BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiPenting! Ini Tips dan Lokasi Strategis untuk Bisnis Kosan, Dijamin Laris Manis
0
0

Penting! Ini Tips dan Lokasi Strategis untuk Bisnis Kosan, Dijamin Laris Manis

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Des 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bisnis kosan menjadi salah satu usaha yang ramai peminat. Selain mudah untuk mendapatkan penghasilan, bisnis kosan juga bisa menjadi sebuah media investasi dengan mengandalkan properti yang dimiliki. Namun,kamu harus tahu lokasi strategis untuk bisnis kosan.

Tempat yang tepat akan membantu untuk meningkatkan nilai dan kualitas dari kosan itu sendiri. Misalnya dekat sarana publik seperti sekitar SMAN 1 Malang, perumahan di Jagakarsa misalnya Vasa Jagakarsa.

Pinhome akan memberitahu beberapa tips memilih Rumah Ekslusif dengan lokasi strategis untuk bisnis kosan serta daerah mana saja yang cocok untuk usaha. Fitur pencariannya juga menampilkan rumah second di Kec Bandung Kidul.

Baca juga: 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Tipe Lokasi Strategis untuk Bisnis Kosan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dalam menentukan lokasi strategis untuk bisnis kosan tidak boleh sembarangan. Pins harus bisa melihat potensi apa saja yang ada di daerah tersebut dan memiliki perencanaan yang matang. Berikut adalah beberapa tipe lokasi strategis untuk bisnis kosan yang bisa membantu meningkatkan kualitas dan nilai kosan kamu:

1. Dekat Area Kampus atau Sekolah

Source : Unsplash

Lokasi strategis untuk bisnis kosan pertama tentunya berdekatan dengan fasilitas pendidikan seperti kampus atau sekolah. Sasarannya adalah para mahasiswa atau pelajar yang rumah orang tuanya jauh dari tempat belajar.

Konsumen jenis ini biasanya lebih memilih harga sewa yang murah asalkan masih layak untuk dipakai. Sebagai pengusaha rumah kos kita kamu menyesuaikan desain dengan kondisi tersebut, jumlah kamar bisa dibuat sebanyak mungkin dengan kamar mandi umum beberapa unit saja untuk digunakan bergantian

2. Dekat Tempat Populer

Source : Unsplash

Ada faktor lain selain harga dan fasilitas yang memotivasi seseorang untuk tinggal di kost, seperti jarak kos dengan bangunan populer seperti mall. Tinggal di kos dekat mall mempermudah akses dan memberikan kenyamanan bagi penghuni kost.

Dalam membangun kost, pilihlah lokasi yang strategis, misalnya dekat mall terkenal. Kenyamanan dan kemudahan akan lebih terjamin karena mall yang sudah populer biasanya memiliki fasilitas dan tenant lebih lengkap.

Penghuni kost akan memperoleh banyak keuntungan seperti mencari suasana baru, berbelanja, bersosialisasi, hingga menonton film tanpa harus menempuh jarak yang jauh. Namun, sebagai pengelola kost, jangan lupa memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penghuni.

Pertimbangkan lokasi yang tenang dan tidak berpotensi terkena polusi. Periksa juga sumber air yang akan dipakai di kost, apalagi jika menggunakan sumur pribadi. Prioritas utama adalah memastikan kenyamanan dan keselamatan penghuni kost.

3. Dekat Perkantoran

Source : Unsplash

Menjadi target pasar bagi para penyewa kost karyawan kantoran dan magang dapat menjadi alasan untuk berbisnis kost dekat wilayah perkantoran dan pabrik. Kamu tidak akan kesulitan menemukan pasar karena tidak semua karyawan yang bekerja di suatu perusahaan sudah memiliki rumah.

Bahkan, ada yang sengaja pindah ke pulau lain untuk bekerja. Jika berniat untuk berbisnis kos dekat perkantoran dan pabrik, sebaiknya tetapkan aturan kost sejak awal.

Karyawan perusahaan atau pabrik sering bekerja shift atau lembur. Jika kost memiliki jam malam, mereka akan kesulitan. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengizinkan penghuni membawa keluarga dengan biaya tambahan.

4. Dekat Tempat Wisata

Source : Unsplash

Area wisata tersebut bisa berupa pantai, tempat bersejarah atau religi yang seringkali didatangi orang, para pedagang, pengelola area wisata dan para pengunjung seringkali memerlukan hunian yang bisa disewa.

Kamu juga bisa memilih tempat wisata seperti theme park yang banyak dipilih sebagai destinasi wisata. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan calon penghuni lebih banyak.

5. Dekat Fasilitas Umum

Source : Unsplash

Memulai usaha kost dengan lokasi yang strategis dekat fasilitas umum akan mempermudah akses dan meningkatkan minat para pencari kost. Target pasar utamanya adalah para perantau yang membutuhkan tempat tinggal. 

Fasilitas umum seperti stasiun, terminal, bandara, atau halte bus merupakan lokasi yang dapat dikonsiderasikan untuk membangun kost. Jangan lupa mematok harga sewa yang kompetitif dan memasang iklan di media yang tepat untuk mempromosikan kost. Sertakan informasi menarik seperti akses moda transportasi dan fasilitas penunjang aktivitas untuk memikat calon penyewa.

Baca juga: Cara Menghemat Listrik di Kosan, Ini Dia Cara Mudahnya!

Daerah dengan Lokasi Strategis untuk Bisnis Kosan

Source : Wallpaper Flare

Setelah mengetahui tipe daerah apa saja yang menjadi lokasi strategis untuk bisnis kosan, kini saatnya untuk mengetahui area mana sering dipilih untuk bisnis kosan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Bandung

Bandung menjadi lokasi populer bagi calon mahasiswa untuk berkuliah. Terdapat beberapa perguruan tinggi berkualitas seperti Universitas Parahyangan, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Telkom, dan Universitas Maranatha. 

Bandung juga terkenal sebagai tujuan wisata di Jawa Barat. Nilai properti di kawasan ini meningkat dengan pesat. Kamu bisa memulai bisnis kos-kosan di sekitar Jalan Dipati Ukur, Dago, Ciumbuleuit, Bojongsoang, dan Jatinangor.

2. Depok

Kota Depok merupakan kota strategis untuk bisnis kos-kosan karena banyaknya jumlah universitas, salah satunya Universitas Indonesia . Selain itu, sebagai kota penyangga ibu kota, perekonomian Depok berkembang baik, sehingga nilai properti yang kamu beli akan meningkat. Surveilah lokasi untuk investasi kos-kosan di sekitar Jalan Pembangunan, Jalan Flamboyan, dan Lenteng Agung.

3. Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota pendidikan yang ideal untuk memulai bisnis kos-kosan. Kota ini terkenal sebagai tempat tinggal mahasiswa karena banyak universitas berkualitas. 

Biaya hidup relatif murah juga menjadi alasan mahasiswa memilih Yogyakarta untuk kuliah. Saat membangun bisnis kos-kosan, pilih lokasi di sekitar Bulaksumur, Malioboro, Laksda Adisucipto, Karangwuni, Besi, atau Gejayan.

4. Medan

Kota Medan menjadi tujuan bagi calon mahasiswa dari berbagai provinsi di Sumatera. Terdapat beberapa perguruan tinggi terkenal seperti Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, dan Politeknik Negeri Medan.

Belilah rumah kos di sekitar kampus untuk lebih mudah ditemukan calon mahasiswa. Beberapa lokasi strategis seperti Medan Baru, Selayang, Petisah, dan Polonia bisa dicermati untuk investasi kos-kosan

5. Solo

Tidak jauh dari Yogyakarta, Solo juga dikenal sebagai kota pendidikan karena banyak perguruan tinggi terkenal yang ada di sana. Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan IAIN Surakarta adalah beberapa perguruan tinggi yang memiliki banyak peminat setiap tahunnya.

Untuk memulai bisnis kos-kosan di Solo, beberapa lokasi yang strategis yang bisa diambil antara lain sekitar Jalan Ki Hajar Dewantara, Jalan Mojo, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Mendungan.

6. Makassar

Tidak asing lagi dengan Universitas Hasanuddin di Makassar, salah satu perguruan tinggi terbaik di bagian timur Indonesia. Tak heran jika banyak mahasiswa yang berkuliah di sini setiap tahunnya. Jika berniat berinvestasi kos-kosan, pilihlah lokasi di sekitar kampus Unhas, seperti di sekitar Jalan Poros Wesabbe, Tamalanrea Raya, dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

7. Malang

Berpindah ke Jawa Timur, terdapat Kota Malang yang merupakan salah satu kota pendidikan terkenal. Kota ini memiliki beberapa perguruan tinggi terkenal, seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Ma Chung, dan Politeknik Negeri Malang.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi pada bisnis kos-kosan di sekitar area kampus-kampus tersebut. Beberapa tempat yang strategis untuk memulai bisnis kos-kosan adalah sekitar Watugong, Dinoyo, Jalan Soekarno-Hatta, Blimbing, dan Jalan Sigura Gura.

8. Padang

Padang City juga dikenal sebagai salah satu kota pendidikan terbesar di Sumatera. Ada beberapa kampus ternama seperti Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Politeknik Negeri Andalas, dan Universitas Bung Hatta. 

Untuk berinvestasi kos-kosan, surveilah lokasi sekitar Jalan Lingkar Universitas Andalas, Jalan SDN 14 Koto Panjang, Jalan Koto Tuo, Jalan Bagindo Aziz Chan, dan Jalan DPR.

Itulah beberapa tips dan rekomendasi lokasi strategis untuk bisnis kosan. Semoga membantu, ya!

Baca juga: 16 Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Citraland Lampung dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download