yang terakhir, apartemen memiliki keunggulan di bidang keamanan Pins. Faktor keamanan di apartemen cukup banyak. Ada yang dihadirkan dalam bentuk penjagaan satpam, penitipan barang ataupun anak, hingga CCTV.

Gedung apartemen yang terintegrasi dengan CCTV selama 24 jam menyuguhkan rasa aman pada para pembelinya. Kamu tidak perlu khawatir terjadi pencurian atau perampokan seperti yang terjadi ketika kamu membeli rumah biasa.

Kamu pun tidak perlu khawatir meninggalkan anakmu di penitipan anak sehingga kamu bisa kerja dengan tenang.

Itulah beberapa plus dan minus yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan beli rumah atau apartemen.​ Dengan berbagai tips yang telah kami berikan, mana yang akan kamu pilih Pins?

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Casa de Parco dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download