BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiBeberapa Penyebab Bisnis Rumah Kos Gagal
0
0

Beberapa Penyebab Bisnis Rumah Kos Gagal

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 6, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
penyebab bisnis rumah kost gagaltop-right-banner

Pengalaman dalam mengelola usaha rumah sewa merupakan pelajaran berharga untuk meraih kesuksesan di masa depan. Tidak peduli apakah itu pengalaman yang bersifat gagal atau sukses. Kesuksesan berawal dari kegagalan, jadikan kegagalan adalah batu lompatan kamu untuk meraih kesuksesan di depan. Simak artikel ini untuk mengetahui penyebab bisnis rumah kos gagal!

Kamu dapat menemukan rumah yang memiliki akses transportasi dekat di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung untuk memudahkan mobilisasi kamu. Kamu juga dapat membangun rumah di daerah yang kamu sukai dan dengan desain yang kamu sukai dengan memanfaatkan Pengajuan KPR.

Baca juga: Penting! Ini Tips dan Lokasi Strategis untuk Bisnis Kosan, Dijamin Laris Manis

Penyebab Bisnis Rumah Kost Gagal

Jika mengalami kegagalan maka kita bisa belajar untuk tidak terperosok ke lubang yang sama di kemudian hari. Untuk Pins yang telah sukses maka bisa belajar dengan langkah tepat. Termasuk bagaimana cara mengembangkanya agar semakin sukses.

Dengan mengetahui masalahnya, kita bisa melakukan langkah antisipasi untuk pencegahan maupun perbaikan apabila kegagalan itu sedang terjadi. Berikut penyebab penyebab bisnis rumah kos gagal yang perlu diketahui, di antaranya:

1. Manajemen Pengelolaan yang Tidak Tepat

penyebab bisnis rumah kost gagal
Source : Finansialku

Perlu dipikirkan bagaimana para penghuni akan memasak, mencuci, menyetrika, menjemur dan bagaimana peraturan rumah kos dibuat. Hal itu dilakukan agar aktivitas di tempat kos dapat berjalan secara tertib dan lancar.

2. Penyewa Tidak Terlayani dengan Baik

Perlunya pelayanan yang baik apabila penyewa membutuhkan bantuan. Misalnya permintaan perbaikan pintu teralis yang rusak, permintaan duplikat kunci dan hal lainnya. Sebagai pengelola sebaiknya mampu mengatasi beberapa hal tersebut. 

Baca Juga: Desain Kamar Kost Kekinian

3. Fasilitas yang Sering Bermasalah

Source : iStock

Listrik dan air bisa jadi kebutuhan pokok dalam menghuni rumah kos. Jika keduanya sering mati maka penyewa akan berpikir untuk mencari alternatif rumah kos lain yang lebih lancar. Hal inilah yang terkadang menjadi penyebab bisnis tersebut gagal. Selain itu ada banyak penyebab listrik boros yang bisa-bisa membuat biaya bulanan naik.

Baca Juga: Daerah yang Cocok Untuk Rumah Kos

4. Bangunan Rumah Kos yang Kurang Menarik

Bangunan rumah kos juga perlu didesain sedemikian rupa agar nyaman, aman dan indah. Contohnya desain kost 3 lantai dengan area parkir motor yang mudah, adanya taman yang menyegarkan, sirkulasi udara bersih dan lancar. Segala bentuk kemudahan akan membuat penghuni semakin nyaman. 

Baca Juga: Tujuan Membeli Rumah Tinggal

5. Lingkungan Tidak Bersih

penyebab bisnis rumah kost gagal
Source : Finansialku

Hal ini juga sangat mempengaruhi kenyamanan dalam bertempat tinggal. Pengelolaan sampah perlu diatur secara khusus agar tidak berserakan atau bahkan baunya mengganggu penyewa. Tentunya, akan berpengaruh bagi kesehatan penghuni.

6. Lingkungan Tidak Aman

Jika perlu pengusaha rumah kos menyewa tenaga keamanan dengan SOP security khusus, yang bertugas menjaga keamanan dan melayani keluhan-keluhan yang timbul. Sehingga, managemen di dalam ruang lingkup kos dapat terjaga dengan baik, yang nantinya untuk memudahkan antisipasi dan perbaikan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Genteng Rumah Bocor Saat Bocor

7. Uang Sewa Macet

Source : iStock

Jika berangsur secara terus menerus maka pengusaha rumah kos bisa terganggu keuangannya sehingga mempengaruhi pengelolaan rumah yang disewakan. Ketertiban dalam membayar sewa perlu diperhitungkan dengan baik. Tentunya, Pins mungkin memerlukan tenaga penjaga atau pengelola.

8. Pusat Keramaian di Dekat Lokasi Kos Tutup

Bisa jadi kampus, pusat perbelanjaan atau kantor tutup sehingga calon penyewa menjadi berkurang. Namun kondisi ini jarang terjadi, jadi kita bisa berusaha mengeluarkan jurus-jurus tertentu agar hal-hal tersebut tidak sampai menyebabkan bisnis rumah kos kita harus gulung tikar.

Pins harus melayani sebaik mungkin setiap penyewa yang datang dan mengkondisikan mereka agar mematuhi peraturan. Termasuk ketepatan waktu dalam membayar uang sewa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca Juga: Perkembangan Bisnis Properti di Bekasi

Feature Source Image: Bresdel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download