BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa RumahTips Cari Rumah Sewa yang Menguntungkan
0
0

Tips Cari Rumah Sewa yang Menguntungkan

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Des 20, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
tips mencari rumah sewa yang menguntungkantop-right-banner

Untuk Pins yang belum mempunyai rumah sendiri, ataupun sedang dalam sebuah perantauan, harus lebih berhati-hati dalam memilih rumah sewa. Tips cari rumah sewa yang menguntungkan memang sedikit sulit. Hal ini dikarenakan jika salah memilih rumah sewa dapat membuat kamu menyesal selama masa sewa tersebut. Kamu perlu memperhatikan beberapa tips untuk memilih rumah sewa yang baik agar dapat memberikan keuntungan bagi penyewanya. Berikut beberapa diantaranya!

Kamu dapat memiliki rumah yang siap untuk dihuni dengan tampilan menarik dan nyaman di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Kamu juga bisa mendapatkan referensi rumah terbaik edisi Pinhome melalui Rumah Ekslusif.

Baca Juga: 

Tips Mencari Rumah Sewa Menguntungkan dan Nyaman

Kenyamanan tempat tinggal menjadi salah satu faktor utama kita dalam memilih hunian yang akan disewa. Jika hunian tersebut tidak dapat memberikan kenyamanan, tentunya kita akan merasa tidak betah dan menyesal.

Saat ini banyak rumah yang disewakan atau seperti kontrakan yang saat ditinggali, ternyata tidak bisa memberikan kenyamanan untuk penghuninya. Oleh sebab itu, Pins harus membaca tips mencari rumah sewa yang menguntungkan berikut ini. Supaya tidak menyesal di kemudian harinya. Berikut ini beberapa tips cari rumah sewa yang menguntungkan:

1. Jangan Lupakan Surat Perjanjian Sewa Rumah

tips mencari rumah sewa yang menguntungkan
Source : Dekoruma

Tips yang paling utama agar Pins tidak melewatkannya adalah membuat surat perjanjian sewa rumah. Surat perjanjian ini menjadi penting karena menjadi surat yang akan melindungi hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Dalam surat perjanjian sewa rumah akan tercantum syarat dan ketentuan transaksi sewa-menyewa rumah. Disarankan ketika penandatanganan berlangsung, dilakukan bersama saksi atau pihak ketiga seperti RT/RW, notaris, atau yang lainnya.

2. Harga Sewa yang Tepat

Pilihlah rumah sewa dengan harga sewa yang cukup terjangkau berdasarkan kemampuan kamu. Harga disini haruslah sesuai juga dengan fasilitas yang ada. Jangan sampai ingin memperoleh harga yang murah, namun meminta fasilitas yang lengkap.

Tentu saja hal tersebut sangat jarang ditemui.

3. Perhatikan Kualitas dan Fasilitas Rumah

tips mencari rumah sewa yang menguntungkan
Source : Kompas

Perhatikan beberapa hal seperti bagus atau tidaknya bangunan tersebut, toilet yang bersih atau tidak, tempat tidur yang nyaman atau tidak dan lain-lain. Atau Pins juga dapat membandingkan antara 2 rumah dengan fasilitas sama. Kemudian pilihlah satu yang memberikan harga lebih murah.

Dalam rumah sewa juga terdapat perbedaan yang diberikan misalnya rumah sewa yang menghadirkan perabotan atau yang biasa disebut dengan full furnished. Ada pula rumah sewa yang kosongan tidak memberi perabotan.

Baca Juga: 

4. Lokasi Rumah Sewa

Selanjutnya, Pins harus menentukan rumah sewa yang lokasinya dekat dengan aktivitas yang akan kamu lakukan. Misalnya apabila Pins bekerja, maka Pins harus memilih rumah kontrakan yang tentunya dekat dengan tempat kerja. Dengan hal tersebut, maka kamu akan lebih mudah menjangkau tempat kerja dan tentunya dengan waktu yang cepat.

5. Melakukan Survey Rumah Secara Langsung

Source : Kompas

Hal terpenting lain yang harus anda perhatikan sebagai tips mencari rumah sewa adalah pilih rumah yang tidak jauh dari tempat ibadah. Tempat tinggal yang dekat dengan tempat ibadah akan membuat Anda selalu teringat waktu ibadah. Selanjutnya, memperhatikan tempat serta lingkungan yang bersih.

Hal ini tentu akan sangat penting karena dengan tinggal di rumah serta lingkungan yang bersih. Maka kesehatan dan kebersihan anda akan selalu terjaga. Kamu akan tinggal jauh dari tempat pembuangan sampah umum, selokan yang bau, sisa-sisa dari pembuangan limbah pabrik, polusi pabrik dan lain sebagainya. 

6. Meminta Kontak Darurat Pemilik Rumah Sewa

Tips keenam adalah meminta kontak darurat pemilik rumah sewa. Hal ini dilakukan untuk menghubungi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti padamnya listrik, konsleting listrik, tidak ada air, dan beberapa hal lainnya.

7. Pilih Siklus Membayar Bulanan

Source : Aangankutir

Tips terakhir dalam cari rumah sewa yang menguntungkan adalah memilih siklus pembayaran bulanan. Mengapa bulanan? Mengapa tidak tahunan? Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi, apabila Pins kurang nyaman dengan rumah sewa tersebut.

Jadi Pins masih bisa pindah ke rumah pilihan Pins.

Itulah beberapa tips dalam cari rumah sewa yang menguntungkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca Juga:

Feature Source Image: UtopiaHoldings


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Vasa Jagakarsa dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download