BlogPemilik Properti15 List Barang yang Harus Ada di Kosan
0
0

15 List Barang yang Harus Ada di Kosan

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jan 16, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
Barang yang Harus Ada di Kosantop-right-banner

Tinggal di kosan akan sangat berbeda dengan tinggal di rumah bersama orang tua. Pasalnya, sebuah kamar kos memiliki keterbatasan ukuran yang membuatnya tidak bisa menampung banyak barang. Namun begitu, kamu harus memastikan daftar barang yang harus ada di kosan berikut ini. 

Ketika tinggal dirumah, maka tidak semua barang yang menjadi keperluan harus ditempatkan di kamar. Misalnya perlengkapan mandi bisa diletakkan di kamar mandi dan seterusnya. Namun ketika tinggal di kosan, kamu mungkin harus menempatkan sebagian besar barang pribadi di dalam satu kamar kos saja. 

Sebelum lanjut, kamu bisa membuka Pinhome untuk membeli perumahan di Bekasi seperti Cluster Rosella dan Casa Alaia Residence. Buat kamu yang ingin tahu harga rumah bekas di Kec Tangerang bisa memanfaatkan fitur PinValue dari Pinhome. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Dibandingkan dengan Rumah

Barang yang Harus Ada di Kosan

Barang yang Harus Ada di Kosan
Source : Pixabay

Tinggal di kosan atau indekos bisa menjadi pilihan praktis bagi sebagian kalangan seperti pelajar, mahasiswa, atau karyawan. Alasannya karena kosan memiliki lokasi yang lebih dekat dengan sekolah, kampus, atau kantor. 

Selain itu, ada juga orang-orang yang memilih tinggal di kosan dengan alasan privasi. Mereka merasa tinggal di rumah sulit menjaga privasi karena anggota keluarga yang banyak dan rumah yang tidak terlalu luas

Untuk kamu yang berencana tinggal di kosan, beberapa barang berikut ini harus ada di kamar kos kamu. Sebaiknya kamu siapkan barang-barang ini sebelum kos, agar tidak kerepotan setelah tinggal di sana. Berikut daftarnya.

1. Perlengkapan Tidur

Barang pertama yang harus kamu siapkan tentu saja adalah perlengkapan tidur. Pasalnya, tinggal di kosan itu berarti kamu memilih kamar kos sebagai tempat tinggal, sehingga perlengkapan tidur harus ada dan tidak boleh terlewat. 

Perlengkapan tidur yang diperlukan sama seperti ketika kamu di rumah, mulai dari kasur, bantal, guling, sprei, selimut, hingga bed cover. Pastikan tempat tidur kamu nyaman ditempati agar kamu bisa beristirahat dengan tenang setelah seharian beraktivitas. 

2. Perlengkapan Mandi

Berikutnya adalah alat-alat mandi. Ya, pemilik kos umumnya hanya menyewakan kamar beserta kamar mandi tanpa menyediakan perlengkapan mandinya. Sehingga kamu perlu menyiapkan sendiri perlengkapan mandi yang biasa dipakai, mulai dari sabun mandi, sampo, pasta gigi, sikat gigi, handuk, dan seterusnya. 

3. Lemari Pakaian

Barang yang Harus Ada di Kosan
Source : Pixabay

Barang berikutnya adalah lemari pakaian. Perabot yang satu ini harus ada di kosan agar pakaian bisa ditata dengan rapi dan tidak berantakan di kamar. Kamu bisa memilih lemari yang minimalis agar tidak memenuhi ruangan kamar. Selain itu, minimalisir koleksi baju agar lemari yang minimalis tetap muat menampung pakaianmu. 

