Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Tak Hanya Sebagai Pengharum Ruangan, Inilah Manfaat Kapur Barus & Kamper yang Wajib Diketahui!

Lifestyle

Tak Hanya Sebagai Pengharum Ruangan, Inilah Manfaat Kapur Barus & Kamper yang Wajib Diketahui!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Biasa digunakan oleh orang Indonesia sebagai pengharum ruangan, ternyata masih banyak manfaat kapur barus dan kamper. Mudah didapat dan harganya terjangkau, kapur barus dan kamper merupakan barang multi fungsi yang akan membantumu mengusir hama hingga membantumu memecahkan masalah kesehatan sehari-hari.

Wanginya yang menyengat dan begitu khas biasanya digunakan untuk mengusir bau tak sedap yang bertahan di tempat kedap udara. Kita sendiri lebih familiar pada penggunaan kapur barus sebagai pengharum kamar mandi, lemari pakaian ataupun laci tempat penyimpanan barang tertentu untuk menghilangkan kemungkinan munculnya gangguan rayap, kecoa dan semut.

Kebanyakan kapur barus yang kita jumpai biasanya berupa kapur baru sintetis. Namun, kamper ataupun kapur barus berasal dari bahan alami dari pohon kapur barus yang biasa disebut Cinnamomum camphora. Kristal putih yang menjadi bahan aktif utama dari kapur barus memiliki banyak material alami yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Info penting nih, Pins. Fungsi kapur barus yang akan kita bahas ini hanya bekerja pada kapur barus alami, bukan kamper atau kapur barus sintesis yang seringkali kita pakai untuk mengusir hama.

1. Meringankan rasa gatal
Ekstrak kapur barus mampu meredakan sensasi gatal dan sakit saat kulit kita sedang iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga. Ekstrak kapur barus juga dapat meringankan pembengkakan yang muncul akibat sel-sel kulit yang meradang akibat rasa gatal.

Ekstrak kapur sering jadi campuran lotion pereda rasa gatal

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, Pins hanya perlu mencampurkan air dengan ekstrak kapur barus dan kemudian mengoleskannya pada bagian kulit Pins yang sedang terkena iritasi, bengkak, muncul bintik-bintik merah atau terinfeksi sesuatu.

2. Mengobati penyakit pernafasan
Pins punya masalah dengan sistem pernafasan? Kamu bisa memulai mengobati penyakit pernafasan dengan menghirup aroma kapur barus yang sudah direbus dalam air mendidih selama 10 menit. Upaya ini bisa membantu Pins meringankan sensasi sesak yang biasanya disebabkan oleh lendir atau dahak yang tak bisa keluar. Bahan aktif yang bersifat dekongestan dalam kapur barus juga akan membantu Pins membuka aliran udara pada saluran pernafasan, sehingga kamu bisa bernafas dengan lebih mudah.

Bahan aktif inilah yang menyebabkan ekstrak kapur barus sering digunakan dalam pembuatan balsem gosok yang seringkali kita pakai sehari-hari, Pins. Selain melancarkan pernafasan, ekstrak kapur barus juga ampuh untuk mengobati penyakit flu, sinus, asma dan bronkitis!

3. Mengurangi sensasi sakit pada radang sendi
Efek analgesik yang terkandung dalam kapur barus dapat membantumu mengurangi rasa nyeri pada bagian sendi dan otot akibat rematik, keseleo ataupun kekakuan sendi. Pencampuran antara kapur barus dan minyak kelapa bisa Pins gunakan untuk memijat bagian-bagian tubuhmu yang terasa nyeri. Kamu juga bisa mengoleskan ekstrak kapur barus ini untuk mengatasi masalah gangguan syaraf. Berkat aromanya yang khas, kapur barus dapat membantu meringankan penyakit gangguan syaraf. Jika digunakan sebagai aromaterapi, kapur barus dapat membantu kita untuk tetap rileks.

4. Mengobati luka bakar
Campurlah kapur barus dengan air hingga mengental seperti krim oles, campuran bahan kental ini langsung dapat kita gunakan sebagai obat penyembuh luka bakar ringan. Pengolesan secara rutin pada bagian yang terbakar mampu menstimulus luka agar cepat mengering dan juga lebih cepat membentuk jaringan baru setelahnya. Bagian yang paling menyenangkan adalah, saat memakai krim oles ini, akan ada sensasi dingin pada kapur barus ini yang dapat meringankan sensasi sakit yang dirasakan oleh syaraf bagian kulit yang terbakar.

