BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiBeberapa Penyebab Bisnis Rumah Kos Gagal
0
0

Beberapa Penyebab Bisnis Rumah Kos Gagal

Dipublikasikan oleh Abdurrahman Marangga dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
penyebab bisnis rumah kost gagaltop-right-banner

Pinhome – Pengalaman dalam mengelola usaha rumah sewa merupakan pelajaran berharga untuk meraih kesuksesan dimasa depan. Tidak peduli apakah itu pengalaman yang bersifat gagal atau sukses. 

Jika mengalami kegagalan maka kita bisa belajar untuk tidak terperosok kelubang yang sama dikemudian hari. Untuk Pins yang telah sukses maka bisa belajar dengan langkah tepat. Termasuk bagaimana cara mengembangkanya agar semakin sukses. Dengan mengetahui masalahnya, kita bisa melakukan langkah antisipasi untuk pencegahan maupun perbaikan apabila kegagalan itu sedang terjadi.

Penyebab Bisnis Rumah Kost Gagal

Berikut penyebab bisnis rumah kost gagal yang perlu diketahui, diantaranya:

Manajemen Pengelolaan yang Tidak Tepat

Perlu dipikirkan bagaimana para penghuni akan memasak, mencuci, menyetrika, menjemur dan bagaimana peraturan rumah kos dibuat. Hal itu dilakukan agar aktifitas ditempat kos dapat berjalan secara tertib dan lancar.

penyebab bisnis rumah kost gagal
Source : Finansialku.com

Penyewa Tidak Terlayani dengan Baik

Perlunya pelayanan yang baik apabila penyewa membutuhkan bantuan. Misalnya permintaan perbaikan pintu yang rusak, perimintaan duplikat kunci dan hal lainnya. Sebagai pengelola sebaiknya mampu mengatasi beberapa hal tersebut. 

Baca Juga: Desain Kamar Kost Kekinian

Penyebab Bisnis Rumah Kost Gagal Karena Listrik atau air sering mati

listrik dan air bisa jadi kebutuhan pokok dalam menghuni rumah kos. Jika keduanya sering mati maka penyewa akan berpikir untuk mencari alternatif rumah kos lain yang lebih lancar. Hal ini lah yang terkadang menjadi penyebab bisnis tersebut gagal.

Baca Juga: Daerah yang Cocok Untuk Rumah Kos

Bangunan Tidak Didesain dengan Bagus

Bangunanya juga perlu didesain sedemikian rupa agar nyaman, aman dan indah. Contohnya area parkir motor yang mudah, adanya taman yang menyegarkan, sirkulasi udara bersih dan lancar. Segala bentuk kemudahan akan membuat penghuni semakin nyaman. 

Baca Juga: Tujuan Membeli Rumah Tinggal

Lingkungan Tidak Bersih

Hal ini juga sangat mempengaruhi kenyaman dalam bertempat tinggal. Pengelolaan sampah perlu diatur secara khusus agar tidak berserakan atau bahkan baunya mengganggu penyewa. Tentunya, akan berpengaruh bagi kesehatan penghuni.

penyebab bisnis rumah kost gagal
Source : Finansialku.com

Lingkungan Tidak Aman

Jika perlu pengusaha rumah kos menyewa tenaga security khusus, yang bertugas menjaga keamanan dan melayani keluhan-keluhan yang timbul. Sehingga, management di dalam ruang lingkup kost dapat terjaga dengan baik. Untuk memudahkan antisipasi dan perbaikan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Genteng Rumah Bocor Saat Bocor

Uang Sewa Macet

Jika berangsur secara terus menerus maka pengusaha rumah kos bisa terganggu keuanganya sehingga mempengaruhi pengelolaan rumah yang disewakan. Ketertiban dalam membayar sewa perlu diperhitungkan dengan baik. Tentunya, Pins mungkin memerlukan tenaga penjaga atau pengelola.

Pusat Keramaian Didekat Lokasi Kos Tutup

Bisa jadi kampus, pusat perbelanjaan atau kantor tutup sehingga calon penyewa menjadi berkurang. Namun kondisi ini jarang terjadi. Jadi kita bisa berusaha mengeluarkan jurus-jurus tertentu agar hal-hal tersebut tidak sampai menyebabkan bisnis rumah kos kita harus gulung tikar. Intinya adalah melayani sebaik mungkin setiap penyewa yang datang dan mengkondisikan mereka agar mematuhi peraturan. Termasuk ketepatan waktu dalam membayar uang sewa.

Baca Juga: Perkembangan Bisnis Properti di Bekasi

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download