Baca Juga: 8 Inspirasi Apartemen Minimalis Beserta Keunggulan dan Penataannya

4. Peralatan Makan dan Minum

Kamar kos yang kamu sewa bisa saja tidak menyediakan peralatan makan dan minum. Meski disediakan, tampaknya memiliki peralatan makan minum sendiri jauh lebih baik. Tak perlu banyak-banyak, kamu cukup memiliki piring, sendok, garpu, gelas, dan mangkok masing-masing dua saja sudah cukup. 

5. Galon atau Dispenser

Memiliki galon atau dispenser sendiri juga menjadi keharusan ketika kos. Galon ini berfungsi sebagai tempat air minum sehingga kamu tidak perlu keluar kamar ketika haus. Dispenser mungkin ukurannya terlalu besar, jadi kamu bisa memilih pompa air elektrik sebagai alternatif. 

6. Rak Buku

Meski tinggal di kosan, tidak ada salahnya jika kamu ingin membeli atau mengoleksi buku sebagai bahan bacaan. Untuk itu, kamu perlu memiliki rak buku sebagai wadah untuk menyimpan buku kesayangan. Pertimbangkan rak buku aesthetic yang berukuran minimalis agar lebih hemat ruang. 

7. Alat Masak

Barang yang Harus Ada di Kosan
Source : Pixabay

Biasanya, kos-kosan hanya menyediakan dapur dengan alat masak seadanya. Sehingga tidak ada salahnya jika kamu memiliki alat masak pribadi, mulai dari panci, wajan, hingga pisau dan spatula. 

Baca Juga: Sewa Rumah Atau Apartemen?

8. Kipas Angin

Barang ini harus dimiliki oleh kamu yang tidak menyewa kamar kos ber-AC. Kipas angin bisa membuat kamar lebih sejuk dengan sirkulasi udara yang baik. Bagi kamu yang menyewa kamar ber-AC pun tidak ada salahnya punya kipas sebagai alternatif saat cuaca sedang dingin. 

9. Setrika

Menggunakan jasa laundry untuk mencuci dan setrika pakaian memang menjadi pilihan yang efektif. Namun bagi kamu terbiasa cuci dan menyetrika baju sendiri, maka harus memiliki setrika pribadi yang bisa kamu gunakan kapan saja dibutuhkan. 

10. Terminal Listrik

Biasanya kamar kos hanya menyediakan colokan tanam yang jumlahnya terbatas. Maka memiliki terminal listrik sendiri merupakan pilihan tepat untuk mengakomodir kebutuhan akses listrik pada barang-barang elektronik yang kamu miliki. 

11. Meja Kursi

Source : Pixabay

Bagi kamu yang kuliah atau bekerja, memiliki satu set meja kursi untuk mengerjakan tugas di kamar kos merupakan keharusan. Adanya meja kursi ini akan membantu kamu selama mengerjakan tugas tanpa mengalami gangguan seperti sakit punggung. 

Baca juga: 10 Desain Apartemen Studio Type 21

12. Tempat Sampah

Pemilik kos umumnya hanya menyediakan tempat pembuangan sampah akhir di depan rumah saja. Sehingga agar kamar tetap bersih, siapkan tempat sampah kecil di kamar untuk menyimpan sampah. 

13. Perlengkapan Ibadah

Sama seperti tinggal di rumah, memiliki perlengkapan ibadah merupakan keharusan. Apalagi kamu beragama Islam, sehingga wajib memiliki perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, hingga sajadah. 

14. Rak Sepatu

Kamu mungkin memiliki beberapa koleksi sepatu dan sandal. Untuk itu memiliki rak sepatu sendiri di depan kamar merupakan keharusan. Dengan rak sepatu, maka sepatu dan sandal akan terorganisir dengan rapi dan tidak berantakan. 

15. Kotak Obat

Bagi anak kos, menyiapkan obat-obatan yang biasa diminum ketika sakit ringan merupakan keharusan. Untuk itu kamu perlu menyiapkan kotak obat atau kotak P3K agar memudahkan saat mencarinya. Itulah beberapa barang yang harus ada di kosan. 

Baca Juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download