5. Mengobati infeksi jamur pada kuku
Membayangkan adanya jamur pada kuku saja sebenarnya sudah lumayan geli ya, Pins. Tapi kenyataannya, kulit pada jari kaki sangatlah rawan terkena infeksi jamur. Sebagai informasi ya, jari kuku yang mengeras dan warnanya sudah mulai mengusam itulah tanda – tanda pasti dari infeksi jamur, Pins.
Untuk membuat obat infeksi jamur kuku alami, kita perlu mencampurkan kapur barus dengan air perasan lemon, mentol dan minyak kayu putih.

6. Melembabkan kulit kering
Sifat alami kapur barus yang melembabkan mampu memecahkan masalah kulit kering kita seperti kulit bersisik, kapalan dan kulit telapak kaki yang pecah – pecah. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Pins hanya perlu merendam kaki pada larutan ekstrak kapur barus yang sudah dicampur dengan air, jangan lupa gunakan penggosok atau bath sponge agar sel – sel kulit mati bisa terangkat semua. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan treatment perawatan ini satu minggu sekali agar kulit Pins terasa lebih halus dan lembut.

7. Membuat rambut menjadi sehat

Perpaduan minyak kelapa dan kapur barus dapat membantu merawat rambut yang rusak (Ale Hidalgo/Pixabay)

Siapa yang sangka, perpaduan antara kapur barus dan minyak kelapa yang dioleskan pada kulit kepala dapat membuat rambut kita menjadi lebih kuat, tak mudah rontok dan mampu menghindari kita dari rambut bercabang! Hal ini menjadi memungkinkan karena terdapat kandungan tertentu dalam kapur barus yang dapat meningkatkan peredaran darah di daerah sekitar kulit kepala sekaligus menutrisi folikel rambut sehingga rambut kita akan menjadi sehat dan juga kuat!

Baca juga: Intip Khasiat Ampuh Kapur Barus Untuk Tubuh!

Lalu, apakah fungsi kapur barus terbatas pada perawatan dan kesehatan tubuh saja? Tentu tidak dong, Pins. Masih ada berbagai manfaat kapur barus yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

1. Mencegah pertumbuhan jamur di lemari
Kamu pengguna lemari kayu? Perhatikan baik-baik deh, Pins. Seringkali ada jamur yang muncul di serat  – serat kayu. Keadaan ini bisa muncul karena kondisi lemari kotor dan terlalu lembab sehingga jamur bisa dengan mudah muncul dan langsung mencemari barang yang ada di dalam lemari. Cukup letakkan kapur barus di dalam lemari, secara otomatis kamper akan mencegah pertumbuhan jamur dan mengharumkan lemari kita.

2. Menyingkirkan bau tak sedap di kamar mandi
Tak bisa dihindari, seringkali bau tak sedap sering menyeruak begitu saja dalam kamar mandi. Nah, hal ini terkadang membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman. Padahal, kamar mandi bisa dibilang sebagai salah satu ruang terpenting di dalam rumah. Cukup meletakkan beberapa tablet kapur barus sintesis  di kamar mandi, maka aroma segar yang kuat pun langsung menyebar. Tapi jangan lupa untuk memberikan ruang sirkulasi yang cukup di kamar mandi ya, agar udara segar bisa masuk ke dalam kamar mandi juga.

3. Menghilangkan bau sepatu

Kapur barus dapat membantu menghilangkan bau sepatu (Couleur/Pixabay)

Malu buka sepatu karena bau? Kini tidak lagi, Pins. Sekedar informasi, bau sepatu bisa muncul karena adanya bakteri dan tumbuhnya jamur di alas kaki kamu. Cukup masukkan beberapa butir kapur barus dan diamkan semalaman, kemudian buang sisa kapur barusnya. Kini sepatu Pins sudah bebas bakteri dan wangi deh!

Itulah manfaat tak terduga dari kapur barus dan kamper, Pins! Kamu tertarik untuk langsung mencobanya?

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel